Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mempelajari cara membuat aplikasi Android ?

Dilihat 593 • Ditanyakan 9 bulan lalu
1 Jawaban 1

aplikasi android

Pemrograman Android adalah pemrograman berbasis Java untuk membuat aplikasi pada device smartphone, tablet maupun device lainnya yang menggunakan sistem operasi berbasis Android. Untuk pemahaman nya, Android itu merupakan sistem operasi, sama seperti Windows, Linux untuk PC.

Seperti kita ketahui sistem operasi yang berbasis android banyak sekali penggunanya di Indonesia sekarang bahkan semua kalangan masyarakat pernah menggunakan aplikasi Android ini, jadi otomatis apabila kita mengetahui cara membuat aplikasi android yang disukai dan bermanfaat bagi banyak orang tentu menjadi ladang rezeki bagi kita.

Banyak cara membuat aplikasi android sederhana. Yang sulit adalah menentukan mulai dari mana. Menurut saya semua orang bisa membuat aplikasi android asalkan mempunyai tekad yang kuat dan kinerja yang sungguh-sungguh. Untuk itu mari kita bahas syarat awal bagaimana cara membuat aplikasi android, dalam hal penguasaan bahasa pemrograman.


Syarat Belajar Android

cara membuat aplikasi

Banyak yang bertanya berapa lamakah waktu yang dibutuhkan untuk belajar cara membuat aplikasi Android. Ini adalah pertanyaan yang sangat umum, sehingga anda akan mendapatkan jawaban yang relatif umum juga. Berapa lama seseorang belajar membuat aplikasi android, tergantung pada :

  1. Apakah anda pernah belajar programing sebelumnya? Jika iya , apakah anda berpengalaman dengan bahasa pemograman Java? Jika jawaban untuk kedua pertanyaan tersebut adalah iya , maka anda  tidak perlu belajar begitu lama tentang cara membuat aplikasi, terutama pemograman android. Jika jawabannnya tidak , maka anda harus memulainya dengan  mempelajari dasar-dasar programming. Belajar tentang coding disini
  2. Apakah Anda memiliki pengetahuan tentang Back-end / Database?  Back-end untuk aplikasi pengirim pesan (messaging app ) bisa relatif mudah atau sangat kompleks, tergantung dari jenis-jenis pesan.  Bisakah pesan di kirim  ke group  atau hanya perorangan?  Dapatkan pesan-pesan tersebut di edit, diperbaharui,  atau dihapus ? Dapatkah mereka ditandai sebagai spam ?  Ada banyak hal yang perlu di pertimbangkan.
  3. Apakah anda mengetahui tentang  Desain grafis / UX desain? Membuat aplikasi itu tidak hanya belajar coding . Jika anda sedang membangun suatu aplikasi sebagai perangkat internal atau hanya untuk bersenang-senang, mungkin syarat no. 3 ini kurang penting bagi anda.  Namun, jika anda sedang membangun aplikasi untuk sebuah bisnis, agar bisa membuat keuntungan, maka bagian ini amat sangat penting. Ada 700.000 ribu lebih apalikasi di PlayStore sekarang ini, maka aplikasi harus dirancang dengan baik agar dapat bersaing dengan yang lain. (baca : Apa kesulitan saat membuat aplikasi android?)

aplikasi android

Demikianlah syarat awal untuk belajar membuat aplikasi android.  Dari pengalaman pribadi saya,  ketika saya memutuskan ingin belajar cara membuat aplikasi pertama saya di andriod, saya sudah sangat paham dengan Ruby on Rails, PHP, dan PostgreSQL.  Saya membutuhkan waktu dua bulan untuk menguasai mobile (ponsel) programming, dan enam bulan untuk benar-benar menganggap diri saya sebagai developer ponsel yang baik. Anda harus berpikir tentang hal-hal yang berbeda pada ponsel, dalam hal masalah fungsi, interaksi, kecepatan, dan memori.

Jadi kesimpulannya menurut saya, jika anda ingin membuat sebuah aplikasi di android, dibutuhkan waktu belajar 2 bulan sampai satu tahun untuk menguasainya. 



Terjawab 9 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang