Berapa berat dumbbel yang idea untuk mulai meyingkirkan timbunan lemak di lengan?

Dilihat 355 • Ditanyakan 9 bulan lalu
1 Jawaban 1

Memiliki tubuh yang indah, seksi dan ramping adalah idaman semua wanita. Bentuk tubuh yang proporsional, paras ayu nan rupawan ditambah balutan indah gaun yang mewah menjadi daya tarik tersendiri setiap mata yang memandangnya. Namun kenyataannya masalah timbunan lemak selalu menjadi penghalang sebagian wanita untuk tampil seksi dan percaya diri. Segala hal dilakukan untuk memiliki bentuk tubuh jenjang dan berat badan yang proporsional. Mulai dari olahraga ringan, terapi ramuan herbal bahkan yang paling ekstrim adalah operasi plastik dan obat-obatan.

 

Tidak semua orang bermasalah dengan berat badannya, hanya saja seringkali kita temui pada diri kita adanya timbunan lemak yang menggantung di bagian lengan. Jika dilihat sekilas mungkin tidak menjadi masalah sebuah penampilan, tapi jika diperhatikan dengan seksama maka timbunan lemak yang menggantung itu akan sangat mengganggu penampilan. Oleh karenanya banyak wanita yang mencari referensi tentang cara mengecilkan lengan yang efektif dari berbagai macam sumber.




Lengan tangan yang besar dan bergelambir merupakan problem yang sering dirasakan oleh wanita zaman sekarang. Adanya timbunan lemak di area lengan membuat penampilan wanita menjadi lebar dan kurang menarik jika dipandang. Lengan yang besar dan bergelambir biasanya terbentuk karena timbunan lemak di bagian lengan yang tidak bisa diurai oleh panas tubuh menjadi keringat. Lengan yang besar dan bergelambir ini biasanya terjadi di area lengan bagian atas dan lengan bagian bawah. Hal tersebut seringkali mengganggu penampilan wanita sehingga membuat kepercayaan diri menurun karenanya.


Masalah lengan yang besar dan bergelambir bisa disebabkan oleh berbagai hal, namun yang paling utama adalah obesitas atau berlebihnya berat badan. Berat yang berlebih menjadikan lemak akan tersimpan pada tubuh dan menumpuk di area-area tertentu, salah satunya adalah area lengan tangan. Selain itu masalah lengan yang bergelambir ini bisa diakibatkan oleh kurangnya olahraga. Tidak adanya aktifitas fisik yang berat mengakibatkan otot lengan menjadi mengendur dan timbunan lemak tidak bisa diurai menjadi sumber kalori.


Menimbang dari berbagaimacam sumber yang tersedia di internet, salah satu cara mengecilkan lengan yang paling efektif adalah dengan menggunakan barble. Barble merupakan alat olah raga lengan dengan beban yang tergolong ringan. Olahraga menggunakan barble bertujuan untuk mengencangkan otot lengan dan juga mengurangi timbunan lemak yang ada di area lengan.



Olahraga menggunakan barble ini tergolong sangat praktis, alat yang digunakan tergolong kecil dan tidak membutuhkan tempat yang luas untuk mengerjakannya. Dalam olahraga barble sendiri terdapat berbagai macam tehnik gerakan yang sifatnya mengencangkan, menguatkan dan memperbesar otot lengan. Jika dilihat dari sudut pandang tehnis gerakan, barble sendiri merupakan olahraga mengecilkan lengan yang paling efektif dan efisien untuk dilakukan sehari-hari.


Olahraga menggunakan barble bisa dilakukan oleh semua orang dan oleh semua kalangan usia. Akan tetapi yang harus kita perhatikan adalah berat barble yang kita gunakan harus sesuai dengan porsi kebutuhan latihan kita. Karena jika berat barblenya terlalu ringan maka akan butuh waktu lama untuk memperoleh hasil yang optimal. Sebaliknya pula, jika barble terlalu berat maka otot lengan kita akan membesar seperti para atlet binaragawan. Maka dari itu disini akan diulas mengenai berapa berat barble yang ideal untuk mengecilkan lengan sekaligus gerakannya.


Berat Barble Yang Ideal Untuk Mengecilkan Lengan Beserta Gerakannya


Jika kita mencari cara yang aman untuk menghilangkan timbunan lemak di area lengan, maka jawabannya adalah dengan berolahraga. Selain bermanfaat untuk kesehatan, olahraga juga bermanfaat untuk menambah masa otot dan juga kekuatan lengan pelakunya. Agar memperoleh hasil yang optimal, kita diuanjurkan untuk rutin melakukan olahraga menggunakan barble.


Olahraga mengecilkan lengan dengan menggunakan barble sebenarnya tidak susah. Alat yang digunakan berbentuk sederhana dan tidak membutuhkan tempat yang luas untuk melakukannya. Hal yang harus diperhatikan adalah kesungguhan untuk rutin melakukannya. Karena sebuah hasil yang optimal tidak akan diperoleh jika kita hanya melakukannya dengan sembarangan. Olehkarenanya dibutuhkan ketelatenan dalam melakukan olahraga barble ini.


Melakukan olahraga menggunakan barble sebagai cara mengecilkan lengan membutuhkan beberapa perhatian. Adapun hal yang harus diperhatikan adalah sebagai berikut :


  • Berat barble yang digunakan

Berat dari barble itu sendiri sangat berfariatif, mulai dari yang setengah kilogram sampai puluhan kilogram. Berat sebuah barble bisa disesuaikan dengan tujuan si penggunanya. Jika kita menginginkan otot lengan yang kuat dan besar, maka kita bisa mulai berlatih dengan barble yang beratnya 1, 3, 5 sampai 10 kilogram. Dan seterusnya bisa ditingkatkan sesuai dengan kapasitas beban yang mampu diangkat secara optimal oleh lengan.


Namun jika kita hanya ingin memperkecil ukuran lengan, maka dianjurkan untuk menggunakan barble yang tidak terlalu berat. Jika dilihat dari proses pembakaran kalori dalam tubuh, berat ideal barble yang digunakan cukup berkisar antara 1 sampai 3 kilogram saja. Hal itu dikarenakan oleh kebutuhan badan yang tujuannya hanya membakar lemak di area lengan saja, bukan untuk meningkatkan masa otot dan menambah kekuatan lengan.


  • Gerakan badan saat latihan

Menggunakan barble saat olahraga tidak boleh dilakukan dengan sembarangan. Gerakan yang mengandung hentakan bisa mengakibatkan lengan mengalami cidera jika tidak dilakukan dengan benar. Maka dari itu disini kami jelaskan pula mengenai beberapa gerakan olahraga menggunakan barble yang dianjurkan.


Gerakan 1 : Standing V Raise




  • Kaki dibuka selebar bahu.
  • Pegang barble dan letakkan di kedua sisi tubuh.
  • Perlahan angkat barble, lengan membentuk huruf V di depan dada.
  • Pastikan perut dalam posisi dikunci, dan dada membusung.
  • Posisi kepala lurus menghadap ke depan.
  • Tarik nafas saat barble diangkat, hembuskan saat kembali ke posisi semula.
  • Lakukan 15 kali repetisi dalam 4 set.

Gerakan 2 : Shoulder Press




  • Kaki dibuka selebar bahu.
  • Pegang barble dan angkat sejajar dengan bahu (lihat gambar 1).
  • Perlahan angkat barble ke atas, tangan dalam keadaan lurus.
  • Pastikan perut dalam posisi dikunci, dan dada membusung.
  • Posisi kepala lurus menghadap ke depan.
  • Tarik nafas saat barble diangkat, hembuskan saat kembali ke posisi semula.
  • Lakukan 15 kali repetisi dalam 4 set.

Gerakan 3: Rotating Triceps Kickback




  • Kaki dibuka selebar bahu.
  • Bungkukkan tubuh, pegang barble tarik ke atas sejajar pinggang.
  • Tangan dalam keadaan ditekuk.
  • Tarik tangan ke belakang hingga lurus.
  • Posisi kepala lurus menghadap ke depan.
  • Tarik nafas saat barble diangkat, hembuskan saat kembali ke posisi semula.
  • Lakukan 15 kali repetisi dalam 4 set.
  • Lakukan bergantian tangan kanan dan kiri.

Demikian informasi mengenai berat barble sekaligus gerakan yang dianjurkan untuk mengecilkan lengan yang bergelambir. Rutin melakukan empat gerakan di atas akan membuat lengan jadi kencang dan kecil. Cukup melakukan latihan sebanyak 3 - 4 hari dalam seminggu, kita bisa lebih percaya diri dengan penampilan tubuh yang kita miliki. Selamat mencoba...!!!


Terjawab 9 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang