Berapa beban tubuh yang terangkat saat seseorang melakukan push up?

Dilihat 5,86 rb • Ditanyakan sekitar 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Push up adalah salah satu jenis olahraga yang khusus melatih kekuatan dan ketahanan tubuh dan merupakan salah satu latihan yang paling populer dalam usaha pembentukan otot. Push up itu berbeda dengan bench press, dalam melakukan bench press, anda harus menggunakan alat dan hanya melatih otot dada dan tangan saja.


manfaat push up


Manfaat Push-up

Selain mudah untuk dilakukan, push-up juga memiliki beragam manfaat yang dapat membantu anda mengurangi berat badan, meningkatkan keseimbangan tubuh, membuat jantung lebih sehat, dan masih banyak lagi. Berikut ini adalah beberapa manfaat push up bagi tubuh anda :

  • Menjaga kesehatan otot dan tulang  Anda akan kehilangan setidaknya satu persen kekuatan otot dan tulang. Oleh karena itu Anda perlu melakukan olahraga yang melatih kekuatan seperti push up.
  • Mencegah dan mengatasi sarcopenia. Sarcopenia adalah kondisi dimana massa otot mengalami penurunan dikarenakan adanya penuaan pada otot. Salah satu penyebab terjadinya sarcopenia adalah kurangnya aktivitas yang memicu masa otot semakin menurun.
  • Membentuk otot tubuh bagian atas. Meski hanya terfokus pada tubuh bagian atas, push up juga dapat memperkuat bagian tubuh lainnya. Karena pada saat Anda melakukan gerakan push up yang baik, maka bagian otot dari atas hingga kaki akan ikut aktif.
  • Mengencangkan anggota tubuh lainnya. Dengan melakukan gerakan push up sebanyak 12-15 kali dalam sehari dan ditunjang dengan gerakan lainnya, dapat membantu Anda dalam mengencangkan bagian tangan, otot perut, bokong, dan kaki Anda.

Nah, bagi anda  yang sedang  atau ingin melakukan olah raga push up apakah itu untuk menjaga vitalitas ataupun untuk membentuk otot tubuh, anda wajib membaca artikel ini agar anda mengetahui bagaimana cara push up yang benar sehingga anda memperoleh hasil yang maksimal.


Otot yang Dilatih Saat Melakukan Push up

Push up bermanfaat untuk melatih otot-otot yang ada pada tubuh bagian atas. Apa saja otot-otot tersebut ? Berikut ini beberapa otot yang dilatih saat anda melakukan push up.

Saat posisi tubuh turun rendah, maka  otot pectoralis major yang mendapatkan manfaatnya. Hal ini membantu anda mendapatkan bentuk dada yang lebih baik.

Otot ini terletak di bagian belakang lengan atas. Untuk mendapatkan hasil maksimal dalam membentuk otot triceps, tempatkan tangan dengan jarak yang tidak terlalu lebar saat melakukan push up.

  • Otot Deltoid

Otot deltoin terletak pada bagian bahu  dan merupakan   otot yang lemah dibandingkan otot tubuh manusia. Latihan push-up akan membentuk otot deltoid sehingga membentuk bahu menjadi lebih kuat dan lebar.  Otot deltoid yang kuat juga akan menghindarkan bahu  dari cedera.

  • Otot Serratus Anterior

Otot ini berada pada posisi dinding lateral dada. Ketika Anda melakukan gerakan push up secara rutin, maka otomatis otot ini akan membentuk kekuatan pada lengan.

  • Otot Coracobrachialis

Coracobrachialis sangat dekat posisinya dengan otot biseps, pada lengan bagian atas. Ketika melakukan gerakan push up otot ini akan mendorong lengan atas dan bermanfaat membentuk otot tubuh bagian atas menjadi kuat.

Meskipun banyak melakukan gerakan dengan bagian lengan, bahu dan dada, namun push up juga dapat membantu otot-otot paha depan (quadriceps), otot hamstring (paha belakang) yang terdiri dari tiga otot yang memanjang mulai dari pinggul hingga lutut. Otot paha belakang yang kuat dapat mencegah terjadinya cedera hamstring.


Cara Push Up yang Benar


cara push up yang benar  

Saat melakukan push up, tubuh kita membentuk layaknya suatu pesawat jungkat jungkit sederhana dan kaki yang menumpu sebagai titik tumpu nya. Seperti layaknya pengungkit sederhana, semakin jauh tubuh anda terhadap tumpu , maka semakin besar beban yang harus diangkat. Jika anda bertumpu di telapak kaki, sekitar 80% tubuh anda yang harus diangkat saat melakukan push up. Namun Jika anda bertumpu pada lutut, maka hanya sekitar 60% bagian tubuh anda yang harus diangkat saat melakukan push up. Beban anda hanya 60% - 80%, karena bagian pundak dan lengan anda tidak terhitung dalam beban.  Bagian tubuh itulah yang anda gunakan untuk melakukan gerakan push itu sendiri, maka mereka tidak di nyatakan sebagai berat, keduanya dinamakan gaya.

  • Jika anda meletakkan tangan anda berdekatan satu sama lain , maka anda akan menempatkan pusat beban yang sangat dekat ke dada anda . Ini Mengakibatkan terlatihnya otot dada anda .
  • Tapi jika anda meletakkan tangan anda berjauhan satu sama lain , maka anda akan melatih otot punggung dan lengan anda karena pusat gaya anda terletak di lengan dan punggung anda

Guna mendapatkan hasil yang maksimal,  cara push up yang benar anda perlu anda ketahui. Jangan sampai melakukan kesalahan mengangkat bagian atas tubuh dengan menggunakan otot perut, bokong, atau bagian bawah tubuh sebagai pendorong utama. Gerakan  push up yang benar adalah dengan mengaktifkan kekuatan otot lengan. Selain itu, perhatikan bagian dada anda pada posisi turun, jangan sampai dada anda menyentuh lantai saat melakukan gerakan push up. Tahan setidaknya pada jarak 5 cm. Dan ketika anda berada pada posisi naik, jaga agar bagian atas tubuh atau kepala, punggung tetap lurus sejajar dengan bagian kaki.


Variasi Gerakan Push Up dalam Membentuk Otot Tubuh


variasi gerakan push up

Gerakan push up yang monoton, mengakibatan tubuh anda  hanya terbiasa dengan pola gerakan yang sama  sehingga perkembangan otot menjadi tidak signifikan. Melakukan berbagai variasi gerakan push up  akan mempercepat  terjadinya pembentukan  otot. Dengan melakukan gerakan push up yang benar akan diperoleh hasil  yang maksimal.  Variasi gerakan push up membuat kemampuan  anda  dalam melakukan push up akan semakin meningkat dan akan mempengaruhi perubahan kekuatan fisik anda secara signifikan.

  • Wide grip push up

Push up ini lebih menargetkan pada otot dada. Caranya adalah mulai dari posisi push up biasa, lalu geser telapak tangan ke arah samping hingga lebih lebar dari bahu. Posisi ini membuat beban terpusat pada dada dan bahu, sehingga sangat efektif dalam membentuk otot dada.

  • Triangle push up

Push up ini menargetkan pada otot tricep. Caranya adalah mulai dari posisi push up normal lalu dekatkan kedua telapak tangan hingga membentuk segitiga, lebar kan kaki untuk menjaga keseimbangan. Beban tubuh pada posisi ini akan terpusat pada tangan (otot tricep) dan bahu.

  • Single leg raised push up.

Push up ini menargetkan pada seluruh tubuh bagian atas dan otot inti (otot sekitar perut). Caranya adalah dari posisi push up normal, angkat 1 kaki dan lakukan push up dengan 1 kaki tetap dalam kondisi terangkat. Karena push up ini hanya menggunakan 1 kaki sebagai penyeimbang, maka beban tubuh akan terfokus pada area bagian atas.

  • Clap Push up.

Push up ini menargetkan pada otot dada dan lengan. Caranya adalah mulai dari posisi push up biasa, ketika pada posisi push lakukan up dengan tekanan kuat ke lantai sehingga tangan anda terlepas dari lantai lakukan tepuk tangan sekali lalu mendarat ke posisi semula. Hati-hati ketika telapak tangan anda mendarat dilantai karena jika salah mendarat bisa mengakibatkan tangan anda terkilir.

  • Spiderman Push up

Push up ini menargetkan pada dada dan otot perut samping. Caranya dengan memulai dari posisi push up biasa lalu ketika melakukan push tekuk salah satu kaki kesamping sehingga lutut sejajar dengan pantat. Push up ini memberikan latihan untuk perut bagian samping.

  • Knee to chest push up (Lutut ke dada)

Push up ini menargetkan pada perut dan dada. Push up ini dimulai dengan posisi push up biasa lalu ketika push lutut di tekuk hingga ke mendekati dada. Pus h up ini memberikan tekanan pada otot perut bagian tengah.

  • Reverse Palm Push up.

Push up ini menargetkan otot bahu dan bicep. Push up ini dimulai dengan posisi puh up biasa lalu telapak tangan diputar hingga jari tangan kita menghadap ke belakang. Jika belum terlalu kuat jangan lakukan push up ini karena gerakan ini membutuhkan otot lengan yang kuat.

  • Finger Push up.

Push up ini menargetkan pada otot lengan. Mulailah push up ini dengan posisi push up biasa lalu pusatkan tumpuan pada jari-jari tangan. Push up ini mebutuhkan otot lengan dan jari yang kuat. Gerakan ini dapat memperkuat jari dan lengan kita sehingga dapat mencengkram dengan kuat.

  • Knuckle Push up

Push up menargetkan pada pergelangan tangan sehingga menjadi favorit para ahli bela diri. Push up ini dilakukan dengan mengepalkan kedua tangan lalu menggunakan ujung kepalan tangan utuk melakukan push up seperti biasa, gerakan ini dapat menguatkan pukulan.

Push up ini menargetkan otot lengan. Caranya ialah mulai dengan posisi push up normal lalu renggang kan kaki agar seimbang. Miringkan badan ke arah salah satu tangan sehingga tangan tersebut berada ditengah. Angkat tangan satunya letakkan dibelakang punggung, lalu lakukan push up. Variasi gerakan push up ini lebih baik dilakukan setelah anda benar-benar mampu melakukannya karena butuh keseimbangan dan kekuatan lengan.


keuntungan rajin push up


Jika anda ingin mendapatkan tubuh yang sehat, bugar, dan bentuk tubuh dengan berat badan yang ideal, segeralah  memulai gaya hidup sehat dengan rajin berolahraga, menjaga pola makan dan beristirahat secara tertatur. Buang jauh-jauh rasa malas dan beragam alasan, dan mulailah berpikir tentang manfaat yang akan diperolah. Dengan melakukan satu gerakan push up, anda  sudah memperkuat banyak otot tubuh sehingga tubuh menjadi lebih kuat. Untuk mendapatkan  manfaat yang maksimal dari olah raga push up pelajari cara push up yang benar. Lakukan gerakan push up yang benar secara teratur dengan target khusus dan lihatlah perubahan dalam diri dan tubuh anda. Semoga artiel ini bermanfaat.


Terjawab sekitar 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang