Berapa banyak efek samping dari bayi tabung dibanding kelahiran normal?

Dilihat 14,5 rb • Ditanyakan lebih dari 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

In Vitro Fertilization (IVF) dan Assisted Reproductive Technnology (ART) dianggap sebagai prosedur yang aman untuk program bayi tabung, namun ada beberapa resiko yang terkait dengan prosedur ini yang harus diperhitungkan. Seseorang juga harus menyadari meskipun resiko-resiko ini ada, tetapi pada umumnya jarang terjadi. 

Beberapa resiko dari bayi tabung yaitu:


  1. Program IVF dan ART dikaitkan dengan komplikasi pada kehamilan, akibatnya akan terjadi resiko seperti : a). resiko tinggi akibat produksi urin yang berlebihan dan sindroma hiperstimulasi ovarium (Ovarium Hyperstimulation Syndrome/ OHSS)   b). resiko tinggi akibat preeklamsia (sebuah komplikasi pada kehamilan yang ditandai dengan tekanan darah tinggi (hipertensi) dan tanda-tanda kerusakan organ, misalnya kerusakan ginjal yang ditunjukkan oleh tingginya kadar protein pada urin
  2. Resiko yang terjadi  akibat kehamilan ganda (kembar) yaitu suatu kehamilan dimana terdapat dua atau lebih embrio atau janin sekaligus. Kehamilan kembar dapat memberikan resiko yan lebih tinggi terhadap ibu dan janin. 
  3. Sebuah laporan  akhir-akhir ini menunjukkan bahwa resiko kelainan bawaan pada bayi/ bayi lahir cacat (kelainan kongenital)  karena program IVF atau sebuah teknik yang dikenal sebagai ICSI (penyuntikkan langsung sperma terhadap telur wanita di laboratorium) resikonya  lebih tinggi dua kali lipat  ketimbang bayi yang lahir dari kehamilan normal. Pasangan suami istri yang mempertimbangkan untuk menjalani terapi ART atau IVF harus mendapatkan cukup informasi mengenai hal ini dari dokter. Namun sebagian besar kelainan kongenital tidak mengancam jiwa dan dapat diperbaiki/diobati setelah bayi lahir. Dan juga pelaksaanaan terapi IVF dijamin kehati-hatiannya.
  4. Mungkin ada cacat bawaan lain yang terkait dengan program IVF yang tidak terdeteksi saat kelahiran atau bahkan sesudahnya, tetapi bermanisfestasi pada tumbuh kembang anak.

Terjawab lebih dari 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang