Berapa banyak telur per minggu yang cocok dikonsumsi untuk Body Building?

Dilihat 310 • Ditanyakan 8 bulan lalu
1 Jawaban 1



Bentuk tubuh yang ideal dan atletis merupakan suatu hal yang sangat didambakan oleh setiap orang dalam kehidupan. Berbagai cara dan upaya dilakukan untuk mendapatkan bentuk tubuh yang ideal. Bentuk tubuh yang ideal atau atletis akan dapat di peroleh bagi setiap orang apabila orang tersebut mau melakukan latihan beban sesuai dengan program latihan yang tepat. Salah satu cara membesarkan badan yang dapat digunakan untuk membentuk massa otot agar tubuh lebih ideal dan atletis adalah program latihan body building.


Body building adalah bentuk latihan atau cara membesarkan badan yang bertujuan untuk membangun otot menjadi kencang. Body building merupakan program pembentukan tubuh untuk menambah massa otot dan berat badan dengan cara mengatur pola makan, latihan, istirahat hingga suplementasi yang tepat. Program latihan ini harus disusun sesuai dengan dosis latihan yang tepat agar tujuan yang diinginkan oleh seseorang dapat tercapai.


Secara teori, latihan body building harus dilakukan dengan diet sehat dan latihan beban yang berat dan intense, serta menekankan pada compund exercise (jenis latihan yang melibatkan beberapa kelompok sendi dan otot.) Diet disini maksudnya adalah memperhatikan apa yang kita konsumsi, agar dapat membantu masa otot bertambah namun tidak diikuti dengan lemak yang dapat menyebabkan penambahan masa otot menjadi gagal.


Nah jadi bagaimana tips atau cara berlatih body building yang benar agar mencapai hasil yang maksimal? Apakah telur merupakan makanan pembentuk otot yang baik dikonsumsi? Yuk, kita cari tahu jawabannya di bawah ini, bagi anda yang sedang berlatih body building, wajib membaca artikel ini sampai tuntas



Tips Berlatih Body Building

Berikut tips berlatih body building yang harus diperhatikan agar mencapai hasil yang maksimal:

  • Latihan yang tepat dan teratur. Kenalilah berbagai macam gerakan latihan semacam compound movement (gerakan latihan yang mengenai otot utama/otot yang dilatih saat itu sekaligus mengenai otot tubuh lainnya) dan isolation movement (gerakan latihan yang hanya mengenai otot utama saja), dan gunakan 2-3 variasi utama saja sampai 3 bulan pertama. Setelah itu tambah atau ganti variasi selang 3 bulan berikutnya sehingga otot anda akan selalu dikejutkan dengan urutan program latihan yang baru. Tubuh mudah beradaptasi terhadap stress latihan beban, maka tanpa adanya perubahan urutan atau cara latihan Jangan berlatih terlalu lama. 60-75 menit maksimal sudah cukup per sesi.
  • Tentukan target yang masuk akal. Setiap orang ingin mendapatkan hasil secara cepat, namun harus diingat bahwa untuk memperbesar masa otot diperlukan waktu.
  • Jangan latihan berlebihan (overtraining). Otot besar seperti dada, punggung, paha, dan juga secondary muscles seperti bahu dan hamstring perlu recovery minimal 48 jam sebelum anda bisa melatihnya lagi, jadi maksimal hanya boleh dilatih 2 kali seminggu, sedangkan otot kecil seperti biceps dan triceps boleh anda latih 2 hari berturut2 selama anda tidak menggunakan beban maksimum (baik gerakan isolation maupun compound) dan setelah itu harus istirahat. Anda harus memberi otot anda istirahat yang cukup untuk bisa tumbuh dan berkembang menjadi otot baru yang lebih besar.
  • Diperlukan rencana yang matang dan diperlukan komitmen yang kuat untuk melaksanakannya. Diharapkan dalam 1 bulan akan terjadi peningkatan masa tubuh dalam bentuk otot sebanyak 2-3 kg.
  • Berlatihlah lebih banyak menggunakan beban bebas (dumbbell dan barbell) daripada menggunakan mesin.
  • Usahakan tidur yang cukup dalam sehari setidaknya 7-8 jam.
  • Cairan juga harus cukup selama dan sesudah latihan, harus diperhitungkan juga jumlah cairan yang keluar selama latihan dalam bentuk keringat, sehingga tidak terjadi kekurangan cairan/dehidrasi. Bentuk cairan yang diberikan bisa berupa air mineral atau sari buah.
  • Rajinlah membaca atau mencari informasi mengenai cara membesarkan badan atau cara berlatih beban yang benar dan temukan mana yang paling tepat untuk anda.
  • Berlatihlah secara rutin, disiplin dan konsisten.
  • Pilihlah suplemen secara bijaksana. Alangkah baiknya sebelum mengonsumsi suatu suplemen untuk olahraga, sebaiknya ditanyakan dahulu pada ahlinya. Sebaiknya jangan tergoda untuk mengkonsumsi berbagai macam obat-obatan prohormone maupun steroid, kecuali anda berkantong sangat tebal dan siap menanggung segala resiko efek sampingnya.
  • Monitor keberhasilan program anda, karena setiap individu dapat memberikan respon yang berbeda-beda terhadap apa yang sudah direncanakan. Jika hasil tidak sesuai yang diharapkan dapat dilakukan penilaian ulang dan diskusikan dengan ahlinya jika dirasa perlu.  



Telur Sumber Protein

Bagi anda yang ingin meningkatkan massa otot, selain mengikuti program latihan yang teratur, anda juga harus mengkonsumsi makanan pembentuk otot, yang mana makanan tersebut harus mencukupi asupan protein dalam tubuh untuk membangun kembali jaringan otot yang rusak. Salah satunya adalah dengan mengkonsumsi telur sebagai sumber protein hewani selain ikan, daging dan susu.


Kebanyakan orang hanya memakan putih telur saja, dikarenakan tingginya lemak jenuh dan kolesterol di kuning telur, namun para ahli mengatakan sebaiknya jangan buang kuning telur anda. Ini dikarenakan protein dari kuning telur hampir sama dengan putih telur. Sedangkan kandungan vitamin dan mineral dari sebutir telur lebih banyak terdapat di bagian kuningnya.

Jika anda ingin mengurangi jumlah lemak lebih baik kalian mengurangi makanan lain daripada membuang kuning telur. Karena sebutir telur adalah sumber protein terbaik dibanding makanan pembentuk otot lainnya, seperti ikan ataupun daging. Namun perlu diperhatikan juga kandungan lemak dalam bagian kuning, 1 butir telur, lemaknya saja sudah mencukupi 60% AKG. Jadi setidaknya makan 2 butir telur utuh putih dan kuning tidak akan bermasalah, kecuali anda punya penyakit kolesterol tinggi.


Sebagai perbandingan bagian putih dari sebutir telur memiliki 3.6 g protein, 17 kalori, 0.2 gr karbohidrat dan 0.1 gr lemak. Sedangkan kuning telur memiliki 2.7 g protein, 55 kalori dan lemaknya 4.5 gr.  

Pria dewasa membutuhkan asupan protein kurang lebih 56 gr sedangkan wanita hanya 46 gr. Namun bagi yang ingin membentuk otot dapat menghitung kebutuhan protein dengan rumus BB (Berat Badan) x 2, tiap 1 kg berat tubuh butuh 2 gr. Misalkan jika BB 70 maka butuh 140 gr tiap harinya .


Atlet binaraga (contohnya Ade Ray) pada umumnya menghabiskan kurang lebih 25-30 butir telur setiap harinya. Tentu saja anda tidak bisa mengikuti pola tersebut apabila anda seorang pemula, karena semakin besar massa otot seseorang, semakin tinggi jumlah protein yang dibutuhkan oleh tubuhnya. 

Kata kuncinya ialah, telur selayaknya anda masukkan dalam daftar teratas sebagai sumber protein alami untuk meningkatkan massa otot. Sesuaikan dengan kebutuhan dan tujuan anda membentuk otot. Apakah untuk mengurangi lemak dan mendapatkan tubuh atletis, atau anda berniat untuk menjadi atlet binaraga.


Banyak yang mengonsumsi telur dalam keadaan mentah, tapi karena adanya resiko bahaya Salmonellosis para ahli menyarankan untuk memakannya dalam keadaan matang untuk membunuh para bakteri. Sebaiknya direbus atau dikukus, dan hindari gorengan untuk mengurangi jumlah asupan kalori.




Nah, itulah artikel mengenai cara membesarkan badan untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Hal yang harus kita ingat, berlatih body building jangan di orientasikan agar dapat mengikuti kompetisi, kebutuhan fashion dan lain sebagainya, karena jika memiliki motivasi yang seperti itu, maka hasil yang dicapai pun sifatnya hanyalah sementara. Tubuh kita semestinya selalu harus tetap terlihat optimal kapan saja dan dalam kondisi apapun. Salah satu caranya adalah dengan tetap menjalankan “lifestyle bodybuilding”. Selamat berlatih! (Baca: Berapa umur terbaik untuk memulai olahraga Binaraga ?)

Terjawab 7 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang