Berapa penghasilan supir mobil truk?

Dilihat 1,23 rb • Ditanyakan sekitar 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Menjalani profesi sebagai seorang supir truk tidaklah semudah bayangan yang ada dibenak masyarakat awam. Segala hal dan juga resiko bisa terjadi di jalanan ketika kita lalai sejenak dan hilang kewaspadaan. Berbeda dengan profesi supir kendaraan umum ataupun kendaraan ringan yang berpenumpang sedikit, seorang supir truk yang membawa kendaraan besar dituntut untuk senantiasa mampu menjaga keamanan dan keselamatan diri, barang bawaan dan juga pengendara lain di jalan raya.


Mencari pengemudi kendaraan berat seperti truk ternyata tidak mudah. Apalagi sang pengemudi disyaratkan sebagai pekerja yang profesional dan tahu betul bagaimana menjalankan kendaraan dengan bobot besar tersebut. Hal inilah yang terjadi di berbagai negara berkembang, kebanyakan para pengusahan di sana melakukan rekrutmen dengan memasang iklan lowongan supir truk di berbagai media sepanjang tahun untuk mencari sopir truk yang bisa diandalkan. Namun hasil usaha tersebut masih kurang memuaskan.

 
sopir truk
            

Banyak perusahaan besar skala nasional yang mengeluh tentang betapa susahnya mencari tenaga kerja sebagai sopir truk. Merekrut pengemudi truk yang baik bisa diibaratkan seperti mencari jarum dalam tumpukan jerami. Iklan yang dipasang mengenai lowongan supir truk kadang kurang efisien untuk menggaet seorang supir truk profesional, dan sering kali menawarkan gaji supir yang tidak sesuai. Tak jarang spesifikasi yang diminta oleh perusahaan tidak dapat dipenuhi pelamar, para pelamar yang datang hanya tahu bagaimana caranya mengemudikan truk, namun mereka tidak mengerti lebih jauh tentang safety driving, khususnya untuk kendaraan berat seperti truk.


Setiap tahun atau bahkan setiap beberapa bulan sekali beberapa perusahaan membuka lowongan supir truk, melakukan proses seleksi dan juga wawancara terhadap calon pegawai. Namun hal tersebut dirasa masih belum efektif untuk menjaring beberapa tenaga kerja sopir truk yang profesional. Alhasil beberapa perusahaan juga berupaya memutar otak untuk mencari alternatif lain dengan cara memberikan pelatihan terlebih dahulu kepada para calon supir truk perusahaan.


Pelatihan ini biasanya dilakukan dengan cara proses pendampingan. Dimana para supir truk baru ditugaskan untuk menjadi kondektur supir truk yang sudah senior. Hal ini dimaksudkan agar para calon supir truk baru bisa otodidak memahami tentang bagaimana menjalankan sebuah profesi sebagai supir truk secara profesional.


Dengan demikian, masalah mengenai kebutuhan perusahaan untuk keperluan supir truk menjadi terpecahkan. Selain itu, kini bahkan lowongan supir truk di Indonesia justru semakin dicari oleh para pekerja yang suka dengan petualangan. Namun yang pasti, pengetahuan yang mumpuni di bidang transportasi haruslah dimiliki oleh supir truk agar memahami berbagai jenis tanggung jawab seorang supir seperti pengenalan area, keselamatan di jalan, kecakapan merawat kendaraan dan banyak hal lain.


Gaji Supir Truk dan Lika-Liku Kehidupan Ekonominya


Di Indonesia, seorang supir truk bisa membawa pulang hasil kerja ke rumah atau take home pay antara Rp 5 juta sampai Rp 7 juta per bulan (atau setara dengan 60 – 84 juta rupiah per tahun). Untuk ukuran karyawan atau pekerja di Jakarta dan sekitarnya, gaji supir truk tersebut cukup bagus dan lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.


Jumlah tersebut meliputi upah minimum provinsi (UMP) sebesar Rp3,1 juta per bulan di Jakarta. Jika ditambah uang performance atau prestasi kerja masing-masing seperti kinerja baik, jarak tepuh, zero kecelakaan dan volume barang atau BBM yang didistribusikan, maka akumulasinya bisa mencapai minimal Rp 5 juta itu.


Sekilas mengenai pemahaman tentang profesi dan juga gaji supir truk, berikut ini adalah ulasan kisah kehidupan ekonomi seorang supir truk yang sudah menjalankan profesinya selama bertahun-tahun. Silahkan di simak secara seksama, semoga dapat menjawab pertanyaan yang anda ajukan.



Biasanya supir mobil truk lintas wilayah seperti mendapatkan bayaran yang rendah dari rentang tersebut. Kalau ini agak bertolak belakang dengan pemikiran anda, saya akan jelaskan alasannya. Pada hari yang cerah, di dunia yang indah, itulah yang saya lakukan. mengemudikan mobil truk. Saya jarang melakukan bongkar muat seperti yang biasa dilakukan supir lokal. Nanti saya akan jelaskan lebih lanjut. Saya biasanya mengangkut kargo penuh barang, hal tersebut berarti bahwa isi dari mobil truk yang saya bawa semuanya memiliki satu tujuan. Mungkin anda sudah tahu, saya dibayar berdasarkan jarak tempuh.


Jadi kalau mobil truk tidak jalan, saya tidak dapat uang. Saya juga kadang mencari uang tambahan, tapi itu tidak cukup. Uang tersebut biasanya saya dapatkan dengan menurunkan barang-barang di truk. Kadangkala barang yang saya bawa harus diambil dari beberapa tempat atau diturunkan di lebih dari satu tempat, dan saya akan mendapat bayaran untuk setiap pemberhentian tambahan. Basanya, waktu yang dibutuhkan untuk menunggu barang dinaikkan atau diturunkan tidak dihitung, tapi kadang ada juga perusahaan-perusahaan seperti tempat saya berkerja yang akan membayar jika saya menunggu terlalu lama. Memang nilainya kecil, tapi paling tidak saya dapat tambahan uang.

 supir truk

Jika karena suatu hal yang bukan kesalahan saya, saya harus duduk menunggu di suatu tempat selama 24 jam atau lebih, saya akan mendapat uang "singgah". Hal ini jarang terjadi dan biasanya ada hubungannya dengan sesuatu yang tidak terduga seperti pembatalan muatan barang atau adanya kerusakan. Lagi- agi nilainya lebih kecil dari bayaran saya kalau mengemudikan mobil truk.


Ok, saya akan membahas tentang supir truk lokal dan kenapa bayarannya lebih tinggi. Sebagian besar supir truk lokal tidak akan bisa mencapai tujuan akhirnya jika mereka dibayar berdasarkan jarak tempuh, jadi mereka bekerja berdasarkan jenis pembayaran yang berbeda. Kebanyakan dari mereka dibayar berdarkan waktu kerja. Memang ada juga yang dibayar berdasarkan jarak tempuh, tapi mereka akan dibayar per jam setiap kali mereka berhenti untuk mengambil atau mengantar barang. Hampir semua pekerjaan melibatkan pengambilan barang di lebih dari saru tempat dimana mereka akan mendapatkan bayaran untuk setiap tempat perberhentian. Banyak juga supir mobil truk yang menurunkan muatan truknya pada pemberhentian tersebut jadi mereka mendapat bayaran yang cukup bagus.


Semua itu pada akhirnya akan membuat mereka mendapatkan bayaran yang tinggi. Selain mendapat bayaran yang lebih tinggi dibanding kami supir truk antar wilayah, keuntungan lain yang mereka dapatkan adalah mereka bisa selalu ada di rumah setiap malam. Tapi saya sendiri senang berada di jalan dan tidak ingin menukarnya untuk apa pun. Untungnya, istri saya sangat pengertian.


Sekarang, saya akan membahas tulisan "sampai dengan" yang sering anda lihat di bagian belakang truk. Hal tersebut biasanya berhubungan dengan tingkat pengalaman seorang supir mobil truk. Sesederhana itu, sebagian besar perusahaan membayar untuk pengalaman yang dimiliki, sama seperti pekerjaan-pekerjaan lainnya. Sehubungan dengan pengeluaran, segala hal yang saya bayar dalam mobil truk bos saya akan diganti. Saya hanya perlu menyerahkan bukti pembayaran.


Demikian ulasan mengenai gaji dan cerita singkat kehidupan seorang supir truk yang senantiasa sabar menjalani lika-liku hidup yang dinamis. Semoga penjelasan dalam artikel ini bermanfaat untuk anda dan cukup membantu anda dalam mengambil keputusan kedepannya. Selamat berusaha...!!!


Terjawab 12 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang