Berapa percent budak yang tidak dibebaskan pada teks proklamasi Abraham Lincoln?

Dilihat 518 • Ditanyakan lebih dari 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Ini pertanyan mengenai sejarah yang cukup menarik. Secara teknis, teks proklamasi membebaskan seluruh budak sebagai pengganti dari pemberontakan terhadap Amerika Serikat, dengan pengecualian untuk wilayah serikat di negara konfederasi, dan Tennessee atas perintah dari Gubernur Andrew Johnson ( Tennesse merupakan bagian dari negara konfederasi, namun juga terdapat pemerintahan serikat di sana).

Beberapa orang mengatakan bahwa teks proklamasi merupakan sesuatu yang tidak efektif karena teks tersebut tidak benar-benar membebaskan seluruh budak. Jika kita mengesampingkan pemikiran bahwa pernyataan tersebut melemahkan pentingnya teks proklamasi, maka hal tersebut tidak benar.

Eric Foner, seorang sejarawan perang sipil yang terkemuka memperkirakan bahwa sekitar 20,000-50,000 budak dibebaskan karena teks proklamasi Lincoln pada 1 Januari 1863. Meskipun masih terdapat wilayah (seperti Arkansas) yang masih berada di bawah pengaruh pemberontakan, pada saat itu tetap dijalankan oleh militer serikat. Oleh karena itu pada budak di wilayah tersebut mendapatkan kebebasan penuh.

Pada tahun 1860, jumlah budak di Amerika Serikat adalah sebanyak 4 juta orang. Sebanyak 10,000 orang budak melarikan diri dari perbatasan serikat selama masa perang dan kongres memberlakukan tindakan pengambil alihan yang memungkinkan para tentara untuk mengambil budak dari pada pemberontak.

Untuk menyederhanakan, mari kita gunakan angka pada tahun 1860 meskipun sebenarnya jumlah tersebut tidak akurat karena sudah banyak budak yang dibebaskan. Dengan menggunakan perkiraan yang paling rendah dan membaginya dengan jumlah budak di tahun 1860, kita memiliki (20,000/3,950,528) * 100 = 0.506% dari jumlah budak di Amerika yang dibebaskan melalui teks proklamasi. Dengan kata lain, sebagian besar budak (sekitar 99.5 to 98.7% , tergantung data yang anda gunakan) secara teknis tidak dibebaskan melalui teks proklamasi.

Jangan lupa bahwa ada sekitar 400,000 budak di perbatasan yang terkena pengecualian dari teks proklamasi (di luar 275,000 budak di Tennesse yang juga terkena pengecualian dari teks proklamasi). Meskipun begitu,** teks proklamasi tidak selayaknya dianggap remeh** walaupun teks tersebut tidak secara langsung membebaskan banyak budak. Walau bagaimanapunn, teks tersebut merupakan awal dari akhir perbudakan di Amerika.

Sejak saat itu, pemerintah Amerika Serikat telah memasukan berbagai pertimbangan mengenai kebebasan. Walaupun perbudakan masih tetap ada di perbatasan Delaware, Kentucky, Maryland, dan Missouri, institusi memiliki kekuatan yang rapuh.

Terjawab lebih dari 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang