Bagaimana perkembangan bisnis startup di Indonesia?

Dilihat 4,23 rb • Ditanyakan lebih dari 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Apakah anda familiar dengan bisnis startup? 


Mungkin banyak dari kita yang sama sekali tidak mengenal atau tidak pernah mendengar sama sekali tentang istilah ini. Tapi bagi sebagian orang istilah ini sudahlah tidak asing didengar dari berbagai pemberitaan dan media sosial.


Startup adalah serapan dari bahasa inggris yang mempunyai arti tindakan atau proses memulai sebuah usaha bisnis atau organisasi. Menurut wikipedia, startup adalah perusahaan rintisan yang belum lama didirikan. 


Startup merupakan perusahaan yang baru berdiri dan masih dalam tahap pengembangan. Dapat juga dikatakan bisnis startup adalah perusahaan yang masih mencari bentuk bisnis yang akan dikembangkan terus-menerus ke depannya. 


Bisnis startup mulai ada sejak akhir tahun 90-an hingga tahun 2000-an. Banyak juga perusahaan teknologi di Indonesia yang memulai bisnisnya dengan bisnis startup.


bisnis starup


Perkembangan Bisnis Startup di Indonesia 


Sulit untuk menggambarkan kemajuan bisnis teknologi startup di Indonesia, karena bisnis ini masih terbilang baru di Indonesia. 


Hal ini juga dipengaruhi oleh salah satu kekurangan Indonesia yaitu kepopuleran internet yang lambat di Indonesia sehingga masyarakat banyak tertinggal informasi dan juga pengetahuan tentang bisnis ini. 


Di Indonesia anda dapat menemukan pendiri-pendiri bisnis startup dari setiap tingkat bisnis seperti kemampuan teknisnya dan para pendirinya yang berasal dari berbagai macam latar belakang profesional atau pendidikan. Mereka membangun bisnis startup dengan fokus jangka pendek yaitu menghasilkan uang atau tujuan jangka panjang adalah untuk membuat suatu pengaruh yang cukup besar. 


Adapun tujuan membangun bisnis startup adalah sebagai langkah strategi yang sederhana dari sebuah perusahaan induk (holding company) yang masih tradisionil menuju perusahaan yang lebih mengikuti alur di zaman sekarang. 


Perkembangan bisnis starup di Indonesia


Siapa saja yang bisa membangun bisnis startup di Indonesia? Ada beberapa kelompok besar dari pengusaha yang saya ketahui berpotensi untuk membuka bisnis ini, yaitu:


  • Orang-orang yang kembali ke Indonesia setelah mereka belajar dan bekerja di luar negeri, biasanya mereka yang berkuliah di beberapa universitas ternama seperti di Amerika Serikat, Australia, Singapore dan yang lainnya. Yang pada akhirnya mereka memutuskan untuk melakukan apa yang mereka percaya, mereka tahu, dan yang bisa mereka kerjakan untuk dikembangkan di Indonesia. 
  • Para lulusan dalam negeri yang sebelumnya telah memutuskan untuk bekerja pada perusahaan-perusahaan lokal tetapi perusahaan tersebut tidak dapat lagi memenuhi keinginan-keinginan mereka untuk sebuah pekerjaan yang menantang serta tidak bisa memenuhi ambisi mereka untuk perubahan yang nyata. Hal ini juga dipengaruhi oleh budaya kerja di Indonesia yang berbeda dengan budaya di negara lainnya, dimana pekerja kurang mendapat prioritas dari perusahaan sehingga banyak orang yang lebih memilih membuka bisnis sendiri setelah keluar kerja.
  • Beberapa pelaku industri tradisional yang mencoba untuk beralih pada perdagangan online yang kini sedang menjadi trend. Mungkin beberapa kisah sukses dari orang-orang ini masih belum terlihat juga para konglomerat besar yang juga mencoba untuk menaklukkan sektor online dengan usaha baru mereka. Meskipun secara teknis itu bukanlah bisnis startup, tetapi masih mempunyai pengaruh yang signifikan bagi dinamika kemajuan bisnis startup.
  • Para warga asing yang mengincar peluang besar di pasar Indonesia. Contohnya seperti beberapa warga Belanda, Australia, Polandia, Singapore yang telah membangun bisnis startup dengan baik di Indonesia karena melihat peluang besar di Indonesia terhadap bisnis ini di masa depan.
  • Rocket Internet yaitu sebuah perusahaan investasi atau inkubator startup asal Jerman. Mereka mempunyai basis operasi besar di Indonesia. 

Bisnis starup di Indonesia



Mengembangkan Perusahaan Startup di Indonesia



Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa perkembangan bisnis startup di Indonesia belum dapat signifikan terlihat, hal ini dipengaruhi oleh keterlambatan Indonesia mengetahui tentang jenis bisnis ini. 


Berbeda dengan beberapa perusahaan di dunia yang sudah mengetahui celah-celah menjalankan bisnis startup, pebisnis di Indonesia seakan masih meraba-raba untuk menambahkan pengetahuannya. 


Bisnis startup memang sangat identik dengan bidang teknologi namun sebenarnya bisnis startup tidak hanya berhubungan dengan teknologi dalam bisnisnya. Bisnis startup juga bisa digunakan untuk menyebut sebuah perusahaan yang baru berjalan dalam bidang apapun. 


Jangan salah, kini perusahaan teknologi di Indonesia telah melahirkan beberapa produk yang menuai suksesnya diawali dengan bisnis startup. Walaupun beberapa di antaranya perusahaan di Indonesia masih bersifat localized clone (peniruan produk) namun perusahan tersebut telah mendapat dukungan yang besar dari pemerintah maupun masyarakatnya. 


Berikut adalah beberapa kategori besar teknologi startup di Indonesia:


  • Aplikasi produk ponsel 
  • Produk permainan edukasi
  • Portal-portal berita
  • Platform-platform iklan dan agensi-agensi iklan
  • Marketplace jual beli online (Tokopedia, Elevenia, Lazada, Bukalapak, dll)
  • Online market
  • Jaringan sosial 
  • Bisnis Software
  • Produk ponsel

Pada awalnya banyak yang memberi kesan bahwa Indonesia belum sampai pada titik yang kritis untuk kebutuhan daya tarik cepat dari teknologi startup terutama dalam bidang jual beli dan perdagangan


Tetapi karena beberapa faktor pendorong, indonesia kini berada pada titik kritis untuk kebutuhan teknologi startup secara keseluruhan dari tahun ke tahun setelah perkembangan internet melesat tajam di Indonesia. 


Hal ini tentu dipengaruhi oleh perilaku perdagangan online, transaksi online, perkembangan pengguna sosial media, dan lain sebagainya membuat bisnis starup mulai dianut dan dipelajari oleh masyarakat Indonesia.


Tujuan membentuk bisnis starup

Namun dimulainya era bisnis startup di Indonesia tidak semulus yang dibayangkan. 


Ada beberapa hal yang tidak bisa menjamin bisnis ini berjalan dengan lancar di Indonesia, berikut adalah beberapa tantangan bisnis startup di Indonesia:


  • Inefisiensi prosedur administrasi untuk memulai dan menjalankan bisnis startup misalnya mendaftarkan sebuah perusahaan dapat memakan waktu 2-3 bulan dengan proses yang rumit di Indonesia. Dibandingkan di Singapura yang hanya memakan waktu dalam beberapa hari dan rata-rata prosedurnya mudah dilakukan secara online.
  • Minimalnya dukungan dari pemerintah Indonesia untuk melindungi bisnis startup dari pemain asing misalnya dengan perusahaan-perusahaan China.
  • Kurangnya bakat-bakat yang serius. Perusahaan terbilang sangat mudah untuk menerima karyawan tanpa melakukan seleksi yang ketat. Padahal kualitas karyawan sangat penting dalam perkembangan kemajuan perusahaan yang sedang dirintis.
  • Kurangnya persepsi terhadap perusahaan startup di Indonesia. Akibatnya kebanyakan orang masih lebih suka bekerja untuk perusahaan-perusahaan besar dari pada startup. Bahkan jika mereka ingin bekerja di sebuah startup, orang tua mereka mungkin masih mendorong mereka untuk bekerja untuk perusahaan besar dan kemungkinan akan mempengaruhi keputusan mereka. 

Tantangan bisnis starup di Indonesia


Intinya, Jika anda seorang investor, pelajarilah lebih dekat tentang bisnis ini. 


Bisnis startup adalah salah satu bisnis yang menjanjikan yang bisa membentuk sebuah induk perusahaan lainnya. Ini adalah waktu untuk berinvestasi yang mana mungkin nantinya menjadi sebuah perusahaan besar seperti Amazon, Expedia, ataupun Airbnb yang sudah terkenal di dunia. 


Pada waktunya nanti, bisnis startup di Indonesia akan menunjukkan eksistensinya. Oleh karena itu, jika anda ingin mengukur seberapa sukses perkembangan bisnis startup di Indonesia, hal ini belum bisa dilihat sekarang. Mungkin dalam beberapa tahun ke depan anda bisa melihat perkembangan dan kemajuannya, mari kita tunggu saja! 


Jika anda adalah seorang pengusaha, silahkan lanjutkan upaya berani anda dalam mencoba untuk mengembangkan dan membentuk lanskap bisnis online di negara kita tercinta ini. Bersikaplah agresif dan disiplin terutama ketika anda bersaing dengan orang-orang sukses lainnya baik dalam skala nasional maupun internasional. Semoga sukses selalu!!

Terjawab lebih dari 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang