Berapa lama ikan hias dapat hidup?

Dilihat 1,72 rb • Ditanyakan 10 bulan lalu
1 Jawaban 1

Ikan hias ialah jenis ikan,  baik yang berasal air tawar maupun air laut, yang dipelihara bukan untuk dikonsumsi melainkan untuk mempercantik taman/ruang tamu. Memelihara ikan hias memang suatu kegiatan yang mengasyikkan, terlebih bagi mereka yang memang mempunyai hobi memelihara ikan hias. Memelihara berbagai jenis ikan hias air tawar di dalam akuarium memang merupakan hiburan tersendiri bagi kita yang memeliharanya, dengan kita memperhatikan tingkah lakunya ikan didalam akuarium tersebut maka kita mendapatkan suasana yang begitu nyaman. Bahkan, melihat ikan hias sehat bergerak lincah kesana kemari dengan dekorasi akuarium yang eksotis tentunya akan menghilangkan lelah dan stress setelah seharian beraktivitas.

Namun sayangnya, sering kali ikan hias yang dipelihara di akuarium sering cepat mati. Hal ini tentunya sangat menyebalkan dan kadang membuat orang kapok untuk memeliharanya lagi. Sebenarnya merawat ikan hias di akuarium tidak sesulit yang anda bayangkan. Agar ikan tidak cepat mati, ikan-ikan tersebut harus dipelihara dengan baik dan benar. Di antaranya meliputi pengadaan alat-alat yang memadai, penjagaan terhadap kondisi air, dan pembersihan akuarium secara berkala. 

Spesies/jenis ikan hias tertentu bisa hidup dalam waktu yang sangat lama bila dirawat dengan baik. Oleh karena itu, anda harus memiliki komitmen jangka panjang sebelum mulai memelihara ikan hias air tawar. Nah, bagi anda yang ingin memelihara dan merawat ikan hias di akuarium, berikut sedikit penjelasan mengenai jenis-jenis ikan hias yang sering dipelihara di rumah. Dengan membaca ini, anda akan tahu berapa lama dari ikan-ikan tersebut dapat bertahan hidup. Penasaran  bukan? Simak terus sampai akhir ya!


Jenis-jenis Ikan Hias



  • Ikan Mas Koki 

     


Ikan Mas Koki merupakan ikan hias air tawar yang sangat populer sebagai ikan peliharaan di akuarium atau kolam. Ikan Mas Koki ini dapat hidup selama 20 - 30 tahun akan tetapi syaratnya haruslah dengan perawatan yang tepat. Ikan ini akan  tumbuh menjadi sangat panjang, jika anda membiarkannya. Sebagian besar mati dalam waktu beberapa tahun karena memang tidak dirawat dengan baik. Ikan hias ini akan membutuhkan akuarium yang lebih besar seiring dengan pertumbuhannya. 


  • Ikan Guppy



Ikan guppy adalah salah satu jenis ikan hias yang awalnya berasal dari ikan liar. Sirip-sirip ikan ini berwarna-warni sangat cantik dan menarik. Berbagai warna seperti merah, kuning, hijau, biru, maupun kombinasi warna sudah beredar di pasaran. Bentuk ekornya pun menarik, misalnya mirip kipas, membulat, ataupun melebar. Panjang tubuh maksimal ikan guppy sekitar 5-6 cm. Secara normal seekor ikan guppy memiliki umur yang relatif pendek yakni 1-2 tahun dengan perawatan yang standar. Tanpa perawatan yang tepat seekor guppy bisa mati sebelum menginjak umur satu tahun. Akan tetapi beberapa ikan guppy bisa saja bertahan lebih lama kisaran sampai 3-5 tahun dengan perawatan yang tepat.


  • Ikan Cupang 

     


Ikan cupang atau ikan Betta dikenal sebagai ikan petarung, agresif dan suka menyerang. Beberapa jenis ikan cupang memiliki warna tubuh yang menarik, bentuk siripnya indah, gerakannya tenang dan berwibawa. Ikan cupang dipelihara sebagai ikan hias dan ikan aduan. Banyak para pencinta ikan hias memelihara ikan ini. Jenis ikan cupang mempunyai daya tarik dan keunikan tersendiri karena ikan hias ini biasanya digunakan untuk aduan sesama ikan cupang.  Jadi, bila anda mempunyai ikan cupang lebih dari satu, jangan sekali-kali ikan tersebut di letakkan dalam satu tempat.  Rata-rata ikan cupang mampu hidup mencapai 2-4 tahun. Bahkan dinyatakan jika ikan dipelihara dengan baik, usianya bisa mencapai 6 tahun. Dalam usia ini, ikan cupang reguler mampu mencapai ukuran 6 cm.


  • Ikan Layang-layang 



Ikan layang-layang merupakan ikan hias yang sangat menarik serta menawan bagi para penggemar ikan hias. Ikan layang-layang dikenal juga sebagai Ikan Manfish atau Angel Fish, karena bentuk dan warna-warnanya menarik serta gerakkannya yang tenang. Ikan layang-layang termasuk ikan yang sangat tangguh dan dapat hidup dalam waktu yang lama bila dirawat dengan baik.  Ikan hias ini bisa hidup antara 10 - 15 tahun, tetapi seperti ikan mas koki, hanya jika perawatannya tepat. Jika berumur panjang, ikan hias ini dapat tumbuh menjadi cukup besar. 


  • Ikan Molly 



Ikan molly ini merupakan salah satu jenis ikan hias yang memiliki warna-warna yang menarik. Ikan ini juga bersifat damai sehingga cocok untuk di satukan dalam komunitas akuarium. Tidak diperlukan ukuran akuarium yang terlalu besar untuk ikan molly ini karena pada saat dewasa ikan ini hanya akan mencapai ukuran maksimal sekitar 12 cm. Ikan molly dapat hidup antara 3-5 tahun. 


  • Ikan Tetra 



Ikan Tetra adalah tipe ikan hias air tawar yang hidupnya bersifat mengelompok. Jadi bagi anda yang akan memelihara ikan hias ini, disarankan peliharalah ikan ini paling tidak minimal 6 ekor ikan dalam 1 akuarium. Meskipun mereka ikan yang suka berkelompok, ukuran mereka kecil (3,5 cm) dan dapat dimakan oleh ikan yang lebih besar. Jadi pastikan untuk menempatkan ikan hias ini dengan pasangan ikan lain yang damai.  Dan walaupun kecil,  ikan tetra memiliki rentang hidup yang panjang, mereka dapat hidup 5-10  tahun.


Yang saya sebutkan di atas adalah beberapa jenis ikan hias yang paling populer. Sering terdapat kesalahpahaman umum bahwa ikan hias hanya akan tumbuh sebesar ukuran panjang akuarium. Yang sebenarnya terjadi adalah mereka terus membesar di dalam akuarium, dan kemudian ikan akan mati ketika isi perut dan duri mereka menjadi tertekan disebabkan ukuran akuarium yang tidak sesuai.

Jika anda pergi ke toko ikan hias, anda akan menjumpai ratusan jenis ikan hias, akan tetapi mungkin tidak semuanya cocok sebagai hewan peliharaan anda. Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya, masa hidup ikan hias bervariasi, tergantung dari jenisnya masing-masing. Jadi jika anda belum berpengalaman dalam memelihara ikan hias, sebaiknya anda mencari tahu terlebih dahulu seberapa lama mereka bisa hidup, kemudian pastikan juga anda tahu seberapa besar jenis ikan hias yang anda pelihara dapat tumbuh agar anda dapat merencanakan pertumbuhannya dengan baik.




Terjawab 10 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang