Berapa lama rata-rata ikan koi hidup?

Dilihat 11,6 rb • Ditanyakan lebih dari 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Siapa yang tidak kenal dengan ikan koi? 


Ikan yang berasal dari Jepang ini sudah cukup lama dikenal oleh masyarakat Indonesia. Bahkan di Indonesia terdapat cukup banyak para pecinta ikan koi. Ikan koi bernama asli Nishikigoi atau dalam Bahasa Latin disebut Cyprinus Carpadie


Sebelumnya ikan koi dikenal dengan nama ikan goi namun setelah masuk ke Indonesia kemudian berubah namanya menjadi ikan koi karena diambil dari Bahasa Cina. Ikan koi dapat hidup cukup besar dan mudah beradaptasi dengan lingkungannya. 


Ikan cantik ini juga disebut-sebut sebagai ikan mahal karena harganya yang bisa mencapai puluhan juta rupiah. Bahkan di Negara Jepang harga ikan koi lebih mahal dibanding di negara lainnya. Hal itu disebabkan karena ada beberapa faktor yang membuat harga ikan koi lebih mahal di negara asalnya. 


Diantaranya adalah faktor standar atau aturan yang ketat untuk mengembangbiakan ikan koi dan tidak banyak orang Jepang yang berhasil membudidayakan ikan ini. Oleh karena itu jika ada yang bertanya ikan koi apakah yang paling mahal? Jawabannya adalah ikan koi dari Jepang.


umur ikan koi


Ikan Koi dan Keberuntungan


Beberapa orang percaya bahwa ikan koi adalah ikan yang berhubungan erat dengan keberuntungan, kepercayaan ini berasal dari kebudayaan Cina. Untuk itu banyak orang yang memelihara ikan ini, selain sebagai hobi namun juga sebagai penarik keberuntungan. Ikan koi bisa bertahan cukup lama di luar air asalkan kondisi lingkungan dan badannya tetap basah. 


Jadi anda tidak perlu khawatir saat ingin membawanya dalam perjalanan yang cukup jauh. Ikan koi juga sangat unik karena warnanya yang indah dan berwarna-warni mulai dari hitam, putih, kuning keemasan, silver dan ada juga yang memiliki tiga warna. 


Terkadang di Indonesia juga diadakan lomba ikan koi yang dilihat dari kelincahan, kesehatan, berat, dan warnanya yang unik.  Selain sebagai keberuntungan dan ajang penyaluran hobi, ikan koi juga memiliki keunikan lainnya. Ikan koi bisa hidup sampai dengan ratusan tahun. 


Contohnya di Jepang terdapat ikan koi yang bernama Hanako yang bisa hidup sampai 200 tahun lebih, menakjubkan bukan? 


Ikan koi memang dikenal sebagai ikan yang memiliki umur yang panjang bahkan konon katanya bisa melebihi umur pemiliknya, untuk itu banyak orang yang ingin memeliharanya karena alasan ini. 


ikan koi tertua


Sebenarnya ikan koi yang hidup dengan kondisi yang ideal rata-rata hidup sampai dengan umur 50 bahkan 60 tahunan. 


Pada beberapa kasus umur ikan koi jauh lebih lama dari itu, mungkin di atas 90 tahun seperti burung beo dan contoh ikan koi tertua Hanako dari Jepang yang bisa hidup lebih dari 200 tahun. 


Sedangkan rata-rata pemula yang memelihara ikan koi, umur ikan koi tersebut hanya mencapai 3-5 tahun. 


Kenapa begitu pendek? 


Karena kebanyakan orang apalagi pemula tidak tahu cara memelihara ikan koi dan pada akhirnya membunuh ikan koi tersebut. Sedangkan umur ikan koi yang dipelihara oleh kolektor profesional biasanya mencapai umur sekitar 15 - 25 tahun. 


Cukup berbeda, tapi kenapa masih begitu pendek? 


Karena bagi orang yang memeliharanya, ikan koi seringkali hidup lebih lama dari pemiliknya. Dan walaupun hal tersebut bukan kondisi yang ideal, orang-orang tidak dapat mengurusnya dengan baik setelah pemiliknya meninggalkan hobinya.


cara memelihara ikan koi

Faktor yang Mempengaruhi Umur Ikan Koi


Ikan koi yang berada pada kondisi yang baik dapat berkembang menjadi hewan yang sangat besar dan memerlukan tempat yang jauh lebih besar. 


Untuk itu penting bagi pemula yang berniat memelihara ikan ini harus mengetahui terlebih dahulu cara memelihara ikan koi yang baik dan benar.


Berikut adalah beberapa faktor yang mempengaruhi umur ikan koi:

 

  • Tempat atau luas kolam.
  • Kualitas air 

Faktor tempat atau luas kolam dan kualitas air adalah faktor utama yang sangat mempengaruhi umur ikan koi yang kita pelihara. Kualitas air yang buruk dapat menyebabkan kematian dini pada ikan koi. Kita memang tidak tahu pasti, namun jika mereka hidup di kolam yang lebih luas, mereka dapat tetap hidup lebih dari 20 tahun lagi. 


ikan koi yang bagus

Menurut Dragon Fang, kolektor profesional ikan koi sekaligus pemilik Dragon Koi Center di Jakarta mengatakan, "Ikan koi bisa berumur panjang apabila kondisi PH airnya netral, dan bebas dari zat-zat berbahaya seperti klor dan sulfur. Selain itu juga air harus banyak mengandung oksigen." 


Lalu apa yang diperlukan untuk menjaga agar air kolam tetap ber- PH netral? Salah satunya adalah menggunakan teknik filterisasi, dengan demikian pemilik tidak harus membersihkan kolam setiap saat namun hanya membersihkan mesin filter kolam tersebut. 


Patokan yang bisa digunakan yaitu sebuah filter dipakai untuk satu kubik air berisi 5 koi berukuran 50 cm yang dibersihkan sebulan sekali. Selain itu pemilik harus menyesuaikan ukuran ikan koi dengan ukuran kolam jangan sampai kolam terlalu kecil bagi ikan koi. 


Begitulah gambaran mengenai umur yang bisa dicapai ikan koi. Ternyata ikan koi bisa hidup sampai ratusan tahun asalkan pemeliharaan dan perawatannya tepat, khususnya ukuran dan kebersihan kolam yang merupakan tempat kehidupan utama mereka. 

Terjawab lebih dari 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang