Bagaimanakah perkiraan suasana mudik Lebaran 2017 ini?

Dilihat 44 • Ditanyakan 4 hari lalu
Suasana mudik lebaran setiap tahun pasti sudah bisa diperkirakan. Menurut pendapatmu, bagaimana suasana atau keadaan mudik lebaran tahun ini?
1 Jawaban 1

Liburan saat lebaran memang sangat dinantikan oleh masyarakat. Pasalnya, mereka mendapat libur dari aktivitas mereka dalam waktu yang cukup lama, sehingga dapat menggunakan waktu tersebut untuk menemui sanak saudara atau hanya sekedar mengunjungi tempat wisata. Mudik ke kampung halaman telah menjadi tradisi saat lebaran bagi kebanyakan masyarakat. Dikarenakan momen ini hanya datang sekali dalam satu tahun, banyak orang yang berpikir pentingnya menghabiskan waktu untuk berkumpul dengan keluarga besar. Tak berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, suasana mudik lebaran 2017 juga sudah mulai ramai diberitakan. 


Berbicara mengenai mudik lebaran, tentunya tak lepas dari kemacetan yang selalu terjadi tiap tahunnya. Kebanyakan orang biasanya akan menempuh perjalanan melalui jalur darat, dikarenakan biaya yang lebih murah dibandingkan dengan harga tiket pesawat. Hal itu membuat meningkatnya jumlah kendaraan di jalan, sehingga kemacetan akan terjadi di jalur-jalur tol. Ramainya arus mudik di jalan seringkali membuat pengemudi lalai dan menjadi tidak sabar ingin cepat sampai tempat yang dituju. Namun kelalaian tersebut bisa menyebabkan jumlah kecelakaan mudik lebaran semakin bertambah.


Masalah yang Terjadi Saat Mudik Lebaran


Saat mudik, biasanya akan ada berbagai hal berikut yang menjadi halangan anda :


1.  Mengantuk

Mengantuk termasuk satu masalah yang paling sering dihadapi para pemudik selama menempuh perjalanan jauh. Mengantuk saat berkendara harus dihindari agar perjalanan mudik bisa lancar hingga ke tempat tujuan. Menjaga asupan sehat dan seimbang saat sahur dan buka puasa bisa menjadi cara menyiasati kantuk, misalnya, hindari makanan manis saat sahur dan perbanyak protein dan karbohidrat kompleks. Apabila anda mengantuk saat berkendara, ada baiknya berhenti sejenak untuk beristirahat, karena mengantuk saat berkendara dapat mencelakakan diri dan orang lain.


2.  Dehidrasi

Macet saat mudik lebaran sudah menjadi pemandangan yang biasa terjadi setiap tahunnya. Terjebak macet dalam kondisi puasa tentulah termasuk masalah berat, karena bisa memicu dehidrasi. Dehidrasi sendiri memiliki efek buruk bagi kesehatan seseorang, karena meningkatkan risiko penyakit atau gangguan kesehatan tertentu. Untuk menghindari dehidrasi selama mudik lebaran, ada baiknya jika anda memenuhi asupan cairan saat sahur, konsumsi buah-buahan dan hindari makanan berkadar garam tinggi.


3.  Masalah Pernafasan

Selama perjalanan, pemudik pasti akan terpapar debu dan polusi udara di jalanan selama berjam-jam lamanya. Jangan diabaikan, karena debu dan polusi dapat mengganggu saluran pernafasan Anda. Nah, untuk mengatasinya, anda bisa menggunakan masker selama menempuh perjalanan mudik.


4.  Kesehatan Mata

Selain mengganggu pernafasan, ternyata debu dan polusi juga dapat mengganggu kesehatan mata. Selain itu, cuaca panas juga menjadi faktor penyebab gangguan kesehatan mata. Untuk mengatasinya, ada baiknya menggunakan pelindung mata selama perjalanan mudik, misalnya : kacamata, helm teropong, dan lain sebagainya.


5.  Kelelahan

Kelelahan sendiri bisa terjadi akibat kurang istirahat, macet berkepanjangan, dan lain sebagainya. Kelelahan harus segera diatasi dengan istirahat, karena jika diabaikan bisa mengakibatkan gangguan kesehatan, misalnya : pusing, mual, dan lain sebagainya. Berkendara dalam kondisi kelelahan juga dapat meningkatkan risiko kecelakaan.


Menteri Perhubungan mengatakan, ada penurunan jumlah korban meninggal dan kecelakaan saat arus mudik pada lebaran 2016 dibandingkan dengan arus mudik 2015. Dari data Kementrian Perhubungan khusus untuk jalur darat, persentase korban kecelakaan tahun 2016 turun 21 persen dibanding periode yang sama pada tahun 2015. Tahun 2016 jumlah kecelakaan tercatat sebanyak 1.289 kasus, sementara tahun sebelumnya sebanyak 1.622 kecelakaan. 

Adapun korban meninggal dunia berkurang 25 persen, yakni 328 korban pada 2015 dan 244 korban pada tahun lalu. Pada setiap tahunnya jumlah kendaraan yang melintasi jalur Jakarta sekitar 500-700 ribu unit kendaraan.


mudik lebaran 2017



Persiapan yang Wajib Dilakukan Saat Mudik


Jika anda memiliki persiapan yang matang saat mudik, kemungkinan-kemungkinan buruk menjadi sedikit berkurang. Ada beberapa tips mudik yang perlu anda perhatikan saat memutuskan menggunakan kendaraan pribadi apalagi jika jaraknya jauh, di antaranya :

1.  Periksa Kendaraan Anda

Jangan sampai lupa untuk memeriksa kendaraan pribadi anda sebelum mudik. Bagian-bagian penting dalam kendaraan yang perlu anda periksa antara lain rem, ban, lampu, dan bagian lainnya. Pastikan kondisinya masih baik dan jika ada yang rusak segera ganti sebelum mudik.


2.  Persiapkan Kondisi Fisik

Selain mempersiapkan kendaraan sebelum mudik, anda pun harus mempersiapkan kondisi fisik anda sendiri. Hal ini sangat penting apalagi jika Anda akan mengemudikan kendaraan tersebut. Ada baiknya menunda keberangkatan jika memang kondisi sedang tidak sehat. Dengan kondisi fisik yang sehat dan prima, maka perjalanan mudik bisa lebih aman dan nyaman.


3.  Persiapan Bekal

Keuntungan membawa mobil saat mudik adalah anda bisa membawa barang lebih banyak. Namun, tetap pastikan bahwa barang yang Anda bawa mudik tidak melebihi kapasitas kendaraan. Membawa barang yang terlalu banyak juga berbahaya di perjalanan. Bawa pakaian, obat, oleh-oleh, dan kepentingan utama lain sudah cukup untuk mudik.


4.  Taati Aturan Lalu Lintas

Karena membawa kendaraan sendiri, bukan berarti Anda bisa seenaknya. Tetap taati peraturan lalu lintas. Justru dengan mentaati aturan lalu lintas, perjalanan bisa lebih nyaman dan aman.


Itulah beberapa tips mudik jika anda ingin menggunakan kendaraan pribadi. Menggunakan kendaraan pribadi memang lebih hemat, tapi mudik menggunakan kendaraan umum pun memiliki keunggulan tersendiri. Anda bisa lebih santai karena tidak harus mengemudikan kendaraan. Sembari perjalanan mudik, anda bisa tidur atau menikmati perjalanan. Meskipun demikian, ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan saat mudik menggunakan kendaraan umum.


mudik lebaran 2017


Dengan memperhatikan tips mudik di bawah ini, aktivitas mudik dengan kendaraan umum menjadi lebih nyaman dan aman.


1.  Persiapan Tiket

Persiapan ini sangat penting untuk dilakukan jauh hari sebelum mudik. Pasalnya, banyak orang ingin mudik. Jika tidak disiapkan jauh hari, besar kemungkinan Anda sudah kehabisan tiket dan akhirnya harus menunda mudik. Rencanakan jadwal keberangkatan kemudian pastikan bahwa anda sudah memiliki tiket kendaraan umum yang akan Anda gunakan. Persiapkan pula angkutan umum alternatif jika rencana utama tidak berjalan baik.


2.  Persiapkan Barang Bawaan dengan Baik

Mempersiapkan barang bawaan juga sangat penting. Anda menggunakan kendaraan umum. Itu artinya, barang bawaan harus dibatasi. Membatasi barang bawaan sangat penting untuk kenyamanan dan keamanan Anda sendiri. Bayangkan saja jika anda membawa barang terlalu banyak. Pasti Anda akan kerepotan membawa barang bawaan tersebut. Anda cukup membawa satu atau dua koper saja. Pilih dan pilah barang sebelum dibawa dan pastikan barang tersebut memang penting untuk dibawa saat mudik.


3.  Tidak Menggunakan Pakaian atau Perhiasan yang Terlalu Mencolok

Agar mudik menggunakan kendaraan umum menjadi lebih aman dan nyaman, ada baiknya tidak menggunakan pakaian dan perhiasan yang terlalu mencolok. Anda sedang di tempat umum dan berdandan terlalu mencolok akan menarik perhatian dan itu bisa membahayakan anda.


4.  Persiapkan Uang Secukupnya

Saat mudik dengan kendaraan umum, anda tidak bisa sering berhenti mencari ATM. Karena itu, persiapkan uang tunai secukupnya saja. Misalnya, hitung terlebih dahulu biaya angkutan umum yang akan Anda naiki kemudian tambahkan biaya lain seperti biaya makan, toilet, dan biaya lain-lain yang mungkin akan Anda keluarkan. Dengan membatasi uang yang dibawa maka anda tidak perlu kebingungan. Perjalanan mudik dengan angkutan umum pun akan terasa lebih nyaman dan aman.


5.  Menjaga Diri

Hati-hati dengan orang yang memberikan makanan dan minuman. Ada baiknya membawa sendiri makanan dan minuman. Jangan lupa pula membawa obat-obatan pribadi. Membawa air putih juga perlu sehingga Anda bisa minum kapanpun Anda mau.



Prediksi Suasana Mudik Lebaran 2017


Menurut saya di tahun 2017 ini akan tetap ada kecelakaan selama masa arus mudik dan balik. Masih sulit untuk memastikan sama sekali tidak ada kecelakaan atau zero accident selama mudik lebaran. Kemungkinan besar suasana mudik lebaran 2017 ramai seperti tahun-tahun sebelumnya, bahkan di tiap tahunnya jumlah pemudik yang menggunakan transportasi darat selalu mengalami lonjakan. Tiket kereta yang bisa dipesan sejak tiga bulan sebelum keberangkatan sudah habis di tanggal yang mendekati hari lebaran. 


mudik lebaran 2017


Perusahaan Kereta Api Indonesia sendiri mengaku telah menambahkan gerbong kereta di tiap harinya menjelang lebaran, dikarenakan antusias masyarakat sangat tinggi untuk memakai jasa kereta api.

Karena saat liburan tiket pesawat biasanya mengalami kenaikan harga yang cukup tinggi, sebagian besar masyarakat memilih menggunakan transportasi darat yang harganya memang lebih murah. Kemacetan masih akan tetap terjadi, stasiun dan terminal juga akan dipadati oleh pemudik.

Jadi, sebenarnya suasana yang sepi saat mudik lebaran itu tidak akan pernah terjadi di negara ini. 

Jika anda memilih untuk mudik dengan kendaraan umum, sebaiknya anda memesan tiket dari jauh-jauh hari sebelum keberangkatan. Apabila anda menggunakan kendaraan pribadi, mengemudilah dengan hati-hati, karena kecelakaan mudik lebaran sangat sering terjadi. Nikmatilah perjalanan anda dan semoga sampai di tempat tujuan.


Terjawab 4 hari lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang