Berapa banyak suplemen yang harus saya konsumsi untuk olahraga yang lumanyan berat?

Dilihat 214 • Ditanyakan 8 bulan lalu
1 Jawaban 1

Halo! Untuk menjawab pertanyaanmu, ada beberap aspek yang harus dipertimbangkan. Hal pertama yang harus kamu tanyakan kepada dirimu adalah, apakah kamu benar - benar butuh suplemen? Kalau kamu seseorang yang berolahraga sangat keras dan kamu tiadk bisa memenuhi kebutuhan nutrisi tubuhmu melalui makanan, maka kamu memang membutuhkan suplemen.


Coba kita lihat beberapa jenis suplemen yang umum.

  • Protein. Asupan protein harian yang disarankan untuk setiap orang adalah 1 gr/kg. Tapi kalau kamu benar - benar serius ingin membangun otot dan kamu berolahraga dengan keras di gym, kamu mungkin perlu menambah asupan proteinmu. Biasanya yang dilakukan orang - orang adalah mengkonsumsi 1 gr/500 gr berat tubuh. Sekali lagi, kalau kamu bisa mendapatkan jumlah protein yang cukup melalui makanan, kamu tidak perlu mengkonsumsi suplemen. Kalau kamu tidak bisa, ada beberapa pilihan yang bisa kamu pertimbangkan. Whey, kacang kedelai, putih telur, dan campuran dari seluruh bahan tersebut. Belilah suplemen dari merk yang terpercaya. Kamu bisa mengkonsumsi protein kapan saja, tapi beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi protein yang mudah diserap seperti whey segera setelah berolahraga dapat memicu sintesa protein. Kebanyakan bubuk protein mengandung penguat rasa dan pemanis buata yang keamanannya bagi kesehatan sering dipertanyakan. Beberapa di antaranya seperti acesulfame terbukti dapat menyebabkan kanker pada hewan yang diteliti. Jadi saran saya, belilah whey yang tanpa rasa. Kamu bisa menambahkan buah - buahan atau madu untuk memberikan rasa. Kamu bisa meminumnya dengan minuman favoritmu.
  • Creatine. Meskipun adalah kekhawatiran terkait creatine dapat menyebabkan gagal ginjal dan kerusakan hati, creatine merupakan salah satu suplemen yang paling sering diteliti dan sampai saat ini belum ada efek samping yang serius dari suplemen ini. Creatine meningkatkan ketahanan sehingga memungkinkanmu untuk berolahraga dengan keras. Creatine juga menahan air dalam otot. Ada berbagai bentuk creatine yang tersedia, tapi creatine monohydrate merupakan bentuk yang sudah teruji dan cukup baik. Kamu bisa mengkonsumsi 2 - 5 g sehari. Konsumsilah dengan air atau jus buah. 
  • BCAA dan Glutamin. Terdapat bukti bahwa BCAA dapat menstimulasi asupan protein. Tapi whey yang berkualitas mengandung sekitar 5 gram BCAA untuk setiap porsinya dan ini seharunya cukup untuk kebanyakan orang. Begitu pula dengan glutamine.
  • Suplement sebelum berolahraga. Suplemen ini pada dasarnya merupakan stimulan yang memperbaiki performa olahraga. Kebanyakan dari suplemen jenis ini mengandung kafein dalam jumlah tinggi. Saya belum pernah menggunakannya. Tapi tidak ada bukti yang cukup untuk mendukung bahwa suplemen ini dapat membantu.
  • Pembakar lemak. Yang satu ini juga tidak memiliki bukti ilmiah yang jelas. Terlebih lagi kabarnya suplemein ini mengandung kafein, ekstrak cabe, merica dan teh hijau yang dapat kamu konsumsi dengan mudah.

Ini hanya merupakan gambaran. Masih ada banyak lagi suplemen yang dapat dikonsumsi. Tapi sebelum kamu memilih suplemenmu, ingatlah dua hal berikut :

1. Tidak ada yang bisa menggantikan makanan sehat

2. Jangan langsung percaya dengan klaim nutrisi yang diberikan oleh perusahaan- perusahaan. Dan juga jangan langsung percaya dengan para ahli kebugaran. Kebanyakan dari mereka disponsori oleh perusahaan nutrisi. Jadi kamu haru berhati - hati.

3. Supleman saja tidak cukup untuk membantumu mencapai tujuanmu. Yang bisa membantumu adalah kerja keras.

Terjawab sekitar 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang