Bagaimanakah cara kerja remote kontrol TV?

Dilihat 3,15 rb • Ditanyakan lebih dari 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Kehidupan kita saat ini tidak dapat lepas dari kemajuan teknologi, termasuk teknologi hiburan yang salah satunya adalah televisi. Televisi saat ini hadir dengan beragam teknologi canggih yang semakin memanjakan para pemakainya. 


Salah satu bentuk teknologi canggih yang sudah pasti hadir menyertai sebuah produk televisi adalah remote kontrol. Cara kerja remote control secara garis besar adalah untuk memudahkan pengguna televisi memindah saluran TV yang ditontonnya atau mengatur tampilan televisi tersebut tanpa harus bangkit dari tempat duduknya. 


Remote kontrol TV biasanya menggunakan sensor infra merah untuk mengirimkan sinyal perintah kepada receiver-nya di dalam televisi sehingga program yang telah di-instal pada TV tersebut berjalan sesuai perintah.


remote kontrol



Prinsip Kerja Remote Kontrol


Secara umum, remote kontrol dibagi menjadi dua yaitu remote kontrol jarak dekat dan remote kontrol pengendali jarak jauh. Cara kerja remote control dari kedua jenis ini secara prinsip sama, yaitu menjadi pengendali terhadap perangkat elektronik lain. Untuk remote kontrol TV, DVD Player, Home Theater atau semacamnya termasuk dalam remote kontrol jarak dekat, karena kemampuan pengiriman sinyal perintah hanya beberapa meter saja. 


Sedangkan remote kontrol untuk Drone atau semacamnya adalah remote kontrol jarak jauh, karena kemampuan pengiriman sinyal perintah bisa mencapai puluhan meter atau lebih. 


Sedangkan berdasarkan jenis sinyalnya, remote kontrol juga dibagi menjadi dua macam yaitu menggunakan sensor infra merah (IR) dan menggunakan frekuensi radio (RF). Dan sesuai dengan pertanyaan di atas, maka yang akan dibahas adalah remote kontrol yang dipakai untuk TV serta alat elektronik semacamnya. Karena remote kontrol TV, DVD Player atau perangkat elektronik semacamnya menggunakan sinyal infra merah untuk menyampaikan perintah. 


Teknologi yang dipakai pada remote kontrol semacam ini adalah sinyal yang dikirim remote kontrol menuju perangkat yang dikendalikan dalam bentuk sinyal sinar infra merah. Sinar infra merah ini merupakan salah satu jenis cahaya yang tidak tampak oleh penglihatan manusia.


Cara kerja remote TV atau remote kontrol yang lainnya dalam menghasilkan sinyal infra merah mirip dengan cara kerja morse atau sandi morse yang digunakan pada perangkat telegram. Pesan dikirim dalam bentuk pola kode yang kemudian diterjemahkan oleh mesin penerima menjadi perintah-perintah khusus yang akan dieksekusi oleh mesin penerima tersebut. 


Remot kontrol memakai Light Emitting Diode (LED) infra merah untuk mengirimkan pola sinar infra merah. Dengan kata lain, LED ini tugasnya adalah sebagai transmitter. LED ini semacam lampu mini yang berisi dioda dan akan terus memancarkan sinar infra merah selama masih ada arus listrik yang mengalirinya. 


Lalu, pola ini ditangkap oleh foto transistor yang bertugas sebagai receiver pada TV atau perangkat elektronik lainnya. Saat pola yang ditangkap sesuai dengan salah satu pola instruksi yang sudah diprogramkan, maka instruksi tersebut akan dijalankan. Misalnya seperti memindah saluran, mengurangi atau menambah volume, dan lain sebagainya.


remote control


Komponen dalam Sebuah Remot Kontrol


Setelah di atas membahas sekilas tentang cara kerja remote control, maka selanjutnya yang perlu Anda ketahui juga adalah komponen yang ada pada sebuah remote kontrol, yang secara umum dibagi menjadi 4 bagian yaitu transmitter, panel remote kontrol, papan rangkaian elektronik, dan receiver.


Transmitter adalah alat yang berguna untuk mengirimkan perintah dari remot kontrol ke perangkat elektronik yang dikontrol (receiver). Alat ini merupakan sebuah LED sensor infra merah yang ada di dalam perangkat remote kontrol. Posisi dari LED ini sendiri biasanya di bagian depan atau ujung dari alat remote kontrol tersebut.  Sedangkan panel remote kontrol adalah panel yang memiliki sejumlah tombol, yang mana tiap tombol tersebut memiliki fungsi yang berbeda. Bentuk dari panel ini cukup beragam tergantung jenis perangkat elektronis yang dikendalikan. Remote TV akan memiliki lebih banyak tombol dibandingkan dengan remote AC. 


Selanjutnya ada papan rangkaian elektronis yang berupa papan PCB dengan beragam komponen elektronik serta sumber tegangan atau baterai. Rangkaian komponen ini berupa sirkuit yang sudah terintegrasi terdiri dari kapasitor, transistor, resistor, dan x-tal. Tugas dari rangkaian komponen ini adalah membaca perintah yang dihasilkan saat tombol ditekan. Proses penekanan ini membangkitkan transmitter alias LED guna mengirim sinyal sesuai pola dari tombol yang ditekan tersebut.


Dan yang terakhir adalah penerima sinyal alias receiver. Bagian ini secara khusus berada pada perangkat elektronik yang akan dikendalikan. Apabila sebuah remote kontrol menggunakan sinar infra merah sebagai transmitternya, maka penerimya sinyal alias receiver yang digunakan adalah foto transistor infra merah. Tugas dari alat ini adalah mendeteksi pola sinyal sinar infra merah yang dikirim oleh remote kontrol.


remote control 2


Jenis Remote Kontrol


Secara umum, remote kontrol dapat dibagi menjadi dua menurut desain perangkatnya. Yaitu remote kontrol universal dan remote kontrol khusus buatan bawaan perangkat elektronik tersebut. Remote kontrol universal adalah remote kontrol yang bisa dipakai dan telah diprogram untuk dapat digunakan pada semua jenis perangkat elektronik yang telah dilengkapi dengan fasilitas sensor infra merah


Cara kerja remote control ini sama dengan remote kontrol khusus, namun dapat digunakan secara umum untuk berbagai barang elektronik yang ada di rumah. Remote kontrol ini menggunakan kode yang telah disesuaikan dengan beragam alat elektronik tersebut.


Sedangkan untuk remote kontrol khusus bawaan suatu perangkat elektronik biasanya hanya dapat digunakan pada perangkat tersebut karena kode yang dibuat hanya khusus untuk alat tersebut. Hal ini biasanya berlaku untuk produk-produk elektronik dengan seri produksi tertentu atau remote kontrol perangkat elektronik dari pabrikan terkenal seperti Samsung, Pioneer, dan lain sebagainya.


remote control universal


Sedangkan berdasarkan sinyalnya ada 2 jenis remote kontrol juga yaitu remote kontrol Infra merah (Infra Red = IR) dan remote kontrol frekuensi radio (Radio Frequency = RF). Remote kontrol IR menggunakan gelombang infra merah untuk mengirimkan sinyal perintah, sebagaimana yang menjadi topik bahasan artikel ini. Sedangkan remote kontrol RF menggunakan gelombang radio untuk mengirimkan sinyal perintah. 


Selain perbedaan sinyal, perbedaan lainnya adalah jarak jangkauan sinyal yang dikirimkan. Untuk remote kontrol infra merah jangkauannya hanya sekitar 10 meter dan tidak bisa melewati dinding, sedangkan untuk remote kontrol frekuensi radio jangkauannya sekitar 30 meter dan bisa melewati dinding.


Demikian ulasan singkat tentang remote kontrol, khususnya remote kontrol infra merah, serta bagaimana sinyal tersebut dihasilkan. Semoga artikel singkat ini dapat memuaskan pertanyaan Anda.

Terjawab lebih dari 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang