Berapa gaji fresh graduate bagian IT di Indonesia?

Dilihat 315 • Ditanyakan 8 bulan lalu
1 Jawaban 1

Saya sering bekerja sama dengan bagian HR dan bagian teknisi untuk melakukan perekrutan bagian IT, baik untuk staff teknis, programmer, administrator sistem atau analis. Saya juga melakukan perbandingan untuk gaji fresh graduate dengan perusahaan - perusahaan lainnya, baik perusahaan lokal atau multinasional.


Waktu saya bekerja di Yahoo, saya juga mewawancara pada kandidat, membaca CV mereka serta gaji yang mereka harapkan dan mempelajari yang mana yang diterima dan yang mana yang ditolak berdasarkan permintaan gaji dan pengalaman mereka. Hasilnya cukup mencegangkan. Ada jarak yang cukup besar antar perusahaan - perusahaan tersebut dan saya akan menjelaskannya di sini.


Perusahaan lokal yang tidak terkenal. 

Rentang gajinya mulai dari Rp. 800,000 - Rp. 2,000,000. Mungkin sulit untuk mempercayainya, tapi begitulah kenyataannya. Salah satu teman saya bekerja sebagai programmer di salah satu perusahaan di luar Jakarta (saya tidak bisa memberitahu lokasinya tepatnya, tapi ada di daerah Jawa Tengah) dengan gaji Rp.850,000 (angka ini bahkan di bawah UMP/UMR). Sedangkan gaji sebesar 2 juta di Jakarta merupakan gaji tertinggi yang bisa didapatkan untuk seseorang yang sama sekali belum berpengalaman. Angka ini memang cukup rendah.


Perusahaan lokal yang terkenal (milik sendiri)

Kamu bisa mengharapkan gaji yang lebih tinggi di sini, tapi tidak terlalu tinggi. Rentang gajinya adalah sekitar Rp.2,000,000 - Rp. 3,000,000 untuk fresh graduate.


Perusahaan lokal yang terkenal (perseroan terbatas)
Yang ini jauh lebih baik dari sebelumnya. Rentang gaiji pada perusahaan ini adalah sekitar Rp. 3,000,000 - Rp. 5,000,000.

Perusahaan Multinasional

Saya tidak bisa memberitahu berapa gaji yang kami terima di Yahoo. Saya hanya bisa mengatakan bahwa desas - desus yang kamu dengar mengenai gaji yang tinggi dan banyaknya keuntungan dari bekerja pada perusahaan - perusahaan seperti Yahoo, Facebook, atau Google memang benar. Satu hal yang saya tahu tentang perusahaan - perusahaan ini adalah, mereka jarang merekrut orang yang tidak berpengalaman sama sekali. Biasanya posisi yang dibuka memiliki persyaratan minimal 2 tahun. Semakin banyak pengalaman yang kamu miliki, semakin tinggi gaji yang bisa kamu dapatkan. Meski begitu, mereka mungkin akan mengabaikan status fresh graduate mu kalau kamu bisa menunjukkan kemampuan yang sangat baik. 


Apa yang saya jabarkan di sini mungkin bisa agak berbeda dari yang terjadi. Variasinya dapat lebih besar lagi kalau kita mempertimbangkan faktor jenis perusahaan (misalnya perusahaan minyak, teknologi, media, dll), pendapatan perusahaan, kesehatan keuangan perusahaan, lokasi perusahaan, dsb. Tapi paling tidak ini bisa memberikan gambaran mengenai pertanyaan kamu.

Terjawab 8 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang