Berapa kali sebaiknya saya menggunakan masker wajah?

Dilihat 47,9 rb • Ditanyakan lebih dari 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Setiap wanita tentunya menginginkan kulit wajah yang halus dan kencang walaupun usia terus bertambah. Kulit akan terus mengalami perkembangan selama seseorang masih hidup, namun seiring dengan bertambahnya usia, kemampuan regenerasi kulit akan menurun. Hal inilah yang menyebabkan kulit wajah menjadi kendur, tidak kencang dan disertai dengan munculnya garis-garis halus di sekitar hidung, mulut, pipi, dan area mata.


Sebagian wanita mungkin akan pergi ke klinik kecantikan untuk mendapatkan perawatan kulit wajah yang diinginkan. Namun, tak dapat dipungkiri, tidak semua orang bisa mendapatkan kesempatan tersebut, mengingat biaya yang harus dikeluarkan cukup mahal. 


Lalu, adakah cara mengencangkan kulit wajah secara alami? Nah, dalam kesempatan ini saya akan mengupas beberapa cara untuk membuat kulit wajah kencang dengan menggunakan bahan yang mudah kita temui setiap hari. Yuk, simak ulasannya…



Cara Mengencangkan Kulit Wajah dengan Cepat dan Mudah






Untuk memiliki kulit wajah yang kencang Anda tidak harus mengeluarkan banyak biaya untuk pergi ke klinik kecantikan. Perawatan kulit wajah dapat Anda lakukan sendiri secara rutin di rumah. 


Berikut ada beberapa cara mengencangkan kulit wajah secara alami yang dapat membantu Anda untuk tampil lebih maksimal.


  • Masker putih telur dan lemon


Oleskan putih telur yang telah dicampur dengan satu sendok makan perasan lemon secara merata ke wajah. Diamkan sampai mongering agar meresap sempurna. Bilas dengan air hangat sampai bersih. Anda dapat menggunakan telur ayam kampong atau dapat juga telur 


  • Minyak zaitun dan alpukat


Haluskan satu buah alpukat lalu campur dengan 2 sendok makan minyak zaitun. Masukkan campuran tersebut ke dalam lemari es selama 30 menit. Setelah itu oleskan ke kulit wajah dan diamkan selama 20 menit. Bersihkan masker alpukat di wajah dengan menggunakan air bersih. 


  • Yoghurt dan jeruk nipis


Campurkan secara merata 2 sendok makan yoghurt dengan beberapa tetes perasan jeruk nipis. Oleskan ke wajah dan diamkan selama 15 menit. Kemudian bilas dengan air hangat yang dilanjutkan dengan bilasan air dingin. 


  • Susu dan madu


Campurkan 1 sendok teh madu dengan 5 sendok teh susu bubuk. Anda dapat menambahkan beberapa tetes minyak vitamin E (bila ada). Oleskan campuran tersebut secara merata pada wajah.Diamkan selama 10 menit, lalu bilas dengan air hangat. 


  • Masker buah pisang


Lumatkan pisang yang sudah matang sampai halus (dapat menggunakan pisang jenis apapun). Oleskan pisang yang sudah dihaluskan tadi ke seluruh bagian wajah dan leher. Diamkan selama 30 menit, lalu bilas sampai bersih. Buah pisang diperkaya dengan vitamin E, vitamin C, potasium, dan antioksidan yang baik untuk mendukung peremajaan kulit. 


  • Buah pepaya


Buah pepaya mengandung antioksidan dan zat papain yang terbukti ampuh untuk mengangkat sel kulit mati, sehingga menjadikan permukaan kulit wajah menjadi kencang. Haluskan buah pepaya yang sudah matang, campur dengan sedikit perasan jeruk nipis. Oleskan secara merata pada wajah. Diamkan selama 30 menit lalu bilas sampai bersih 


  • Kulit semangka


Kulit buah semangka juga dapat digunakan untuk menghaluskaan dan mengencangkan kulit wajah. Gunakanlah kulit semangka bagian dalam untuk menggosok gosok kulit wajah dengan rata. Biarkan air semangka meresap di kulit wajah selama 20 menit,kemudian bersihkan dengan air. 


  • Lakukan pijat wajah secara teratur


Pijat wajah sangat efektif untuk meningkatkan sirkulasi di area wajah, sekaligus leher. Gerakan memutar dan gerakan keatas dapat membantu menghilangkan keriput ataupun garis halus di sekitar wajah. Pemijatan yang dilakukan secara teratur sebelum tidur akan memberikan hasil yang maksimal. Ketika memijat wajah gunakanlah minyak zaitun atau krim yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Anda juga bisa melakukan senam wajah atau latihan otot wajah untuk meredakan ketegangan dan relaksasi otot. 


  • Perbanyak minum air putih


Mengencangkan kulit tidak cukup hanya dari luar saja. Anda bisa memperbanyak minum air putih untuk menjaga kelembaban dan elastisitas kulit. Minumlah air putih minimal 8-10 gelas setiap hari.


  • Lindungi kulit dari paparan sinar matahari langsung


Jika Anda sering beraktifitas di bawah sinar matahari, sebaiknya gunakanlah sunscreen atau krim yang bisa melindungi kulit dari paparan sinar UV.  


  • Terapkan pola hidup sehat 


Selain dengan cara di atas, jagalah elastisitas kulit Anda dengan menerapkan pola hidup sehat, seperti berhenti merokok, tidak minum-minuman beralkohol, olahraga dan tidur teratur, memperbanyak konsumsi makanan bernutrisi dan mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin E dan antioksidan.  



Itulah beberapa cara mengencangkan kulit wajah secara alami yang dapat Anda lakukan sendiri di rumah. Tentu saja anda juga dapat mencoba produk-produk kecantikan lain seperti masker yang banyak dijual bebas di pasaran.


Satu hal yang perlu diingat sebelum mengaplikasikan masker pada wajah, sebaiknya bersihkan wajah terlebih dahulu sehingga masker dapat terserap di kulit secara maksimal. Berikut ini akan diuraikan mengenai tahapan cara memakai masker wajah yang benar.




Memakai Masker Wajah yang Benar



Masker harus diaplikasikan secara merata pada kulit wajah dan dipakai secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal. 


Namun, tahukah Anda bagaimana cara memakai masker wajah yang benar? Yuk kita lihat tahapannya…


  • Hapus semua bekas makeup dan bersihkan wajah dari kotoran, keringat atau debu yang menempel pada kulit. Bersihkan dengan menggunakan pembersih wajah, lalu gunakan toner dan keringkan dengan handuk lembut.
  • Oleskan masker wajah secara tipis dan merata pada seluruh permukaan wajah, hindari area sekitar mata dan mulut. Pergunakan jari tangan atau kuas khusus untuk mengoleskan masker. 
  • Agar khasiat dari masker meresap ke dalam pori pori kulit wajah, diamkan masker selama kurang lebih 15 - 30 menit. Usahakan agar tidak menggerakkan otot wajah atau mengeluarkan ekspresi, seperti tersenyum atau tertawa saat sedang menggunakan masker. Hal ini dimaksudkan agar Anda bisa mendapatkan hasil yang maksimal 
  • Bilas sampai bersih seluruh wajah dan leher dengan menggunakan air hangat. Atau Anda dapat juga menggunakan lap/ handuk basah yang telah dicelupkan ke dalam air hangat untuk memgangkat masker yang sudah mengering. Bersihkan sampai semua masker terlepas dari wajah. Jika menggunakan masker berbahan gel atau kolagen, lepaskan masker dari bagian atas atau dahi ke arah bagian bawah. 
  • Keringkan wajah dengan handuk bersih yang lembut. Anda dapat melanjutkan dengan penggunaan pelembab wajah, agar kulit tidak kering. Agar pelembab terserap dengan maksimal, oleskan ketika kulit wajah sedikit basah 


Berapa Kali Sebaiknya Dalam Seminggu Memakai Masker Wajah?





Rata-rata pemakaian normal masker wajah dalam seminggu yaitu 2-3 kali secara rutin, dengan kisaran pemakaian 15-30 menit. Walaupun menggunakan bahan-bahan alami, namun pemakaian masker secara berlebihan tentunya tidak baik bagi kesehatan kulit. 


Pemakaian masker tetap harus dibatasi, karena perawatan wajah yang baik tentunya harus memenuhi batas normal sehingga dapat memperoleh hasil yang efektif namun tetap aman bagi kulit.


Pemilihan jenis masker yang akan digunakan harus disesuaikan dengan jenis kulit Anda:


  • Untuk Kulit wajah Kering - pakailah masker wajah dari sayur-sayuran atau buah-buahan yang memiliki kandungan pelembab alami secara rutin dan teratur. 2. Untuk Perawatan 
  • Untuk Kulit Wajah Berminyak - Anda bisa gunakan masker putih telur dan lemon, madu atau jeruk nipis.  
  • Untuk Kulit Wajah Berjerawat - Anda dapat gunakan masker madu, papaya, putih telur atau lemon 
  • Untuk Wajah Kusam atau Memiliki Flek - Anda dapat gunakan masker madu, pisang, buah tomat atau masker spirulina  
  • Untuk wajah yang Memiliki Garis Halus/Kerutan atau keriput - Salah satu masker wajah yang baik untuk mengatasi keriput dan garis-garis halus adalah putih telur atau minyak zaitun dan lemon 


Dari penjelasan tersebut, sekali lagi dapat disimpulkan bahwa Anda harus memilih jenis masker yang sesuai dengan jenis kulit Anda, dan yang harus selalu diingat adalah sekalipun bahan-bahan yang digunakan adalah bahan alami, namun pemakaian masker tidak boleh berlebihan. 

Hal ini dimaksudkan untuk menghindari timbulnya reaksi atau iritasi pada kulit wajah Anda. Semoga informasi di atas bermanfaat ya. Selamat Mencoba!


Terjawab lebih dari 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang