Berapa harga yang didapatkan dealer mobil dari pelelangan? Apakah saya bisa bertanya soal hal ini ketika melakukan penawaran?

Dilihat 1,66 rb • Ditanyakan hampir 2 tahun lalu
1 Jawaban 1


Kebutuhan akan transportasi terkadang memaksa kita untuk memiliki mobil sendiri. Faktor transportasi di Indonesia yang pada umumnya masih jauh dari kata nyaman, membuat banyak orang kemudian memilih untuk membeli kendaraan pribadi untuk keperluan sehari-harinya. Mempunyai mobil tentunya impian banyak orang sekarang ini. Namun sayangnya, kadang impian tersebut tersendat karena beberapa alasan. Salah satu alasan utama adalah harga mobil yang melambung jauh. Oleh karena itu, masih banyak orang yang masih belum bisa memilikinya.


Salah satu cara yang bisa ditempuh bagi mereka yang mendambakan memiliki mobil, adalah dengan membeli mobil bekas, sehingga banyak orang yang mencari tahu tentang harga mobil bekas murah. Memang tidak dapat dipungkiri mobil bekas memiliki harga yang jauh lebih murah dibandingkan dengan harga mobil baru. Akan tetapi membeli mobil bekas bukanlah hal yang mudah, apalagi saat ini makin banyak cara untuk mengubah mobil bekas berkualitas buruk menjadi nampak bagus. Mulai dari mobil yang dijual tapi bekas banjir, bekas tabrakan, hingga dokumen-dokumen ternyata palsu. Alhasil, banyak pembeli akhirnya kecewa padahal sudah mengeluarkan uang dengan jumlah tidak sedikit.


Saat ini banyak iklan yang menawarkan harga mobil bekas murah. Namun sebaiknya jangan tergiur dengan harga-harga miring yang ditawarkan, karena sebagian besar hasilnya mengecewakan. Nah jadi apa sebenarnya tips atau cara membeli mobil bekas murah namun tetap berkualitas sesuai dengan yang anda harapkan? Bagi anda yang sedang berburu mobil bekas, wajib membaca artikel ini hingga tuntas ya!



Cara Membeli Mobil Bekas 

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan saat membeli mobil bekas dan agar bisa menemukan mobil bekas berkualitas baik, ada baiknya anda memperhatikan beberapa langkah sederhana berikut: 


  • Pastikan Mengetahui Mobil Apa yang Benar-benar Anda Butuhkan

Anda dapat memilih jenis dan tipe mobil seperti apa yang cocok dan Anda butuhkan. Misalnya, bila untuk keperluan keluarga maka pilih yang lega atau jenis minibus, bila untuk keperluan ke kantor sebaiknya pilih jenis city car, dan bila untuk mengangkut barang pilih jenis mobil pick up atau box.


  • Siapkan Dana

Setelah mengetahui jenis mobil yang hendak dibeli, Anda bisa mulai menghitung dana yang dibutuhkan. Hitung secara seksama dana yang kita miliki. Jangan sampai over budget, anda harus secara bijak memilih dan membeli mobil yang harganya memang sesuai dengan kemampuan finansial anda.


  • Carilah Informasi Harga Mobil Bekas Terkini

Dengan mengetahui harga pasar mobil bekas untuk setiap tahun keluarannya pada saat anda akan membeli mobil, maka anda akan lebih mudah mengetahui apakah harga yang ditawarkan penjual cukup masuk akal atau tidak.


  • Membeli di Tempat Yang Dipercaya

Pilihlah dealer atau penjual mobil yang sudah terpercaya. Banyak dealer mobil bekas memberikan garansi kepada pembeli untuk mobil yang mereka jual. Hal ini tentunya akan memudahkan dan membantu pembeli karena jika terjadi sesuatu atau komplain bisa dikirimkan. Tempat yang bisa dipercaya juga biasanya berani memberikan jaminan, bahkan hingga 100 persen uang kembali jika mobil dibeli ternyata cacat. Mereka juga tidak sembarangan suplai mobil untuk dijual. Biasanya mereka suplai dari perusahaan-perusahaan produsen mobil yang sudah besar. Selain dari dealer, membeli dari teman atau kerabat juga bisa menjadi jalan mudah karena kita sudah mengetahui tentang kualitas atau bagaimana kondisi mobil tersebut.


  • Periksa Kondisi Bodi Mobil 

Perhatikan bagian-bagian bodi mobil yang mungkin sudah diganti. Cek mulai dari bagian dalam dan luar mobil.


  • Periksa Kondisi Mesin

Sebaiknya Anda perlu mengajak seorang teknikal untuk mengecek. Saat ini bengkel-bengkel mobil juga sudah semakin canggih dan menggunakan sistem komputerisasi.


  • Pilihlah Mobil yang Surat-Suratnya Lengkap

Kondisi mobil bisa saja baik dan harga yang ditawarkan bisa saja sangat menarik. Namun agar tidak tertipu, Anda juga harus memastikan kelengkapan surat mobil yang hendak dibeli. Jangan sampai Anda membeli mobil kosongan atau tanpa surat.


  • Jangan Langsung Tergoda dengan Harga Murah

Kondisi mobil selalu berbanding lurus dengan harganya. Jika harga yang ditawarkan terlalu murah dan terkesan tidak masuk akal, bisa dipastikan ada beberapa konsekuensi yang tidak mengenakkan dari penawaran tidak masuk akal tersebut. Misalnya saja kondisi mobil yang kurang layak pakai, dokumen kendaraan yang tidak lengkap atau yang lainnya. Untuk itu, jangan langsung tergoda dengan harga mobil bekas murah. Inilah tips membeli mobil bekas yang harus selalu Anda pegang teguh. 






Menawar Harga Mobil Bekas

Menjawab pertanyaan di atas, apakah anda dapat menanyakan berapa harga mobil bekas yang diperoleh dealer dari pelelangan, jawabannya kemungkinan tidak bisa. Seorang sales hanya akan menunjukkan nilai lelang, jika saja mereka menjual mobil di bawah nilai tersebut, yang mana hal itu hanya terjadi sewaktu-waktu. Karena yang terpenting adalah apa yang mereka jual. Dealer mobil (sales) selalu mencari keuntungan bisnis, sama seperti bisnis-bisnis lainnya.


Seorang sales akan membandingkan berapa lama mobil itu telah berada ditempatnya untuk dijual serta nilai penawaran yang anda berikan versus kemungkinannya menjualnya ke orang lain, hingga mereka akan membuat keputusan untuk dijual. 

Berikut Ini adalah tips untuk mendapatkan harga terbaik sebuah mobil bekas

  • Sopanlah, atau paling tidak, lebih bersahabatlah - Orang-orang yang sopan sangat menyenangkan dalam berbisnis,  walaupun tidak memperoleh kesepakatan penjualan namun akan memberi pengalaman yang lebih baik bagi semua orang.
  • Ketahui nilai mobil - Jika anda memiliki informasi harga yang ada dipasaran dibandingkan konsumen sebelumnya, berarti anda mendapatkan kesempatan yang cukup bagus untuk mendapatkan harga terbaik.
  • Buatlah sebuah harga penawaran, dan yang lebih penting, berikan alasan mengapa anda membuatnya - Kebanyakan sales penjualan mobil bekas dilatih untuk menanyakan "Darimana angka itu berasal?" Jika angka tersebut berdasarkan pada yang anda harapkan bisa membelinya, maka itu sedikit memberatkan. Tentu saja tidak bisa. Namun jika angka tersebut berdasarkan harga perbandingan dari kompetitor lokal, itu adalah alasan yang kuat. Coba dekati penjual dan katakanlah anda akan datang ke dealer XYZ untuk menanyakan mobil yang sama apakah akan mendapat harga yang lebih murah. Ketahuilah bahwa penjual yang baik akan menahan anda dan mencoba untuk membandingkan apple-to-apple, dan hal ini sangat fair. Alasan tersebut jauh lebih kuat ketimbang mengatakan anda hanya ingin harga yang lebih rendah atau mengatakan anda tak memiliki cukup uang dan lain sebagainya.
  • Jangan ragu untuk meninggalkan dealer bila memang anda merasa akan ada penawaran yang lebih baik - Jika mereka membiarkan anda pergi tanpa memberi penawaran harga terakhir, maka itulah harga terbaik yang mereka berikan untuk penjualan hari ini.

Pada dasarnya harga mobil bekas selalu mengalami perubahan setiap saat, sehingga memang sangat sulit menentukan harga pasaran yang tepat untuk mobil bekas. Biasanya harga pasaran mobil bekas berdasarkan pada ketersediaan dan permintaan serta kompetisi. Dan juga didasarkan pada faktor model, kondisi, tahun pembuatan, kilometer berjalan, perlengkapan, dan lain sebagainya. Perlu diketahui bahwasanya harga yang di tawarkan oleh sales mobil bekas biasanya merupakan harga pasaran tertinggi. Dengan demikian mobil yang anda pilih juga seharusnya merupakan mobil terbaik dan terlengkap. Kuatkan penawaran anda, dan penawaran anda akan diterima dengan peluang lebih tinggi. 




Demikianlah artikel mengenai tips atau cara membeli mobil bekas. Dengan mengetahui tips di atas, berarti anda telah melengkapi diri anda dengan pengetahuan sebelum memilih mobil bekas berkualitas. Memang membeli mobil bekas bukanlah hal yang mudah dan prosesnya juga sangat memerlukan ketelitian. Namun jika anda melakukannya dengan sabar dan teliti, hasil yang di dapat akan memberi kepuasan tersendiri, karena anda mendapat mobil berkualitas dengan harga yang memuaskan. Satu hal yang harus anda ingat, jangan tergiur dengan harga mobil bekas murah yang dipasang dengan harga sangat miring, karena berisiko tinggi di kemudian hari. Faktor keamanan dan kenyamanan lah yang harus menjadi prioritas utama anda. Selamat berburu mobil bekas! Good Luck!

Terjawab sekitar 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang