Apakah perlu menggunakan arsitek untuk mendesain rumah sederhana minimalis?

Dilihat 2,48 rb • Ditanyakan lebih dari 2 tahun lalu
1 Jawaban 1



Saya percaya memiliki rumah yang nyaman, aman, indah adalah dambaan hampir sebagian besar orang. Tidak perlu besar dan luas, namun jika rumah yang ditempati dapat memberikan rasa nyaman, maka niscaya setiap orang akan betah berada di dalamnya. 


Di tengah lahan yang semakin menyempit, khususnya di daerah perkotaan, maka memiliki rumah sederhana namun nyaman menjadi faktor yang paling utama untuk dipertimbangkan. Namun perlu Anda ketahui, bahwa sebuah rumah meskipun sederhana namun tetap dapat terlihat lebih megah dan mewah. Karena apa? Hal ini bukan karena memperluas lahan, namun melalui desain rumah yang tepat, desain yang dapat memberikan sentuhan elegan


Sebut saja desain rumah minimalis, yakni gaya rumah yang mencerminkan lifestyle atau gaya hidup saat ini, -praktis dan modern-. Arsitek rumah minimalis semakin banyak diirik, karena dapat menyiasati lahan yang sempit dengan cara mengoptimalkan seluruh fungsi yang ada sehingga hunian akan terlihat lebih mewah, simple dan praktis. 


Dengan desain model rumah sederhana tapi mewah, hunian akan nampak lebih elegan. Tentu saja hal ini bisa terwujud jika rumah di desain dengan model yang tepat dan diberi sentuhan yang berbeda. Hal ini bisa diaplikasikan dengan memberikan teknik pewarnaan yang sesuai, penempatan perabot/furmitur yang tepat serta penggunaan ornamen-ornamen tambahan lain namun tidak berlebihan sebagai pelengkap desain rumah Anda. 


Tentunya Anda dapat mencari inspirasi untuk menyulap rumah sederhana Anda menjadi lebih elegan dari berbagai macam sumber atau tanyakan kepada arsitek yang Anda percayakan. Anda juga dapat belajar untuk menggambar sketsa atau desain rumah sederhana sendiri melalui buku-buku, majalah atau internet.


Namun, apakah sebenarnya kita benar-benar membutuhkan arsitek dalam mendesain rumah? Bukankan biayanya mahal? Nah, untuk Anda yang sedang galau mempertimbangkan memakai seorang arsitek atau tidak, kiranya wajib membaca artikel ini sampai tuntas ya ;). Yuk, kita simak bersama…





Keuntungan Menggunakan Arsitek





Seperti yang telah disinggung diatas, desain model rumah sederhana tapi mewah, memang paling laris dicari. Rumah minimalis nan modern menjadi pilihan utama ketika luas lahan semakin terbatas. Kesan modern dan mewah akan didapat jika sang pemilik rumah pintar mengadopsi berbagai ide dan mengkombinasikan dengan elemen yang ada. 


Namun di balik semua itu, terkadang untuk bisa mewujudkan rumah yang nyaman nan elegan tidak terlepas dari campur tangan seorang arsitek. 


Dalam membangun sebuah rumah, banyak orang menggunakan jasa arsitek untuk mewujudkan rencana yang diidamkan. Namun pastilah yang pertama kali terlintas dalam benak adalah: 


  • Berapa biaya yang harus dihabiskan untuk membayar jasa arsitek tersebut?
  • Apakah biaya yang dikeluarkan untuk memakai jasa arsitek akan sepadan dengan hasilnya nanti? 
  • Kita hanya ingin membangun rumah sederhana loh, apakah dibutuhkan arsitek? 


Pertanyaan ini akan sering berkutat di dalam pikiran Anda, namun tidak salah dan sangatlah lumah jika banyak yang berfikir demikian, karena memang tidak bisa dipungkiri bagi sebagian orang membayar jasa seorang arsitek relatif cukup mahal. 


Namun, perlu Anda ketahui seorang arsitek yang baik justru akan memberikan pandangan dan mencari solusi yang tepat, baik dari segi desain, komposisi ruang dan juga biaya/budget yang tersedia agar dapat merealisasikan rumah yang diinginkan sesuai dengan kemampuan yang Anda miliki. 


Saya akan memberikan gambaran mengenai manfaat atau keuntungan yang mungkin dapat Anda peroleh ketika menyewa jasa seorang arsitek, yaitu:



  • Menyerahkan Tugas pada Ahlinya 

Dengan menyerahkan tugas untuk mendesain rumah kepada arsitek, berarti Anda sedang menyerahkan tugas tersebut kepada ahlinya. Seorang arsitek tentunya telah di bekali dengan pendidikan dan pengetahuan, mereka harus bisa menjelaskan dengan detail desain yang di buatnya, latar belakang pembuatan desain, bagaimana mewujudkannya, resiko atau konsekuensi yang mungkin timbul dari desain yang dibuat dan alasan maupun pertimbangan lainnya. Tentu saja, seorang arsitek juga mengetahui dan paham benar berapa biaya yang akan dikeluarkan untuk mewujudkan desain yang sedang dikerjakan.


  • Memberikan pandangan dan jalan keluar 

Jika Anda memiliki rumah dengan lahan yang sempit, maka hal itu merupakan masalah utama yang besar. Mencari ide dan contoh rumah minimalis menjadi solusi terbaik yang dapat Anda tempuh jika memiliki keterbatasan ruang. Dengan memakai jasa seorang arsitek rumah minimalis, mereka akan mencari solusi terbaik, memberikan pandangan dan sekaligus memaksimalkan fungsi ruang dalam desain rumah minimalis dengan seefektif mungkin. Arsitek akan memanfaatkan setiap inci dalam rumah Anda untuk digunakan sebagai ruangan penting dan bukan dibuang percuma.



  • Memakai skala dan detail 

Sebelum rumah mulai dibangun, seorang arsitek rumah minimalis akan merencanakan dengan sangat detail dan penuh dengan perhitungan angka riil. Seorang arsitek akan memberikan gambaran yang sejelas-jelasnya tentang desain dan biaya yang akan dikeluarkan nanti. 


Keberadaan angka-angka ini menjadi tolok ukur ketelitian dari arsitek yang Anda pakai. Sebisa mungkin seorang arsitek yang baik akan menghindari pekerjaan yang justru dapat menimbulkan pemborosan atau bongkar pasang akibat dari perencanaan yang kurang matang. Anda dapat melihat hasil akhir dari desain yang arsitek buat dengan menggunakan bantuan sketsa desain atau dengan bantuan animasi komputer. Hal ini tentunya akan sangat membantu Anda untuk turut serta membaca gambaran rencana dan mengevaluasi jika ada yang tidak sesuai dengan keinginan Anda.



  • Perencanaan Alokasi Biaya 

Seorang arsitek memiliki kemampuan untuk menggubah komposisi bangunan agar terlihat lebih indah sesuai dengan keinginan Anda. Seorang arsitek harus memperhatikan estetika dan keindahan desain rumah, struktur konstruksi yang terencana dan peletakan ruang-ruang secara tepat dan fungsional. 

Jika biaya bukan merupakan masalah utama dan tidak ada batasan mengenai itu, maka biasanya akan lebih mudah bagi seorang arsitek untuk berkreasi dengan desain yang dibuatnya. 


Akan tetapi masalah akan sedikit lebih sulit jika seorang arsitek berangkat dari budget atau dana yang terbatas. Ketika hal ini terjadi, maka seorang arsitek yang baik harus dapat memberikan solusi yang tepat agar tetap dapat mewujudkan desain yang diinginkan, walaupun dengan konsekuensi tertentu. 

Arsitek yang baik akan memperhatikan kebutuhan ruang yang kita inginkan, budget yang kita miliki, mampu menerima aspirasi kita dan berusaha untuk memberikan desain terbaik yang dapat diusahakannya.



-

Namun sekali lagi memang tidak dapat dipungkiri, masalah biaya adalah masalah yang kerap menjadi hambatan utama ketika seseorang ingin menggunakan jasa arsitek. Apalagi jika rumah yang dibangun merupakan hunian sederhana yang tidak terlalu rumit. 


Jika Anda memang tidak memiliki alokasi dana lebih dan budget sangat terbatas, sah-sah saja jika Anda mencoba berkreasi dengan mendesain rumah sendiri. Anda dapat membuat sketsa sederhana di secarik kertas. Hal tersebut justru sangat baik dan merangsang ide kreatifitas dari dalam diri Anda sendiri. Anda dapat mengumpulkan banyak referensi dari tabloid, majalah, koran, internet atau bahkan Anda dapat berkeliling lalu mengambil/memotret desain rumah yang Anda anggap bagus.


Jadi, apakah perlu memakai jasa arsitek untuk membangun rumah? 


Nah,khusus untuk pertanyaan ini, jawabannya dikembalikan kepada diri Anda masing-masing. Anda yang mengetahui benar kondisi tempat tinggal yang ingin Anda bangun ataupun kondisi biaya/budget yang Anda miliki. Yang paling mengerti keinginan Anda adalah diri Anda sendiri. 


Jika menggunakan arsitek, maka arsitek tersebut hanya membantu menterjemahkan keinginan Anda melalui karya nyata yang berwujud dan berkualitas. Namun, jika anda merasa bahwa anda mampu untuk mendesain sendiri tanpa bantuan arsitek, bahkan dapat menghemat banyak biaya, ya sah-sah saja. Semua pilihan Ada di tangan Anda. 


Satu hal yang pasti, baik dengan atau tanpa menggunakan arsitek, buatlah perencanaan -termasuk biaya- yang matang sebelum Anda membangun dan mendesain rumah. Selamat mencoba!


Terjawab lebih dari 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang