Berapa banyak strain yang diketahui dari flu yang ada?

Dilihat 2,06 rb • Ditanyakan sekitar 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

"Strain" bukanlah suatu deskripsi yang resmi dan baku. Itu digunakan untuk menjelaskan virus influenza yang berbeda secara antigen, tapi itu merupakan suatu batasan yang samar, dan tidak bisa diuji untuk mayoritas virus influenza yang berbeda-beda. Cara yang lebih jelas untuk membedakan virus-virus flu adalah subtipe mereka. Hal ini didefinisikan oleh protein hemaglutinin (HA) dan neuraminidase (NA) pada permukaan mereka, karena keduanya adalah protein yang dominan dalam kekebalan tubuh terhadap flu. Ada 17 subtipe HA yang diketahui dan 10 subtipe NA yang diketahui. Jika mereka berkombinasi secara bebas, maka, bisa ada hingga 170 subtipe yang berbeda-beda. Akan tetapi, mereka tidak berekombinasi secara bebas dengan sempurna. HA nomor 17 dan NA nomor 10 hanya ditemukan (hingga saat ini) pada kelelawar Amerika Selatan, jadi mereka tidak berpartisipasi dalam rekombinasi normal yang cenderung dilakukan flu, dan itu tampaknya bahwa ada preferensi diantara varian lainnya untuk infektabilitas yang efisien.

Masih saja, ada begitu banyak jumlah kombinasi. Inilah sketsa dari kombinasi-kombinasi yang bervariasi yang telah terisolir hanya dari burung air (bukan manusia, bukan babi, bukan kuda atau kelelawar atau ikan paus): Catat bahwa beberapa variasi disini hanyalah dalam bias pengamatan -- ada lebih banyak ketertarikan dalam H5N1 (yang bisa menginfeksi manusia) dibandingkan kebanyakan tipe-tipe lainnya, jadi itu lebih tertata. Jadi ada banyak kombinasi HA dan NA. Ada juga rekombinasi dari 6 segmen gen lainnya, kemungkinan dalam rasio ekivalen yang kita lihat dalam HA dan NA. Jadi jika kita menyertakan variasi-variasi itu sebagai "strain", akan ada banyak jutaan kombinasi berbeda, dan tentunya puluhan ribu diantaranya telah terjadi sepanjang sejarah dan dalam wadah global yang luas dari influensa yang bersirkulasi dalam burung-burung liar. Dan kemudian didalam setiap kombinasi statis yang lengkap dari semua gen -- HA dan NA yang sama dan 6 gen lainnya -- ada banyak (ratusan, ribuan?) varian antigen yang berbeda.

Jadi jawabannya adalah, banyak sekali. Ini hanya mencakup influenza A. Tipe yang B dan C tidak begitu rumit, tapi masih memiliki jumlah varian yang besar.

Terjawab sekitar 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang