Berapa biaya untuk membuat Aplikasi Android?

Dilihat 7,19 rb • Ditanyakan lebih dari 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Semakin berkembangnya teknologi sekarang ini, para pengusaha IT berbondong-bondong memberikan segala terobosan baru yang dapat dinikmati para pengguna gadget sekarang ini. Seperti misalnya handphone sekarang ini, berbeda fungsinya dengan handphone yang dulu dipergunakan hanya untuk mengirim pesan dan menelpon. Handphone yang sekarang ini didukung dengan berbagai macam jenis aplikasi yang menarik, sehingga menambah daya tarik dari alat komunikasi satu ini.


Kita ambil satu contoh dari salah satu sistem operasi handphone terbesar saat ini, yaitu android. Sebagai salah satu sistem operasi handphone terbesar, tentu saja android didukung dengan berbagai macam aplikasi dari game, kamera, sosial media, dan lain sebagainya. 


Anda pun dapat membantu mengembangkan aplikasi android jika anda ingin. Ada beberapa aplikasi yang disediakan untuk anda yang ingin membuat aplikasi. Bagi anda yang tidak tahu cara membuat aplikasi pun tidak perlu khawatir, ada banyak tutorial cara membuat aplikasi android untuk pemula yang dapat anda temukan di google.


galena sistem operasi android


Bikin aplikasi android memang terdengar begitu menjanjikkan, karena jika aplikasi yang anda kembangkan sukses, hasil yang anda dapat dari pembuatan aplikasi tersebut bisa dikatakan tidak sedikit pula. Namun ada beberapa yang anda perlu ketahui sebelum anda berniat bikin aplikasi untuk sistem operasi android. Penjelasan di bawah ini akan memberikan penerangan kepada anda seluk beluk tentang membuat aplikasi khususnya untuk sistem operasi android serta biaya yang dibutuhkan untuk membuat aplikasi yang ternyata tidaklah sedikit. 



Tentang Pembuatan Aplikasi Android


Android merupakan salah satu sistem operasi untuk telpon pintar atau smartphone (sebutan untuk handphone masa kini) yang sedang berkembang dengan sangat pesat. Banyak sekali merk handphone yang menggunakan sistem operasi android pada perangkat handphone mereka. Perkembangan sistem operasi android sekarang ini juga tak bisa lepas dari aplikasi yang menunjang kemajuan android sekarang ini. Mobile app atau yang lebih sering familiar kita sebut dengan aplikasi handphone sekarang ini sedang mengalami perkembangan yang sangat pesat dikarenakan memberikan kemudahan untuk kita dalam berbagai macam hal.


galena bisnis aplikasi


Bisnis pengembangan mobile app bisa dibilang merupakan salah satubisnis yang menjanjikan di bidang teknologi untuk saat ini. Melihat bagaimana berkembang dan banyaknya pengguna handphone berbasis android, dan tentu saja hal ini merupakan potensi besar bagi para pengusaha pengembang mobile app. Banyak sekali terbuka perusahaan pengembang aplikasi android yang menyediakan tempat untuk anda yang berminat untuk mengembangkan ide dan pikiran anda untuk menciptakan aplikasi untuk sistem operasi android. 


Bisnis ini memang begitu menjanjikan dan menghasilkan, tapi tahukah anda jika butuh banyak uang yang dikeluarkan untuk bikin aplikasi android?


Dalam bidang pengembangan IT, bisnis pembuatan aplikasi memang pekerjaan yang sungguh menjanjikan, namun bagi perusahaan tersebut, biaya yang harus mereka keluarkan untuk pembuatan sebuah aplikasi bisa dibilang tidak sedikit. 


Seperti salah satu perusahaan pengembang aplikasi besar seperti Hyperlink Infosystem, mereka mengeluarkan biaya sekitar Rp 80.000.000,00 - Rp 100.000.000,00 untuk pembuatan aplikasi. Perusahaan ini juga memiliki beberapa klien besar seperti Google, Cartoon Network, dan Disney. Ada pula perusahaan pengembangan aplikasi lainnya, yaitu Exygy dan Infosys kisaran biaya yang mereka keluarkan untuk membuat aplikasi sekitar Rp 200.000.000,00 - Rp 500.000.000,00.


Bekerja dalam sebuah perusahaan pengembangan aplikasi bisa dibilang merupakan pekerjaan yang menyenangkan dan bisa juga menjadi tantangan tersendiri untuk kita. Prediksi biaya untuk sebuah proyek, batas waktu, serta kualitas pelaksanaan merupakan hal yang paling utama ketika memilih konsturktor. 


Jika kualitas dari pekerjaan bisa dipertimbangkan dari portofolio, review dari klien dan status studio di industri, maka untuk mendapatkan jawaban yang pasti tentang jangka waktu pengembangan dan biaya yang pasti dalam tahap ini merupakan sesuatu yang cukup sulit. Hal ini dikarenakan pengembangan mobile app merupakan sebuah komponen kesatuan yang saling berkaitan, di mana setiap tahap dapat dipengaruhi oleh faktor yang tak menentu.


Untuk membuat sebuah aplikasi membutuhkan proses dan diskusi antara klien dan konstruktor. Diskusi ini merupakan suatu hal yang penting agar kedua belah pihak bisa saling mengerti seperti apa rancangan aplikasi yang diinginkan oleh klien. Memperkirakan kerangka waktu pembuatan aplikasi secara spesifik merupakan suatu hal yang mustahil jika tidak mengerti bagaimana struktur dan desain untuk aplikasi tersebut kedepannya. 


Apalagi untuk desain aplikasi, yang dibentuk berdasarkan diskusi langsung tanpa perantara antara klien dan konstruktor, serta dalam hal ini tidak bisa dikembangkan tanpa keahlian yang spesifik. Tahap selanjutnya adalah pengembangan desain dan spesifikasi teknis tentang aplikasi tersebut, estimasi lama proyek pengerjaan aplikasi ini berlangsung, setelah memulai tahap coding, kontraktor dapat menentukan biaya aplikasi dan kemungkinan lain yang dapat terjadi pada aplikasi tersebut.


Sebenarnya agak sulit untuk menjawab pertanyaan tentang harga pembuatan aplikasi. Banyak sekali yang menjadi pertimbangan dalam menentukan berapa biaya untuk pembuatan aplikasi tersebut. Seperti yang sudah dijelaskan hal tersebut tergantung dengan desain aplikasi seperti apa yang diinginkan oleh klien kita, serta tingkat kerumitan aplikasi tersebut, fitur seperti apa yang akan dimunculkan dalam aplikasi tersebut, dan lain sebagainya. 


Untuk sebuah basic app, biasanya biaya yang dikeluarkan tidak begitu banyak (sekitar Rp 30.000.000,00). Karena untuk basic app merupakan jenis aplikasi yang simpel, anda bisa mengambil contoh aplikasi email yang biasa digunakan untuk handphone sekarang ini. Pemogramannya pun hanya menggunakan pemograman standar API (Application Programming Interfaces) yang digunakan untuk semua jenis sistem operasi. 


Ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi harga dari sebuah aplikasi, yaitu:


  1. Platform aplikasi tersebut
  2. Jenis user interface
  3. Pendaftaran integrasi dengan media sosial
  4. Konten yang dihasilkan oleh pengguna
  5. Penanggalan dan pelacak lokasi
  6. Integrasi external API
  7. Keamananan
    - Keamanan berbasis SSL
    - Proteksi DOS
    - Dua faktor otentikasi
  8. Review dan analisis dari admin


galena membuat aplikasi android



Dalam hal mengembangkan aplikasi, android memang diketahui mengeluarkan biaya yang lebih banyak. Sebuah statistik mengatakan bahwa normalnya, 50% proyek android terdiri berisi kode perintah. 40% sisanya difokuskan untuk pengembangan aplikasi. Selain itu, untuk pengembangan sebuah aplikasi android membutuhkan waktu yang lebih lama. Hal ini dikarenakan banyak sekali serangkaian uji coba yang harus dilakukan agar aplikasi bisa dijalankan dengan baik. 


Proses coding untuk aplikasi android dilakukan dengan java, yang mencangkup kata perintah. Lebih banyak menggunakan coding berarti lebih banyak hal yang harus dikerjakan dan memiliki potensi kegagalan yang lebih besar pula. Selain itu, emulators android terkenal bekerja lebih lama daripada iOS, dan hal ini dapat mengganggu proses pengerjaan aplikasi.


Untuk anda yang ingin menyalurkan ide dan bakat anda dalam hal membuat aplikasi, bergabung ke dalam sebuah perusahaan bisnis pengembangan aplikasi akan lebih menguntungkan bagi anda. Namun harus diperhatikan bahwa anda harus memiliki kemampuan di bidang ini tentunya. Bagi anda yang ingin mencoba membuat aplikasi tanpa memiliki keahlian khusus anda tidak perlu khawatir. 


Ada banyak cara membuat aplikasi android untuk pemula yang dapat membantu anda mengenal bagaimana cara membuat aplikasi android. Atau bisa juga dengan menggunakan web yang memberikan gambaran untuk anda bagaimana cara membuat aplikasi secara sederhana. Jika anda tertarik, tidak ada salahnya mencoba. Selamat mencoba dan semoga ini berguna untuk anda semua! 

Terjawab lebih dari 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang