Berapa lama waktu yang dibutuhkan kebugaran untuk mulai berkurang?

Dilihat 1,2 rb • Ditanyakan sekitar 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Seberapa cepat tingkat kebugaran menurun? Dari bugar menjadi tidak terlalu bugar. Untuk benar - benar memahami apa yang terjadi pada tubuhmu ketika kebugarannya menurun, akan membantu jika kamu memahami bagaimana tubuh menjadi bugar. Untuk semua jenis fitnes yang akan kita bahas di sini, perubahan dapat terjadi tergantung dari waktu sejak olahraga terakhirmu. 


Segera setelah kamu berolahraga, tubuhmu akan mengalami perkembangan. Pertama - tama tubuhmu akan berusaha untuk mengganti semua energi yang kamu gunakan ketika berolahraga. Lalu tubuhmu akan membangun kembali otot - otot (jantung dan pembuluh darahmu juga merupakan otot) dan membuat otot - ototmu beradaptasi agar dapat melakukan olahraga selanjutnya dengan lebih baik.


Tergantung dari aktifitas yang kamu lakukan, kamu mungkin harus menunggu sampai dengan 3 hari sebelum kamu berolahraga lagi atau kami akan memiliki resiko mengalami kerusakan struktural. Setelah tubuhmu selesai memulihkan diri, saat itulah segala hal bisa menjadi buruk. Pertama - tama saya akan membahas mengenai apa yang terjadi ketika tubuhmu menjadi bugar. Lalu saya akan membahas mengenai apa yang terjadi ketika kamu berhenti berolahraga.


Ketika kamu berolahraga, tubuhmu beradaptasi dalam berbagai cara yang berbeda untuk membantu mengatasi tekanan yang kamu berikan kepadanya. Ketika kamu berhenti berolahraga, adaptasi tersebut akan kembali tergantung dari kecepatan adaptasi.


Kebugaran kardiovaskular: Ketika kamu melakukan olahraga kardio, kamu membat otot - otot sedikit bekerja. Awalnya, ketika kamu berhentik berolahraga, kamu akan melihat adanya perkembangan, tapi perkembangan tersebut akan berhenti cukup cepat. Hal utama yang membaik adalah sistem energi tubuhmu. Semakin keras kamu berolahraga, semakin baik sistem anaerobikmu, semakin lama kamu berlari, semakin kamu melatih sistem aerobikmu.


Pernafasan aerobik sangat efisien dalam menciptakan energi dalam hal energi sebagai bahan bakar, tapi sangat lambat dan bergantung pada oksigen, yang tidak mudah masuk ke dalam sistem tubuhmu. Energi anaerobik digunankan ketika sel - sel mu tidak memiliki akses ke banyak oksigen, tapi menggunakan lebih banyak energi daripada yang tercipta. Ketika kamu menggunakan energi dalam jumlah yang sangat tinggi ketika bebannya lebih berat dari 20% dati 1 pengulangan maksimalmu, aliran darah ke otot akan diputus untuk sementara waktu untuk mencegah otot mendapatkan oksigen. Hal ini terjadi ketika ase konsentrasi dari suatu gerakan. Hal ini adpat terjadi ketika kamu berlari dengan cepat, setiap kali kakimu menjejak, ketika kamua berolahraga dengan keras, atau mengangkat beban.

Dalam hal kemampuan aerobik, adaptasi utama yang dilakukan oleh tubuhmu adalah pertukaran udara dengan sel - selmu. Lebih banyak gelembugng alveoli di dalam paru - paru (lebih banyak tempat oksigen bisa masuk dan karbondioksida bisa keluar). Lebih banyak pembuluh kapiler di dalam paru - paru (pipa yang lebih besar bagi darahmu untuk terhubung dengan alveoli). Lebih banyak pembuluh kapiler pada otot - ototmu (lebih banyak tempat bagi darah untuk menempatkan oksigen dan membesihkan karbondioksida). Lebih banyak volume darah. Lebih banyak sel darah merah (untuk membawa oksigen dan membersihkan CO2) - ini juga salah satu cara yang digunakan para atlet "obat bius darah", mereka menambahkan sel darah merah untuk membuat oksigen dalam tubuh menjadi leih efisien. Jantung yang lebih kuat (janutng mampu memompa lebih banyak dengan pompa yang lebih rendah). Pertukaran yang lebih efisien karena mambaiknya gradasi antara darah dan jaringan. Jumlah mitokondri yang lebih tinggi di dalam serat otot yang dibutuhkan oleh otot untuk memproses peningkatan kebutuhan energi. 

Energi anaerobik sangat membantu dalam hal - hal di atas. Energi anaerobik tidak secara spesifik membutuhkan banyak pertukaran gas, tapi energi ini harus dapat mengubah piruvat dan ion hidrogen menjadi laktat untuk daur ulang melalui siklus cori. Terkait dengan ion hidrogen, kamu tahu sensasi terbakar pada otot - ototmu ketika kamu berolahraga dengan keras, terutama ketika kamu melakukaan olahraga ketahanan? Saat itulah io hidrogen terbentuk dan mengganggu sinyal dari sistem sarafmu dan menyuruhnya untuk bekerja. 

Fitnes anaerobik meningkatkan kapasitas kemampuan dari oksigen dan karbondioksi sementara fitnes aerobik meningkatkan efisiensi dari pertukaran. Fitnes anaerobik meningkatkan kemampuanmu untuk mengeluatkan laktat dan menahan ion hidrogen sehingga memungkinkan kamu untuk berolahraga lebih banyak tanpa rasa terbakar.

Dalam waktu berapa lama semua itu akan hilang? Bagaimana prosesnya? Kalau awalnya kondisimu kurang bugar, lalu kamu berolaraga dan menjadi bugar setelah itu kamu berhenti berolahraga, kebanyak adaptasi di atas belum menetap, jadi kamu akan balik lagi ke kondisi awal dalam waktu yang lumanaya cepat. Kalau kondisi kebugaranmu sudah sangat baik dan tiba - tiba kamu berhenti, yang terjadi akan berbeda.

Dalam hal fitnes, hal pertama yang harus kamu perhatikan adalah kapasistas maksimum dari kardiovaskularmu dan ketahanan. Kamu akan kehilangan VO2 maksimal dan ketahanan dalam waktu yang cukup cepat. Hal tersebut terjadi karena tubuhmu mengurangi kembali sel darah merah ekstra yang tercipta ketika kondisi tubuhmu bugar. Kamu tidak lagi membutuhkannya, sehinga tubuhmu berhenti memproduksi pada kecepatan yang tinggi. Dalah sehari ada jutaan sel darah merah yang diproduksi, jadi setelah seminggu, tubuhmu akan kembali normal. Membutuhkan waktu 3 - 4 minggu sampai pembuluh kapilermu menghilang. Selain itu, jumlah mitokondria pada massa ototmu akan menurun sampai dengan 50% dalam waktu satu minggu.


Saya berhenti berolahraga selama satu tahun karena berbagai alasan. Dari yang tadinya bisa berlalu sejauh 5K dalam waktu 19 menit, saya bahkan tidak bisa menyelesaikan 3K dalam waktu yang sama. Saya berhasil berlalu 6K dalam waktu 21 menit beberapa bulan kemudian.


Kekuatan otot: Dalam hal kekuatan oto dan fitnes, tubuhmu akan terlebih dahulu memperbaiki pengolahan pesan sistem saraf pusat. Kekuatan yang kamu rasakan ketika kamu pertama kali berolahraga? Semua itu ada di kepalamu. Semua itu tidak benar - benar berhubungan dengan adaptasi otot manapun, lebih ke saraf. Membutuhkan waktu 2 - 8 minggu untuk membuat sistem saraf pusatmu beradaptasi dari olahraga yang kamu lakukan.

Tubuhmu memiliki dua jenis otot, tipe I (oksidatif, yang digunakan untuk aktifitas ketahanan) dan tipe II (glikolitik, yang digunakan untuk aktifitas yang intens). Tipe II memiliki potensi massa otot yang lebih besar, sementara tipe I ditingkatkan dengan cara yang sama yang dilakukan oleh latihan kardiovaskular dalam meningkatkan kondisi tubuhmu, dengan memperbaiki jalan untuk mengalirkan darah dan udara ke dalam otot - ototmu. 

Untuk otot tipe II, tubuhmu tidak membangun serat otot baru, tapi membuat otot - otot yang sudah kami miliki menjadi lebih besar dengan meningkatkan ukuran dan jumlah dari filamen myosin dan actin, membuat myofibrils (wadah dari myosin dan actin) lebih cair di dalam sel otot dan meningkat di dalam jaringan yang berhubungan. Otot tipe IIb (memiliki tenaga yang besar tapi tidak bertahan lama) berubah menjadi otot tipe IIa ketika berolahraga.


Selain itu tubuhmu dapat meningkatkan kepadatan tulang sebagai hasil dari latihan ketahanan untuk dapat menangani beban yang kamu angkat dengan dengan baik. Adaptasi otot dan tulang ini membutuhkan waktu bertahun - tahun untuk berlangsung dengan sepenuhnya. Tapi berbeda dengan hipertrofi, membutuhkan 16 sesi latihan untuk melihat perubahan yang dapat bertahan bagi seseorang yang belum pernah berolahraga


Bagaiman semua itu akan hilang? Bagaiman prosesnya? Tubuhmu akan berhenti membangun otot baru. Kamu menunjukkan kepada tubuhmu bahwa kamu tidak membutuhkan otot - otot tersebut lagi. Jika kamu makan dengan baik, tubuhmu tidak akan membuat otot - ototmu menyusut, tapi dia tidak akan lagi memperbaiki  otot - otot tersebut. Seiring dengan berjalannya waktu, tubuhmu akan kembali ke kondisi stabil yang beradaptasi terhadap beban yang kamu berikan ke tubuhmu. Pada titik ini, hal tersebut sangat bergantung pada siap kamu dan seberapa baik kamu berolahraga. Semakin lama kamu tidak berolahraga, semakin banyak ototmu yang akan hilang.


Yang terakhir, kalau kamu tidak mengkonsumsi cukup banyak kalori untuk menjaga metabolismemu, tubuhmu akan mulai mengkonsumsi ototmu untuk mendapatkan energi. Kabar baiknya, semakin tinggi tingkat kebugaranmu, semakin sedikit waktu yang kamu butuhkan untuk memperbaiki bentuk tubuhmu. Ingatan ototmu bertahan untuk waktu yang lama bahkan setelah otot - ototmu menyusut. Tubuhmu ingat bagaimana ototmu mampu untuk berlari dan mengangkat beban, kamu hanya perlu mengingatkannya dan meningkatkan kebugaran otot - otot, pembuluh darah dan paru - parumu kembali. Mungkin kamu juga bisa menurunkan berat badan dalam prosesnya.

Terjawab sekitar 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang