Bagaimana suatu pertandingan tinju profesional dinilai?

Dilihat 1,73 rb • Ditanyakan sekitar 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Jika KO atau diskualifikasi tidak terjadi, pertarungan ditentukan oleh keputusan. Pada awal abad keduapuluh, menjadi umum untuk seorang wasit atau juri memberikan nilai pertandingan dengan jumlah ronde yang dimenangkan. Di akhir pertarungan, para juri menambahkan skor mereka untuk semua ronde, dan masing-masing kemudian memutuskan seorang pemenang. Sistem penilaian yang paling banyak digunakan sejak abad pertengahan keduapuluh adalah "sistem harus 10-poin", dinamakan demikian karena seorang juri "harus" memberikan nilai sepuluh poin pada setidaknya satu petinju di setiap ronde (sebelum dikurangi pelanggaran-pelanggaran). Jika dua juri punya satu petinju yang memenangkan pertarungan dan juri ketiga memilih satu petinju lainnya yang menang, maka petinju pertama menang oleh keputusan terpisah.


Sistem penilaian lainnya juga telah digunakan di lokasi bervariasi, termasuk sistem harus lima-poin (yang mana petinju yang menang diberi lima poin, yang kalah diberi empat atau kurang), sistem satu-poin (yang mana petinju yang menang diberi poin satu atau lebih, dan yang kalah diberi nol), dan sistem ronde yang cukup dengan memberikan ronde tersebut pada petinju yang menang. Dalam sistem ronde, pertandingan dimenangkan oleh petinju yang ditentukan dari jumlah ronde yang lebih banyak dimenangkannya.


Jika suatu pertarungan dihentikan akibat luka dari sebuah tandukan yang tidak disengaja, pertarungannya masuk kartu penilaian hanya jika sejumlah ronde tertentu (biasanya tiga, kadang empat) telah diselesaikan. Jika sebuah pertarungan dihentikan akibat luka dari sebuah pukulan legal, partisipan lainnya diberikan sebuah kemenangan knock out teknis. Untuk alasan ini, para petinju seringkali mempekerjakan ahli jahit, yang pekerjaannya menangani jahitan luka diantara ronde-ronde sehingga sang petinju bisa melanjutkan meski terluka.

Terjawab sekitar 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang