Bagaimana tinju (boxing) , muay thai dan kickboxing dibandingkan satu dengan lainnya ?

Dilihat 247 • Ditanyakan 7 bulan lalu
1 Jawaban 1

Ada banyak hal tentang pertanyaan ini daripada yang sudah dinyatakan. Kebanyakan orang akan berasumsi Muay Thai adalah sistem yang terbaik dari ketiganya, karena ia menunjukkan lebih banyak aspek dari pertarungan berdiri. Ini akan benar jika keilmuan tinju dan kick boxing secara penuh terkandung dalam keilmuan Muay Thai. Tentu saja tidak. Mari kita tidak terlalu banyak membahas teknik spesifik disini, tapi lihatlah cara berdiri dari seorang tipikal petarung Muay Thai. Sikap sejajar, kaki biasanya selebar bahu, dengan berat tubuh berpindah-pindah dari belakang dan depan antara dua kaki. Petarung Thai menunggu dua hal: kesempatan untuk melakukan tendangan bertenanga, dan kesempatan untuk mengecek kekuatan tendangan. Keduanya melibatkan gerakan mengangkat kaki mereka.


Tipikal suatu pertarungan Thai adalah sebuah pertunjukan tendangan: tendang, cek, tendang, cek, tendang. Tinjuan adalah hampir sebuah formalitas saja. Tentu, ada aspek dari permainan kunci-mengunci, tapi mari kita mendiskusikannya di lain hari. Hal pertama yang perlu anda perhatikan tentang tipikal petarung Thai adalah bahwa ia tidak begitu ringan pada kakinya (ada beberapa anomali diluar sana, tapi semuanya selalu berlatih silang dalam tinju dengan keras).


Petarung Thai (sekali lagi, rata-rata) harus banyak mengkhawatirkan tendangan kaki, mereka diajarkan di hari pertama latihannya untuk tetap berdiri dan bersiap untuk cek. Mereka tidak begitu baik dalam mempelajari konsep sudut dan taktik yang terkait dengan memanipulasi sudut-sudut, yang pada dasarnya adalah makanan sehari-hari petinju. Kebalikan dari yang diasumsikan oleh pangamat yang cuek (misalnya, melewatkannya sebagai "latihan dasar"), tinju pertama kali dan paling awal bukanlah tentang meninju. Itu adalah tentang bergerak sebagai seorang petinju. Seorang petinju yang tidak bergerak adalah seorang penipu atau seorang yang berpura-pura.


Sekarang, biar saya luruskan.

  1. Saya BUKAN seorang petinju. Saya sebenarnya lebih seorang petinju Thai.
  2. Tinju TIDAK lebih baik daripada Muay Thai sebagai suatu ilmu bela diri. Kaki seorang petinju akan hancur dalam sebuah pertarungan Thai. Tinju adalah cara berbeda untuk mendekati pertarungan. Melewatkan tinju dan hanya memandang aspek Muay Thai adalah cara pandang yang terlalu sederhana dan sempit.

Inilah inti dari apa yang telah saya jelaskan secara bertele-tele: seorang petarung Thai rata-rata akan menghancurkan seorang petinju rata-rata dengan tendangan kaki. Seorang petarung Thai rata-rata dengan manajemen sudut dan mobilitas yang baik, yang bisa dipelajari dengan mudah dari tinju, akan menghancurkan seorang petarung Thai murni rata-rata. Jika anda mencari sesuatu yang bisa diambil dari jawaban ini, yang saya maksud adalah: berlatih silang. Dan saya tidak merasa perlu mengarahkan kick boxing. Olahraga bela diri telah menjadi global dan teknik-teknik telah diadopsi hingga titik dimana kick boxing Barat modern hanyalah Muay Thai tanpa kuncian.

Terjawab 6 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang