Bagaimana tingkat kolesterol meningkat dengan tepat? Apa cara untuk mencegah kolesterol tinggi? Apa yang harus kita makan dan apa yang tidak setelah kadar kolesterol terdeteksi tinggi?

Dilihat 202 • Ditanyakan 7 bulan lalu
1 Jawaban 1

Bagaimana kadar kolesterol naik? 

  • Apa yang kamu makan. Makan terlalu banyak lemak jenuh, lemak trans, dan kolesterol dapat menyebabkan kolesterol tinggi. Lemak jenuh dan kolesterol dalam makanan berasal dari hewan, seperti daging, susu, kuning telur, mentega, dan keju. Lemak trans ditemukan dalam makanan yang digoreng dan makanan kemasan, seperti kue, kerupuk dan keripik. 
  • Berat badanmu. Kelebihan berat badan dapat meningkatkan trigliserida dan menurukan HDL (kolesterol baik). 
  • Tingkat aktivitasmu. Kurangnya aktivitas fisik dapat menurunkan HDLmu. 
  • Usia dan jenis kelamin. Setelah kamu mencapai usia 20 tahun, kadar kolesterol alamimu mulai meningkat. Pada pria, kolesterol umumnya menurun setelah usia 50. Pada wanita, itu tetap cukup rendah sampai menopause. Kemudian naik pada sekitar tingkat yang sama seperti pada pria. 
  • Beberapa penyakit. Penyakit tertentu dapat meningkatkan resiko kolesterol tinggi. Ini termasuk hipotiroidisme, penyakit ginjal kronis, dan beberapa jenis penyakit hati. 
  • Sejarah keluargamu. Kolesterol tinggi mungkin dalam keluargamu. Jika anggota keluarga telah atau memiliki kolesterol tinggi, kamu juga mungkin memilikinya. 
  • Merokok. Merokok dapat menurunkan HDL kolesterolmu. 
  • Obat-obatan tertentu. Beberapa obat-obatan dapat meningkatkan tingkat trigliserida dan kolesterol HDL (baik) yang lebih rendah. Obat-obatan ini termasuk diuretik thiazide, beta-blocker, estrogen, dan kortikosteroid. Apa cara untuk mencegah kolesterol? Kerja dengan doktermu adalah kunci. 
Dibutuhkan tim untuk mengembangkan dan mempertahankan program kesehatan yang sukses. Kamu dan profesional kesehatanmu setiap memainkan peran penting dalam menjaga dan meningkatkan kesehatan jantungmu. Bekerja dengan dokter untuk menentukan resikomu dan pendekatan terbaik untuk mengelolanya. Dalam semua kasus, perubahan gaya hidup yang penting untuk mengurangi resiko serangan jantung dan stroke. Dalam beberapa kasus, obat-obatan statin penurun kolesterol juga dapat memberikan menfaat. 


Pelajari cara membuat pola makan dan perubahan gaya hidup mudah dan abadi. Juga pastikan kamu memahami petunjuk untuk minum obat karena tidak akan bekerja jika kamu tidak menganggapnya sebagai diarahan. Perubahan Gaya Hidup pada pola makan, berat badan, aktivitas fisikmu dan paparan asap tembakau semua mempengaruhi tingkat kolesterolmu. Mengetahui lemakmu yang lemak meningkatkan kolesterol LDL dan mana yang tidak adalah langkah pertama dalam menurunkan risiko penyakit jantung. Memasak untuk menurunkan kolesterol sebuah rencana makan yang sehat untuk jantung dapat membantu kamu mengelola kadar kolesterol darahmu. Memahami terapi obat pilihan untuk beberapa orang, perubahan gaya hidup saja tidak cukup untuk mencapai kadar kolesterol yang sehat. Dokter mungkin meresepkan obat. Hindari kesalahpahaman umum kami telah membuat daftar dari kesalahpahaman umum, bersama dengan kisah nyata, tentang kolesterol. Apa yang harus kita makan dan apa yang tidak setelah mendeteksi kadar kolesterol tinggi? Jika kamu sudah makan banyak makanan penurun kolesterol berikut, terus bekerja dengan baik! Tapi jika ide kamu makan dengan baik adalah untuk memilih untuk "popcorn mentega" bukan "popcorn ekstra mentega," pertimbangkan untuk menambahkan makan sehat ini untuk diet Anda hari ini:


  1. Oats. Jika kamu mencari untuk menurunkan kolesterolmu, kunci mungkin hanya mengubah makan pagi. Beralih pada sarapanmu yang mengandung dua porsi oat dapat menurunkan kolesterol LDL (jenis buruk) sebesar 5,3% hanya dalam 6 minggu. Kunci untuk buster kolesterol ini adalah beta-glucan, zat dalam gandum yang menyerap LDL, yang tubuh kamu kemudian mengektraknya.
  2. Para ilmuwan anggur merah memberikan kita alasan lain untuk minum untuk kesehatan kita. Ternyata tinggi serat pada tempranillo buah anggur merah, yang digunakan untuk membuat anggur merah seperti Rioja, mungkin benar-benar memiliki efek yang signifikan pada kadar kolesterol. Sebuah studi yang dilakukan oleh departemen metabolisme dan nutrisi di Universitas Complutense de Madrid di Spanyol menemukan bahwa ketika individu mengkonsumsi suplemen anggur yang sama ditemukan dalam anggur merah, kadar LDL mereka menurun sebesar 9%. Selain itu, mereka yang memiliki kolesterol tinggi akan menjadi studi melihat penurunan 12% dalam LDL.
  3. Salmon & Lemak Ikan Omega-3 adalah salah satu keajaiban lemak bagi kesehatan alami dari dunia dan telah terbukti untuk menangkal penyakit jantung, demensia, dan banyak penyakit lainnya. Sekarang asam lemak belum dapat menambahkan  manfaat kesehatan lain untuk repertoar mereka: menurunkan kolesterol. Menurut penelitian dari Loma Linda University, menggantikan lemak jenuh dengan omega-3 seperti yang ditemukan pada ikan salmon, sarden, dan herring dapat meningkatkan kolesterol baik sebanyak 4%.
  4. Kacang,  jika kamu mencari cara untuk menurunkan kadar kolesterol, penelitian menunjukkan bahwa kamu harus mendapatkan pemecahan! Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan oleh American Journal of Clinical Nutrition, orang-orang yang noshed pada 1,5 ons kenari 6 hari seminggu selama 1 bulan menurunkan total kolesterol mereka dengan 5,4% dan kolesterol LDL sebesar 9,3%. Almond dan kacang mete adalah pilihan yang baik lainnya. Namun, sementara kacang jantung sehat, mereka juga tinggi kalori, sehingga porsi latihan kontrol 1,5 ons adalah sekitar setengah gelas. Gunakan gelas untuk mengukur porsimu sehingga kamu dapat melihat persis bagaimana tampilannya.
  5. Teh, sementara teh telah menjadi terkenal karena antioksidan pelawan kanker, itu juga merupakan pertahanan besar terhadap kadar kolesterol LDL. Menurut penelitian yang dilakukan dengan USDA, teh hitam telah terbukti mengurangi lemak darah hingga 10% hanya dalam 3 minggu. temuan ini disimpulkan dalam studi yang lebih besar tentang bagaimana teh juga dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung koroner.
  6. Kacang buncis, kacang, mereka benar-benar baik untuk jantungmu. Para peneliti di Universitas Politeknik Negeri Arizona menemukan bahwa menambahkan ½ cangkir kacang ke dalam sup menurunkan kolesterol total, termasuk LDL, hingga 8%. Kunci untuk makanan jantung sehat ini memiliki kelimpahan serat, yang telah terbukti untuk memperlambat laju dan jumlah penyerapan kolesterol dalam makanan tertentu. Coba hitam, ginjal, atau kacang pinto; setiap pasokan sekitar sepertiga dari kebutuhan serat harianmu.
  7. Coklat ah, sisi manis dari diet jantung sehat: Antioksidan kuat ini membantu membangun kadar kolesterol HDL. Dalam sebuah penelitian tahun 2007 yang diterbitkan dalam AJCN, partisipan yang diberi coklat bubuk mengalami peningkatan 24% di tingkat HDL lebih dari 12 minggu, dibandingkan dengan kenaikan 5% pada kelompok kontrol. Ingatlah untuk memilih jenis gelap atau pahit. Dibandingkan dengan cokelat susu, ia memiliki lebih dari 3 kali lebih banyak antioksidan, yang mencegah platelet darah dari saling menempel dan bahkan mungkin menjaga arteri tersumbat.
  8. Margarin, beralih ke margarin dengan sterol, seperti janji aktif atau Benecol, bisa membantu menurunkan kolesterol. sterol merupakan senyawa yang mengurangi penyerapan kolesterol; sebuah penelitian yang diterbitkan dalam AJCN menemukan bahwa wanita yang memiliki pola makan sterol tanaman yang lebih tinggi mampu menurunkan kolesterol total sebesar 3,5%.
  9. Bawang putih, selain untuk menambah tenaga untuk hampir setiap hidangan, bawang putih telah ditemukan untuk menurunkan kolesterol, mencegah pembekuan darah, menurunkan tekanan darah, dan melindungi terhadap infeksi. Sekarang penelitian menemukan bahwa itu membantu menghentikan plak yang menyumbat arteri pada tahap yang paling awal dengan menjaga partikel kolesterol menempel ke dinding arteri. Cobalah selama dua sampai empat siung segar sehari.
  10. Minyak zaitun,  kabar baik: bahan memasak umum ini dapat membantu kesehatanmu. Minyak zaitun penuh asam lemak tak jenuh tunggal yang sehat untuk jantung (MUFAs), yang menurunkan LDL kolesterol dan memiliki efek samping menyambut pemangkasan lemak perut. Menggunakannya untuk membuat saus salad kamu sendiri, mengasinkan ayam dan ikan, atau sayuran panggang.
  11. Bayam hijau populer ini mengandung banyak lutein, pigmen sinar matahari kuning yang ditemukan dalam sayuran bedaun hija gelap dan kuning telur. Lutein sudah memiliki reputasi "emas" untuk menjaga terhadap degenerasi makula terkait usia, penyebab utama kebutaan. Sekarang penelitian menunjukkan bahwa hanya ½ cangkir makanan kaya lutein sehari-hari juga sebagai penjaga terhadap serangan jantung dengan membantu dinding arteri "mengangkat bahu turun" dari penyerbu kolesterol yang menyebabkan penyumbatan. Carilah kantung daun bayam muda yang dapat kamu gunakan untuk salad atau pop dalam microwave untuk lauk cepat.
  12. Alpukat,  alpukat adalah sumber lemak tak jenuh tunggal untuk jantung sehat, jenis lemak yang benar-benar dapat membantu meningkatkan kolesterol HDL sambil menurunkan LDL. Dan, lebih dari buah lainnya, makanan yang dikemas lezat ini menghancurkan kolesterol beta-sitosterol, lemak nabati menguntungkan yang mengurangi jumlah kolesterol yang diserap dari makanan. Sejak alpukat agak tinggi kalori dan lemak (300 kalori dan 30 g lemak per alpukat), menggunakannya dalam jumlah sedang.



Terjawab 6 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang