Bahaya Menggunakan KB IUD

Dilihat 2 rb • Ditanyakan lebih dari 1 tahun lalu

Apa Bahaya Penggunaan KB (IUD) Sebagai Alat Konstrasepsi.?

Berikut merupakan bahaya penggunaan KB (IUD) yang perlu anda ketahui :

Rasa Nyeri; Sebagian wanita akan mengalami nyeri punggung dan kram seperti nyeri haid yang terjadi dalam beberapa jam setelah pemasangan spiral.

Gangguan Menstruasi; IUD tembaga dapat meningkatkan pendarahan menstruasi atau nyeri haid (dismenore). Perempuan juga bisa mengalami bercak (ngeflek) antara periode menstruasi. Sedangkan IUD hormonal dapat mengurangi masalah ini. [ Baca Juga : Cara Mengobati Haid Tidak Teratur ]

Perforasi Uterus; Perforasi artinya jebol atau bocor, Terjadi pada 1 dari 1.000 wanita, IUD terjebak di dalam atau menusuk rahim sehingga terjadi perforasi pada rahim. Meskipun hal ini jarang terjadi, tapi hampir selalu terjadi selama proses pemasangan. Jika efek KB spiral ini terjadi, maka spiral harus segera dilepas.


Kusta;IUD hormonal dapat menyebabkan tumor jinak atau non-kanker yang disebut kista ovarium, namun kista ini biasanya hilang sendiri.

Efek Hormonal; Khusus IUD hormonal dapat menyebabkan efek samping yang mirip dengan efek samping pil KB, seperti nyeri payudara, perubahan suasana hati, sakit kepala, dan jerawat. Efek samping ini jarang terjadi dan kalaupun terjadi biasanya hilang setelah beberapa bulan pertama.

Baca Juga :

Pendarahan Setelah Lepas IUD, Ini Solusinya..!!

Obat Pelangsing Perut

Jadilah yang pertama untuk menjawab!
Tulis jawaban sekarang