Bagaimana warga Indonesia mempersiapkan pajak yang harus dibayar? Apakah cara manual masih digunakan atau sudah ada software bagi para akuntan profesional yang bisa digunakan?

Dilihat 373 • Ditanyakan 8 bulan lalu
1 Jawaban 1

Saya hendak membagi sebuah solusi yang saya temukan baru-baru ini, dan sekarang dianggap sebagai solusi terbaik untuk menangani pajak di Indonesia. Yang menjadi isu adalah bagaimana warga Indonesia mempersiapkan pajak yang akan dibayar, sehingga disini saya juga ingin menekankan bagaimana cara mengisi pengembalian pajak (baik secara manual maupun elektronik, selama e-Fin sudah didapatkan), Pertama-tama, untuk mengenal secara umum, secara historis penanganan pajak di Indonesia adalah proses yang tidak mudah dan tidak efisien, terutama bagai pembayar pajak korporat yang harus melakukannya setiap bulannya. Bukan hal yang mengejutkan bahwa penerimaan pajak di Indonesia adalah yang terendah dibandingkan dengan negara tetangga di Asia Tenggara. Berita baiknya adalah, belakangan ini Online Pajak (OP), salah satu dari ASP (Application Service Provider) telah mengaplikasikan penggunaan e-Filling dan telah berkolaborasi dengan kantor pajak, serta mengembangkan sistem pajak yang lebih user-friendly dan efektif untuk para pembayar pajak. Online Pajak telah meringankan pembayar pajak korporat dengan aplikasi online yang telah mengintegrasi seluruh proses pembayaran pajak:

- Pertama Anda mempersiapkan seluruh faktur dan data di OP

- Lalu pajak akan dikalkulasi oleh software

- Pada akhirnya, pajak akan bisa dibayar secara online

Dan ya, semua ini gratis, termasuk juga fitur e-Filling, yang berfungsi untuk melaporkan pada DJT mengenai jumlah yang dibayar. Ada juga kisah lain, beberapa bulan yang lalu, sebuah perusahaan kecil tempat saya bekerja, memutuskan untuk mencoba Online Pajak. Setelah mencobanya, kami memutuskan untuk tetap menggunakannya. Mengapa? Pertama, pemindahan semua faktur dari software akuntansi kami sangat mudah untuk dilakukan. Kedua, proses OP untuk mempersingkat pembayaran pajak terbukti sangat efisien. Kalkulasi otomatis yang dilakukan akan menghasilkan hasil yang akurat, sementara OP juga menyediakan pengalaman dari pengguna lain yang sangat membantu kami. Tidak lupa disebutkan bahwa beberapa ASP lain mengenakan biaya untuk e-Filling! Untungnya, tidak bagi OP. Belakangan ini Online Pajak juga menyebutkan bahwa di akhir Maret 2016, mereka akan meluncurkan fitur yang membantu pembayar pajak individu untuk menginput pajak penghasilan tahunan (PPh21). Saya sangat menantikannya!

 Untuk info lebih lanjut: 

- Tax app : app.online-pajak,com

- Web: www.online-pajak.com

Terjawab 8 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang