Berapa lama hubungan pacaran jarak jauh biasanya bertahan?

Dilihat 3,58 rb • Ditanyakan lebih dari 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Dalam hubungan percintaan, jarak antara sepasang kekasih merupakan kendala yang bisa menyebabkan keretakan pada hubungan tersebut. Bukan berarti hubungan dengan jarak dekat akan selalu baik-baik saja, hanya saja resiko jarak jauh lebih sulit dihadapi


Dan lagi timbulnya rasa curiga atau ketidakpercayaan akan pasangan akan menjadi lebih besar akibat hubungan jarak jauh. Sebagian ada yang bisa mempertahankan hubungan jarak jauh tersebut, tetapi ada juga yang tidak tahan jika berhubungan jarak jauh.

ldr


Masalah Dalam Hubungan Jarak Jauh


Ada beberapa masalah utama yang muncul saat anda memiliki hubungan jarak jauh, di antaranya:


1. Kendala Komunikasi


Perbedaan jarak membuat komunikasi dengan si dia jadi terbatas. Memang saat ini dimudahkan dengan hadirnya berbagai teknologi telepon sampai video call yang memungkinkan untuk bisa saling berkomunikasi dan bertatapan. 


Namun, terkadang melakukan komunikasi tersebut tidak berjalan mulus karena masalah sinyal. Ketika Anda atau pun si dia sangat rindu atau ada hal yang ingin diceritakan, namun sulit berhubungan karena kendala komunikasi, tentu menjadi kesal yang bisa berujung pada pertengkaran. Dalam berbagai jenis hubungan, menjaga komunikasi adalah cara mempertahankan hubungan yang paling utama dan harus diperhatikan.



2. Masalah Kepercayaan


Dalam hubungan asmara, kurangnya kepercayaan merupakan masalah umum yang sering dilami. Apalagi jika jalinan asmara dipisahkan antar kota atau negara, masalah kepercayaan menjadi 'musuh' utama yang seringkali sulit dihindari oleh pasangan. 


Anda tidak benar-benar tahu apa yang dilakukannya dan kecurigaan bisa datang kapan saja. Misalkan, kekasih mamang pada saat itu benar-benar sedang sibuk dengan pekerjaannya. Tapi karena kurangnya kepercayaan, maka perasaan insecure atau tidak aman muncul yang berujung pada Anda menuduhnya berbuat yang macam-macam.



3. Kesepian


Akan terasa kurang jika anda tidak merasa kesepian saat menjalani hubungan jarak jauh. Ketika Anda sedang merasa kesepian, tentu Anda menginginkan sosok kekasih berada di samping Anda. 


Namun kehadirannya pun sulit untuk diandalkan. Anda pun semakin merasa sepi dan sendiri. Ini bisa membuat Anda merasa tersiksa dan merasa hubungan yang dijalani tidaklah nyata.



4. Perselingkuhan


LDR bisa mengarah pada perselingkuhan. Anda ataupun dia sama-sama tidak memiliki sosok yang berada di samping masing-masing. Kemudian hadirlah seseorang yang bisa diajak bicara (terutama lawan jenis) yang selalu ada di samping Anda ataupun kekasih. 

Sangat memungkinkan hubungan tersebut berlanjut, karena merasa lebih nyata dibanding hubungan asmara saat ini yang sedang dijalani.



5. Perbedaan Waktu


Perbedaan waktu bisa menjadi masalah bagi pasangan yang menjalani LDR beda benua. Bukan semata-mata karena perbedaan waktu secara fisik, tapi juga mental masing-masing pasangan. Ketika waktu menjelang tidur, si dia baru memulai aktifitasnya, begitu sebaliknya. Sehingga, untuk saling berkomunikasi bisa dikatakan menjadi sulit dan penuh dengan kendala.


mengatasi ldr


Selama ini kebanyakan orang berpikir bahwa hubungan jarak jauh adalah hubungan yang kurang sehat, bisa mempertahankan hubungan jarak jauh dianggap mustahil. Padahal tidak juga, karena ada sisi dimana akan membawa keuntungan bagi yang menjalani hubungan jarak jauh ini. 


Berapa lama hubungan jarak jauh akan bertahan? 


Jawabannya adalah selama anda dan pasangan anda masih mau mengusahakannya. Selama sepasang kekasih itu bisa menjaga hubungan dengan baik dan masih tetap saling memberi kabar tanpa kebohongan, kemungkinan besar hubungan tersebut akan bertahan lama atau mungkin sampai pada jenjang pernikahan.


Saya akan memberi sedikit pengalaman saya mengenai hubungan jarak jauh. Saat itu tanggal 1 April 2017. Beberapa runtutan kejadian akhirnya mempertemukan saya dengan seorang gadis cantik. Saya rasa dia juga menyukai saya. Kita saling bertukar nomor HP. Pada bulan Juli, kami bertemu sekali lagi. 


Bulan Agustus, saya memutuskan untuk pergi ke Goa untuk melanjutkan studi S1. Kami masih berhubungan melalui telepon tengah malam dan mengobrol. Dua bulan kemudian, sekitar jam 22.00 pada 14 Oktober 2007, durasi telepon kali ini berlangsung lebih lama dari biasanya. Sekitar pukul 11.45, pada akhirnya saya mengumpulkan keberanian untuk mengungkapkan isi hati, Satu menit kemudian, dia menerimanya dan keadaan berubah 180 derajat. Delapan tahun lebih satu minggu kemudian, kami akhirnya menikah. 


Pada 6 tahun pertama masa pacaran, kami benar-benar terpisah secara geografis. Kami masih rutin bertemu sekali atau dua kali dalam setahun pada empat tahun pertama pacaran. 


Namun saya melihat ketulusan dan semangatnya. Dan saya rasa saya juga memiliki hal yang sama dalam diriku. Ada kebahagiaan dan kesedihan. Ada juga saatnya kami saling mengutarakan cinta dan saat berteriak pada satu sama lain. 


Kami juga sering merasa tidak aman. Dan ada juga jarak yang membuat semuanya lebih rumit. Agak susah untuk menilai maksud dan reaksi seseorang jika yang kamu dengar adalah hanya suaranya. Namun kami tetap gigih. Hal yang ingin saya tunjukkan disini ialah meskipun lebih berat dan rumit dari pacaran normal, pacaran jarak jauh juga bisa berhasil.


hubungan jarak jauh



Tips Mempertahankan Hubungan Jarak Jauh



Cara mempertahankan hubungan jarak jauh, yang pertama anda hanya perlu berusaha sedikit lebih gigih untuk mengkompensasi kurangnya kontak fisik. Luangkan waktu untuk bersama. Ceritakan harimu dan permasalahanmu serta coba mendengarkan satu sama lain. Anda punya banyak sekali cara untuk mencoba menghabiskan waktu bersama. 


Coba luangkan waktu setiap akhir minggu untuk video call. Rencanakan makan malam atau kencan virtual. Menyewa film yang sama dan menonton bersama juga bisa menjadi opsi. Anda perlu mengenal diri sendiri dan pasangan anda. 


Cobalah berkompromi. Jika salah satu dari kalian tidak berbicara banyak dan yang lainnya berbicara terlalu banyak, kalian berdua harus berkompromi sedikit dan carilah jalan tengahnya. Berusaha jujur dan percaya, serta jangan suka membandingkan. Anda mungkin melihat pasangan lain bisa bersama dan lebih bahagia. Jangan biarkan hal ini mempengaruhi semangat yang anda miliki. Anda juga akan bersama pada akhirnya, hanya saja anda perlu menunggu sedikit lebih lama. 


cara mempertahankan hubungan jarak jauh


Jadi, yang terpenting saat jarak memisahkan anda dengan pasangan anda, hal yang harus kalian lakukan adalah saling menjaga kepercayaan satu sama lain. Selalu ucapkan kejujuran adalah kunci utama. 


Namun, apabila anda merasa bosan dengan hubungan jarak jauh yang anda jalani, tips yang saya berikan di atas tidak akan bisa menyelamatkan hubungan anda. Bagaimana pun juga keputusan untuk mempertahankan hubungan atau tidak, berada dalam tangan anda dan pasangan anda. 


Saya rasa jika kalian benar-benar saling mencintai, tak akan mudah untuk menyerah pada jarak, bukan?

Terjawab lebih dari 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang