Bagaimana cara usaha kecil bersaing dengan usaha yang lebih besar?

Dilihat 4,38 rb • Ditanyakan lebih dari 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Di kehidupan yang serba sulit ini, harga kebutuhan pokok yang semakin meningkat telah membuat banyak orang mulai berpikir untuk memiliki usaha sendiri. 


Mulai dari pelajar, mahasiswa, ibu rumah tangga, hingga orang-orang yang sudah memiliki pekerjaan tetap seperti karyawan pun tidak jarang ingin memiliki usaha sendiri. Tujuannya pun sederhana, yakni untuk menghasilkan penghasilan tambahan yang lebih menjanjikan dan sebagai aset di hari tua. 


Namun yang menjadi tantangan terbesar mereka sebelum memulai usaha adalah keunggulan kompetitif yang harus mereka punya untuk dapat bersaing dengan ide usaha kreatif lainnya. 


Setelah usahanya menjadi besar dan sukses, tidak sedikit orang yang menjadikan penghasilan dari usahanya tersebut menjadi penghasilan utama dengan meninggalkan pekerjaannya demi fokus menggeluti usaha yang dia miliki.


Usaha kecil


Manfaat Memiliki Usaha Sendiri


Melihat penghasilan yang dihasilkan oleh para penggelut usaha yang cukup besar dan bisa melebihi gaji seorang karyawan kantor, banyak yang tertarik untuk membuka usaha dan menjadi seorang wirausahawan


Namun, memang untuk memulai sebuah bisnis bukanlah hal yang mudah mengingat kita harus berkompetisi dengan pelaku usaha lainnya yang bisnisnya sudah besar. 


Banyak orang yang sudah merasa pesimis sebelum memulai bisnisnya atau bahkan ada orang yang nekat memulai bisnisnya meski dengan modal minim sekalipun. 


Lalu bagaimana cara yang terbaik untuk memulai usaha kecil agar nanti bisa bersaing dengan usaha besar lainnya? 


Tentunya ada beberapa strategi yang harus diketahui oleh para pelaku usaha kecil dalam memulai bisnisnya. Memulai usaha atau bisnis bisa dikatakan mudah, hal yang sulit ialah mempertahankan usaha yang kita miliki. 


Usaha yang kita miliki haruslah memiliki keunggulan kompetitif agar bisa bertahan. Banyak orang yang akhirnya menyerah akan usahanya karena tidak memiliki pengetahuan yang banyak dan keunggulan kompetitif dalam produk atau jasa yang mereka tawarkan, sehingga tidak bisa bersaing dengan usaha lainnya.


Manfaat mempunyai usaha

Apakah usaha kecil bisa bersaing dengan usaha yang lebih besar? 


Jawabannya adalah bisa, selagi anda menjalankan ide usaha kreatif yang belum pernah digeluti oleh usaha lainnya. 


Sebelum ingin memulai bisnis anda sebaiknya jangan dilakukan dengan terburu-buru yang akan beresiko pada kegagalan anda dalam berbisnis. 


Lakukanlah bisnis dengan strategi bisnis dan langkah yang benar sehingga bisnis anda dapat bertahan lebih panjang bahkan bisa membuat anda berada di puncak kesuksesan. 




Cara Memulai Usaha Kecil yang Sukses dan Bersaing



Bagi anda yang berencana untuk memulai usaha, berikut adalah beberapa tips cara memulai usaha dari nol yang harus anda perhatikan, seperti:


1. Tentukan Usaha 


Satu-satunya cara usaha kecil dapat bersaing dengan usaha besar adalah dengan menawarkan sesuatu yang tidak dimiliki usaha besar, sesuatu yang inovatif dan kreatif. 


Hal ini membutuhkan kreativitas anda untuk menentukannya. Anda harus menemukan sesuatu ide usaha kreatif yang bisa menunjukkan bahwa bisnis anda berbeda dengan bisnis lainnya. 


Namun tentu anda juga harus menyesuaikan usaha yang akan anda geluti dengan kemampuan, bakat, dan minat yang anda miliki. Banyak pengusaha yang meraih kesuksesan mereka dengan menggeluti usaha yang memang mereka kuasai dan sukai. 



2. Menganalisis Jenis Usaha 


Setelah menentukan ide usaha apa yang akan anda geluti, lakukan analisis tentang usaha tersebut. 


  • Berapa banyak pesaing dalam usaha anda? 
  • Berapa banyak permintaan akan kebutuhan produk anda di masyarakat? 
  • Apa yang membuat usaha anda berbeda dengan usaha lainnya? 
  • Inovasi apa yang akan anda buat dalam usaha anda? 


Lakukan juga analisis lainnya yang bisa menjadi celah untuk menghasilkan ide baru dan juga mempermudah anda untuk pengembangan usaha anda nantinya.


Mempersiapkan modal

3.  Siapkan Modal


Menyiapkan modal untuk usaha anda adalah salah satu hal yang paling penting dalam memulai usaha. 


Banyak orang yang sudah memiliki ide yang matang akan usaha yang hendak digeluti namun tidak bisa melanjutkan idenya karena tidak memiliki modal yang cukup. 


Beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mendapatkan modal usaha di antaranya dengan mencari modal dari investor, sistem partnership atau meminjam dari bank. 

Anda juga bisa menggunakan modal minim yang anda punya tentunya dengan mengandalkan kreativitas anda agar usaha kecil anda tetap bisa berjalan.



4. Belajar pada Ahlinya


Salah satu cara untuk menjadi pebisnis pemula adalah banyak belajar pada para pengusaha besar yang sudah terlebih dulu berhasil. 


Anda bisa belajar bagaimana cara menentukan strategi bisnis yang tepat, cara mengembangkan usaha, cara melakukan manajemen dalam usaha anda, dan belajar dari beberapa pengalaman baik maupun buruk dari para pengusaha sukses. 


Ini juga merupakan langkah awal anda untuk lebih memperdalam pengetahuan anda dalam merambah dunia bisnis, dunia baru yang akan anda geluti.


Tidak berputus asa dalam berbisnis

5. Tidak Berputus Asa Terhadap Kegagalan


Para pengusaha tentunya pernah mengalami masa kegagalan walaupun kini ia menjadi seorang pengusaha sukses sekalipun. 


Anda harus menyadari bahwa kegagalan dan tidak tercapainya target adalah hal yang biasa dalam dunia usaha. Tentunya anda harus siap atas segala resiko kegagalan yang mungkin akan datang sesekali dalam usaha anda. 

Ketika menemukan titik kegagalan, anda bisa lebih belajar dan menjadikannya sebagai pengalaman anda dalam berbisnis. 


Yakinlah kegagalan dalam berusaha akan membuat anda lebih mudah mengenali celah usaha yang benar sesuai dengan pengalaman kegagalan yang anda miliki.



6. Perluas Networking (Jaringan)


Dalam memperluas networking, anda bisa bergabung dengan beberapa komunitas usaha. 


Hal ini baiknya dilakukan sebelum anda memulai usaha anda, jadi ketika anda mulai memiliki usaha anda sudah memiliki networking yang luas untuk memperkenalkan usaha anda. 


Selain memperluas networking secara online anda juga bisa memperkenalkan produk anda pada orang-orang yang anda kenal secara online yang tentunya lebih mudah dan efektif menjangkau banyak target market usaha anda.


Pentingnya pemasaran offline dan online

7. Pemasaran


Setelah sebelumnya anda melakukan berbagai analisis terhadap usaha anda, anda bisa menggunakan analisis tersebut sebagai celah bagi anda untuk menentukan target market yang tepat. 


Untuk melakukan pemasaran di zaman yang modern ini jangan hanya mengandalkan pemasaran yang bersifat offline, namun anda juga harus memanfaatkan pemasaran secara online. 


Manfaat pemasaran secara online di zaman digital ini dianggap lebih efektif untuk merangkul lebih banyak pelanggan. Misalnya anda bisa membuat sebuah website tentang bisnis anda secara digital sehingga bisa dengan cepat dikenal banyak orang. 


Anda juga bisa memanfaatkan beberapa sosial media yang cocok untuk usaha kecil menengah yang anda miliki.



-


Saat menjalani usaha atau bisnis anda, harus diingat bahwa tujuan anda bukanlah untuk cepat-cepat mendominasi market atau mengalahkan usaha-usaha lain yang serupa. 


Namun membuat usaha anda konsisten bertahan dan berkembang secara perlahan juga dikenal oleh masyarakat. Meskipun terdapat perberbedaan kualitatif konsistensi antara usaha kecil dan usaha besar, karena usaha kecil dimulai dari titik nol namun percayalah anda akan menikmati kepuasan sebagai pelopor bisnis besar anda nantinya. 


Memiliki mindset ingin cepat-cepat menjadi pebisnis sukses akan membuat anda hanya fokus untuk membuat perencanaan bagaimana mengalahkan pesaing-pesaing anda, bukannya fokus dalam bagaimana anda mengatur dan membuat bisnis anda bisa bertahan dan berkembang secara perlahan. 


Dunia ini tidaklah terlalu kecil untuk para usaha kecil termasuk usaha yang akan anda rintis dari awal. 


Yang perlu anda lakukan adalah mempertahankan apa yang telah anda mulai dan juga mengembangkannya sehingga produk anda menjadi sesuatu yang familiar di masyarakat. 


Fokuslah pada mengembangkan ide usaha kreatif anda, menyajikan produk yang terbaik, meningkatkan kualitas produk, pengembangan dalam hal pemasaran, adalah beberapa langkah yang bisa membawa usaha anda menuju kesuksesan. 


Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda, semoga berhasil!!

Terjawab lebih dari 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang