Berapa kilogram barbel yang harus saya gunakan untuk membentuk otot bisep saya?

Dilihat 29 rb • Ditanyakan sekitar 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Memiliki otot bicep yang terlihat dibagian lengan memang menjadi idaman setiap pria untuk menarik perhatian para kaum wanita. Biasanya lelaki berotot terlihat lebih macho, kuat dan merupakan pria idaman yang ideal. 


Para pria juga akan merasa lebih percaya diri jika memiliki lengan berotot. Otot bicep dan tricep akan terbentuk pada orang yang selalu rajin berolahraga di gym secara teratur. 


Selain rajin berolahraga ada beberapa faktor lain yang mempengaruhi pembentukan otot bicep, seperti konsumsi makanan yang harus banyak mengandung protein dan juga istirahat yang cukup. 


Lelaki berotot

Otot bicep adalah otot bagian lengan atas dan berdekatan dengan otot tricep.


Memang membentuk otot lengan tidaklah mudah dan dibutuhkan konsistensi untuk melakukannya sehingga hasil yang diinginkan tercapai. Jangan sampai anda berhenti di tengah jalan sebelum mencapai hasil yang menjadikan perjuangan anda sebelumnya menjadi sia-sia. 


Namun hal yang lebih penting dalam membentuk otot lengan adalah mengetahui cara memperbesar otot lengan yang tepat sehingga hasilnya terlihat lebih cepat. 


Salah satunya cara memperbesar otot lengan adalah dengan melakukan bicep curl, banyak bentuk bicep curl yang bisa anda lakukan tetapi yang paling penting adalah menentukan berat barbel yang anda gunakan. 


Banyak orang yang bertanya-tanya, berapakah berat barbel yang tepat untuk dapat membentuk otot bicep pada setiap orang? 


Cara menentukan berat barbel yang tepat



Membentuk Otot Bisep dengan Mudah dan Cepat

Sejujurnya saya tidak bisa mengira-ngira berapa kg berat barbel yang cocok untuk setiap orang, karena setiap orang memiliki ketahanan dan kekuatan tubuh yang berbeda-beda. Tapi ada trik yang mudah untuk menentukan kg barbel yang tepat bagi anda untuk melatih otot bicep anda.


Sebelum kita membahasnya, saya akan mengenalkan konsep latihan pada kegagalan. Maksudnya adalah anda melakukan setiap set gerakan latihan hingga seluruh otot anda 100% lelah dan anda tak bisa menggerakkannya meski satu sentimeter saja dari titik semula.

 

Saat kita berlatih, tubuh kita hanya menggunakan serat otot yang cukup untuk memungkinkan kontraksi yang berbobot. Sisa dari serat-serat itu disimpan untuk situasi darurat dan juga untuk menyimpan energi. Memang seperti itulah tubuh kita bekerja untuk memastikan kelangsungan hidup kita ketika mungkin suatu saat berada dalam situasi darurat. 


Karena kita tidak sedang berada dalam situasi seperti itu, kita ingin menggunakan serat-serat otot sebanyak mungkin pada gerakan apapun. Hal itu memastikan penambahan paling banyak dalam ukuran dan kekuatannya serta banyaknya kalori yang dibakar untuk lemak yang hilang secara bersamaan. Itulah mengapa kita perlu untuk berlatih sampai pada tahap gagal. 


Semakin banyak anda mengangkat dan menggerakkan barbel, semakin banyak dan banyak lagi serat otot yang akan direkrut karena semakin banyak lagi serat-serat otot yang menjadi kelelahan. Suatu saat nanti semuanya akan lelah dan anda berada pada tahap gagal sehingga anda tidak akan mampu mengangkat beban meski sedikit saja dari posisi semulanya.


Sekarang kita tahu apa dan mengapa kita perlu berlatih sampai pada tahap kegagalan, bagaimana kita sebenarnya bisa menggunakan konsep itu?


Ya, beginilah caranya,


Setiap kali anda melatih otot-otot bicep anda, anda perlu memilih beban yang membuat anda gagal dalam 10 hingga 12 kali pengulangan. Itu artinya setelah pengulangan ke-12, anda harusnya sudah tidak bisa lagi mengangkat barbel meskipun sedikit saja. 


Dengan cara ini, akan menjadi sangat mudah untuk menentukan berat yang tepat untuk latihan bicep curl anda. Cukup pilih suatu angka beban (misalnya 10 kg), dan jika anda bisa melakukan lebih dari pada 12 kali pengulangan tanpa gagal, maka beban itu terlalu ringan. Jadi anda harus meningkatkan bebannya. 


Jika anda tidak bisa melakukan lebih dari 10 kali pengulangan sebelum akhirnya gagal, maka beban itu terlalu berat dan anda perlu mencari yang lebih ringan. 


Hal terpenting adalah menemukan titik tengah antara 10 hingga 12 sebelum mncapai titik maksimal kekuatan anda.



Bicep Curl

Bawalah selalu sebuah buku catatan latihan dan gunakan itu untuk memastikan bahwa anda selalu menggunakan jumlah beban yang benar untuk tubuh anda sendiri. 


Misalnya di hari pertama anda gagal di pengulangan ke-12 dengan barbel 15 kg. Jangan catat itu di buku catatan anda. Karena anda telah gagal tepat di titik yang benar, gunakan terus barbel dengan beban yang sama untuk sesi bicep berikutnya. Jadi ketika sesi berikutnya dimulai, anda buka beberapa halaman buku anda untuk melihat apakah anda telah menggunakan 15 kg dan kemudian menggunakan 15 kg itu lagi. 


Jika anda melakukannya terus, tak diragukan lagi anda akan mulai membentuk kekuatan. Setelah seminggu atau dua minggu, anda akan mengamati bahwa melakukan gerakan sebanyak 10 hingga 12 kali pengulangan dengan beban 15 kg itu mudah dan anda bisa melakukan yang ke-12 lebih kali pengulangan sebelum akhirnya gagal. 


Jika itu terjadi, sudah waktunya untuk menaikkan bebannya yang lebih berat lagi. Jadi anda tulis hal itu di buku catatan bahwa di sesi berikutnya anda harus menggunakan beban 17 kg, misalnya. 


Nah, sekarang di sesi berikutnya dengan beban 17 kg anda gagal di pengulangan 10 hingga 12 kali, beban anda sekali lagi tepat. 


Prosedur ini harus diulangi terus dan terus hingga anda memastikan bahwa anda selalu menggunakan beban yang benar untuk pengulangan yang benar, untuk mencapai tingkat kegagalan dan untuk menyebabkan pertumbuhan otot dan peningkatan kekuatan.



-


Berat beban awal itu terserah anda, anda tidak harus mengawali dengan 15 kg seperti contoh di atas. Yang penting adalah berlatih sampai pada tahap gagal dan tahu kapan harus membuat beban itu lebih ringan dan kapan harus membuatnya lebih berat. 


Satu hal lagi, otot-otot bicep merupakan otot-otot yang lebih cepat sembuh dan tumbuh dalam tubuh. Artinya anda bisa benar-benar memompanya supaya tumbuh. Anda bisa dengan mudah melakukan 5 atau bahkan 6 set latihan bicep dan tunggu mereka pulih dengan cepat. 


Saya kenal orang-orang yang melakukan 10 set barbel bicep curl dan kemudian beralih ke latihan bicep yang lain setelahnya. Jadi jika tujuan anda adalah membentuk pistol yang besar, ketahuilah apa itu berlatih untuk kegagalan, pilih beban yang benar berdasarkan prosedur di atas dan ledakkan otot anda dengan menambah set lebih banyak lagi.


Itulah cara memperbesar otot lengan yang mudah dan efektif dengan menentukan berapa kg barbel yang cocok untuk membuat otot bicep anda terbentuk. 


Sebenarnya masih banyak jenis olahraga untuk pembentukan otot bicep anda seperti hammer curl, pull up, push up dll. Bahkan di antara olahraga tersebut adalah olahraga tanpa menggunakan beban untuk membentuk otot bicep


Selain berlatih, anda juga perlu mengkonsumsi makanan sehat tinggi protein dan juga memiliki waktu yang cukup untuk beristirahat. Ingatlah bahwa setiap latihan memerlukan konsistensi dan kedisiplinan, selalu prioritaskan hasil meski proses yang dilalui akan cukup berat demi tercapai apa yang anda inginkan. Semoga informasi ini bermanfaat dan menjadi inspirasi untuk anda. 


Selamat berlatih!!

Terjawab sekitar 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang