Berapa banyak sit up yang diperlukan untuk mendapatkan abs six-pack?

Dilihat 428 • Ditanyakan 11 bulan lalu
1 Jawaban 1

Memiliki perut yang terbentuk merupakan dambaan seorang pria apalagi dengan bentuk tubuh yang berotot dan memiliki perut sixpack yang terbentuk dengan sempurna. Mereka akan bangga dan memamerkan tubuhnya dengan menggunakan baju yang terbuka sehingga tampak perutnya terlihat. Banyak wanita akan terpesona dan akan merasa terlindungi berjalan dengan seorang pria dengan badan yang berotot dan mempunyai perut yang sixpack. Untuk dapat memiliki perut yang sixpack harus melakukan latihan-latihan secara rutin dan harus mengetahui teknik dan cara yang tepat untuk menghasilkan perut sixpack tidak hanya latihan saja kamu harus melakukan diet untuk dapat menghilangkan lemak perut yang ada di perut. 


Banyak latihan yang harus dilakukan salah satunya dengan olahraga mengecilkan perut bukan hanya fitnes saja tapi juga melakukan angkat beban, kardio atau dengan sit-up. Tidak hanya pria, wanita pun memiliki keinginan yang sama besar untuk membentuk otot-otot tubuh, terutama pada bagian perut. Setiap orang memiliki otot perut tetapi kebanyakan tertutupi oleh lemak di perut. Cara untuk memperlihatkan otot perut mereka adalah dengan menyingkirkan lemaknya. Makanlah seperti biasanya ketika sedang berolahraga dan kamu seharusnya mulai melihat hasilnya. Ketika kamu kehilangan lemak secara perlahan-lahan, kurangilah kalori secara bertahap atau berolahragalah lebih giat lagi.


Seperti membakar ekstra 200 kalori per hari atau memotong 200 kalori. Berarti 25 gram karbohidrat atau 11 gram lemak. Bagaimanapun juga usaha tersebut memang membutuhkan waktu yang lama. Mungkin beberapa minggu atau bulan. Tetapi jika kamu berlatih terus-menerus dan membuat itu sebagai suatu kebiasaan maka akan mendapatkan hasil yang memuaskan.


sixpack



Membentuk Otot Perut (Abs) Sixpack 


Rectus abdominis adalah otot yang membentuk sixpack. Secara teknis kamu tidak dapat mengabaikan otot bagian atas dan bawah tapi yang dapat kamu lakukan adalah menekankan pada bagian-bagian tertentu dengan memilih latihan yang tepat.

Sekarang kebanyakan orang seharusnya memahami bahwa ini bukan tentang cara membentuk otot melainkan bagaimana cara menghilangkan lemak di perut sehingga kamu dapat melihat otot perut atau abs-mu. Yang perlu kamu lakukan antara lain:

  • Latihan bagian perut bawah (lower abs) latihan ini mengontraksikan bagian bawah rectus abdominis dengan gerakan mengangkat kaki misalnya melakukan gerakan menggantungkan kaki, sit-up bangku terbalik, dan gerakan mendaki gunung.
  • Latihan bagian perut bawah (upper abs) otot pada bagian ini aktif ketika kamu menstabilkan tarso bagian bawah kemudian menarik tubuh bagian atas ke daerah tersebut. Dan memendekkan jarak antara rusuk dan pelvis. Contohnya melakukan gerakan sit-up menggunakan tali kabel, mengangkat punggul dengan otot perut, dan mengangkat bahu dengan arah yang berlawanan dalam keadaan terlentang.
  • Latihan perut bagian samping (obliques) bagian ini berada di sisi bagian belakang sixpack. Kamu dapat melatihnya dengan volume yang lebih tinggi dan beban lebih ringan sehingga otot ini tidak terus membesar dan mempengaruhi ketebalan perut. Contohnya gerakan dalam keadaan berbaring terlentang melakukan gerakan crunch menyamping dengan arah bergantian. dan melakukan crunch memutar dengan mengagkat bahu secara bergantian.
sixpack

Masih banyak gerakan-gerakan yang harus dilakukan terutama dapat menghilangkan lemak di perut dengan cepat sehingga akan terlihat otot perut yang diharapkan. Melakukan gerakan sit-up jangan terlalu berlebihan, karena hal in bisa mengakibatkan cedera perut atau bisa terjadi perut menjadi kejang. Untuk itu, kamu harus mempelajarinya dan melakukan latihan secara bertahap dan tidak dipaksakan asal rutin, setiap hari atau dua hari sekali untuk bisa mendapatkan bentuk otot perut enam kotak, atau setidaknya empat kotak. Sebenarnya untuk setiap orang berbeda-beda, ada yang mengasilkan kotak delapan bahkan sepuluh kotak hal ini tergantung dari genetik atau keturunan orang tersebut. 

Latihan sit-up untuk mendapatkan perut sixpack cukup dilakukan selama 15 sampai 20 menit saja setiap hari. Latih perutmu dengan intensif dan pastikan ia pulih dengan istirahat yang cukup dan makanlah makanan yang bernutrisi tinggi.


Olahraga Untuk Menghasilkan Perut Sixpack

Ada beberapa tips olahraga yang perlu dicoba untuk membentuk otot perut antara lain:

mountain climber

1. Melakukan latihan dengan mountain climber selama 20 menit yaitu:

  • Posisi tubuh miring seperti gerakan pus-up.
  • Letakan telapak tangan di lantai.
  • Tekuk kaki kanan ke depan.
  • Luruskan kaki kiri ke depan.
  • Dengan cepat tukar posisi kaki kanan dan kaki kiri ditekuk ke depan sementara kaki kanan lurus ke depan.
          plank

2. Melakukan latihan dengan plank selama 20 menit yaitu:

  • Posisikan tubuh dalam keadaan push-up.
  • Tumpuhkan beban tubuh pada lengan siku.
  • Luruskan kaki ke belakang.
  • Kontraksikan otot perut.
spiderman


3. Melakukan latihan dengan cara spiderman push-up selama 20 menit yaitu:

  • Posisikan tubuh seprti push-up.
  • Tumpukan beban tubuh pada kedua telapak tangan.
  • Lutut kanan di tarik sampai siku tangan kanan.
  • Kembali seperti semula lakukan secara bergantian.

4. Melakukan latihan dengan cara bicylce crunch selama 20 menit yaitu:

  • Berbaring terlentang dengan lurus.
  • Tangan di belakang kepala.
  • Kedua kaki diangkat sedekit ke atas.
  • Kaki kiri dan kaki kanan ditekuk secara bergantian seperti mengayuh sepeda.
  • Angkat sedkit kepala dan bagian tubuh atas.
  • Siku tangan kanan diarahkan ke lutut kiri secara bergantian.
    bicylce crunch

5. Melakukan latihan dengan bicylce maneuver selama 20 menit yaitu:

  • Berbaring dilantai.
  • Letakkan kedua tangan disamping kepala.
  • Tarik lutut 45 derajat.
  • Lakukan gerakan seperti mengayuh sepeda.  

6. Melakukan latihan dengan side jacknife selama 20 menit

  • Berbaring dengan posisi tubuh miring ke kiri
  • Tangan kanan memegang kepala.
  • Letakkan tangan kiri di atas dada.
  • Angkat kaki kakanan ke atas bersama dengan tubuh.
  • Kembali pada posisi awal ulangi secara bergantian.

side jacknife


Pola Makan Agar Mendapatkan Perut Six Pack

Pola makan yang sesuai untuk membentuk otot perut yang sixpack juga sangat penting dan harus diperhatikan, antara lain:

  • Tak mudah mengharapkan perut sixpack terlihat baik, tapi kamu harus memperhatikan pola makan yang mengandung protein dan membatasi asupan kalori. Hal ini untuk membantu kamu tetap kenyang dan meningkatkan massa otot.   
  • Karbohidrat yang kamu makan harus diperhatikan. Perbanyak mengonsumsi sayuran yang mengenyangkan dan diolah tanpa menggunakan terlalu banyak minyak.   
  • Mengonsumsi minuman juga harus diperhatikan, terutama gula yang terkandung di dalam minuman. Kamu harus menjaga jangan sampai terlalu berlebihan. 

Dengan menjaga pola makan dengan baik dan menghindari makanan yang mengandung lemak dan kalori yang berlebihan maka otot perut kamu akan terlihat dengan jelas. Bagi wanita olahraga mengecilkan otot perut sangat disukai terutama bagi wanita yang sudah memiliki anak karena perut wanita yang sudah melahirkan kebanyakan sudah melebar. 


Sepertinya usaha untuk melakukan olahraga kebugaran membentuk abs sixpack tersebut memang membutuhkan waktu yang lama mungkin kurang dari satu bulan atau bahkan lebih tetapi jika kamu membuat itu sebagai suatu kebiasaan maka akan menghasilkan hasil yang memuaskan. Untuk mendapatkan abs sixpack tidak perlu melakukan sit-up yang berlebihan misalnya 100 kali sehari atau dengan jumlah hitungan banyak untuk pemula, hal ini akan mengakibatkan perut kejang dan lakukan dengan secukupnya saja secara rutin. Selamat mencoba!


Terjawab 10 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang