Berapakah perkiraan biaya pernikahan di Indonesia?

Dilihat 812 • Ditanyakan lebih dari 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Bagi kebanyakan orang, pernikahan adalah sesuatu yang sakral dana hanya pantas dilakukan sekali seumur hidup. Maka dari itu, mereka akan berusaha semaksimal mungkin memberikan yang terbaik untuk mewujudkan pernikahan yang menjadi impian mereka. 

Baik resepsi pernikahan yang dilaksanakan secara mewah maupun secara sederhana, setiap pasangan pasti akan mempersiapkannya secara matang, baik itu dekorasi pernikahan, baju pengantin, tempat pernikahan, katering, dan lain sebagainya agar semuanya berjalan sempurna. 


Banyak pasangan yang rela mengeluarkan budget tinggi agar mendapatkan pernikahan yang berkesan elegan dan tidak dipersiapkan ala kadarnya. Namun, berapakah kisaran biaya pernikahan di Indonesia? Berapa uang yang harus dipersiapkan calon mempelai, seperti berapa harga dekorasi pernikahan, katering, dan hiburan?


Mari simak penjelasan singkat di bawah ini agar rencana sekali seumur hidup anda berjalan sempurna!


dekorasi pernikahan



Rencana Persiapan Pernikahan



Harga dekorasi pernikahan tentu ada beragam, tergantung di mana kita memesannya. Tapi tentu semua bisa disesuaikan dengan budget yang dimiliki oleh setiap pasangan dan disesuaikan dengan tema dekorasi pernikahan

Tema ini bisa kita dapatkan dari even organizer ataupun dengan ide kita sendiri. Misalnya kita ingin pernikahan dengan tema alam yang dilakukan di ruangan terbuka atau outdoor.


Bisa juga kita menggunakan tema Harry Potter, apabila kedua mempelai adalah penggemar penyihir hebat tersebut. Tema ini pernah dicoba oleh pasangan dari luar negeri dan sangat sukses!

Namun harus diingat, terkadang harga dekorasi pernikahan secara indoor lebih mahal dibandingkan dengan outdoor.

 

Selain tema, apalagi yang harus kita pikirkan?


Nah, beberapa yang harus dipikirkan dalam mempersiapkan acara pernikahan adalah sebagai berikut:


  • Tempat acara pernikahan berlangsung. Apabila ingin dilangsungkan di rumah, walaupun tempat gratis tapi kita harus memperhatikan juga luas rumah dan jumlah tamu yang akan datang. Jika kita memutuskan untuk melangsungkan acaranya di gedung, carilah info terlebih dahulu tentang harga sewa gedungnya per hari, dan cari tahu juga apakah harga tersebut juga termasuk harga tukang bersih-bersih. 
  • Konsumsi. Hal ini harus dipertimbangkan, apabila keluarga besar pengantin dapat membantu, maka kita tidak perlu menyewa jasa katering pernikahan. Ingat, jangan serahkan soal makanan kepada pihak yang bukan profesional, karena memasak untuk ratusan orang dan memastikan rasa tetap terjaga bukanlah hal mudah. Jangan sampai menyesal!
  • Peralatan dan perlengkapan yang dibutuhkan seperti kursi, tenda, stand makanan, acara hiburan yang anda inginkan, dan lainnya harus dipersiapkan.
  • Undangan harus disesuaikan dengan acara pernikahan yang akan kita laksanakan. Jangan sampai kita memilih kartu undangan yang sangat mewah untuk acara pernikahan yang dilakukan di pinggir jalan.
  • Cinderamata untuk diberikan kepada para tamu, bisa berupa gantungan kunci, permen, kipas, dan masih banyak lagi. Di tempat yang tepat, kita bisa mendapatkan souvenir dengan harga yang terjangkau.
  • Rias pengantin. Ada yang wedding organizer yang memberi paket dekorasi dengan rias pengantin. Biasanya mereka sudah bekerja sama dan masuk ke dalam paket yang ditawarkan. Di beberapa tempat, harga dekorasi pernikahan sudah dipaket dengan gedung sekaligus.

dekorasi pernikahan



Persiapan Dekorasi Pernikahan



Mendekorasi sebuah pernikahan bukanlah sesuatu yang gampang, diperlukan keterampilan agar dekorasinya bagus dan menarik. Maka dari itu, dekorator yang dipekerjakan oleh wedding organizer biasanya adalah sekumpulan desainer dan florist profesional.


Memang mendekorasi itu tidak harus mahal, tapi tentu hasil tidak akan membohongi harga. Jasa profesional tidak murah harganya, tapi jika kita bisa puas dengan hasil dekorasi yang tidak terlalu 'wah', maka kita bisa mencari yang harganya sesuai dengan kantong.


Namun, akan lebih murah apabila kita yang memberikan ide dan inspirasi dekorasi pernikahan kita sendiri kepada para dekorator. 


Hal-hal yang perlu kita pertimbangkan dalam mencari ide untuk dekorasi pernikahan adalah sebagai berikut:


  • Tema dan dekorasi pernikahan harus sesuai, baik tema tradisional, ke barat-baratan, Asia, atau campuran tradisional dan western. Misalnya, jangan gunakan warna hitam jika pernikahan kita bernuansa Mandarin.
  • Pernikahan indoor atau outdoor. Selain tema, hal lain yang harus dipersiapkan adalah tempat pelaksanaan pernikahan. Prediksikan cuaca dan lainnya, jangan sampai memutuskan outdoor tapi cuaca sedang buruk sehingga acaranya tidak bisa berjalan sesuai rencana.
  • Pilih tim yang tepat untuk mendekor. Ada banyak yang menyediakan jasa dekorasi dengan beragam harga, dan mereka tentu menyediakan contoh atau foto-foto hasil dekorasi dari acara-acara yang pernah mereka tangani. Perhatikan dengan baik-baik dan jangan tergesa-gesa memutuskan.
  • Bunga segar dan kertas untuk hiasan. Untuk penghematan, kita bisa menggunakan bunga kertas. Jasa dekorasi biasanya hanya akan meminjamkannya saat acara, dan mereka akan membawanya kembali setelah acara selesai. Tapi jika ada uang berlebih, tak ada salahnya menggunakan bunga segar yang harum dan cantik. 


dekorasi pernihakan



Perkiraan Biaya Pernikahan



Sekarang, saatnya kita merinci biaya pernikahan secara kasar dan sederhana, karena harga jasa dan barang sangat dipengaruhi oleh daerahmu. Tidak mungkin kita menginginkan harga pernikahan seperti di Malang ketika kita tinggal di Jakarta, bukan?



  • Biaya KUA dan Penghulu

Meski dari tadi belum disebutkan, kita tidak boleh lupa dengan unsur terpenting sebuah pernikahan, yaitu penghulu. Pernikahan kita tidak sah secara agama apabila kita tidak di dampingi penghulu dan tidak resmi secara hukum apabila tidak dicatatkan di KUA. 

Biaya untuk kedua hal ini tidak mahal, untuk mengundang penghulu biayanya hanya sekitar Rp 600.000,- dan ditambah Rp 100.000,- untuk biaya cek kesehatan calon mempelai wanita. Cek kesehatan ini adalah salah satu syarat berkas KUA. Selain biaya tersebut, setiap pasangan yang hendak menikah juga harus membawa satu bibit pohon untuk diserahkan ke KUA.


Untuk menghemat, kita bisa datang saja ke KUA tanpa mengundang penghulu, karena pencatatan di KUA gratis tanpa dipungut biaya. Dengan begitu, kita bisa menghemat Rp 600.000,-



  • Penyewaan Gedung/Aula

Jika kita tidak mau melaksanakan pernikahan di rumah, maka menyewa gedung adalah salah satu pilihannya. Pastikan gedung yang kita pilih memiliki daya tampung yang sesuai dengan jumlah undangan kita, jangan sampai terlalu sempit dan jangan terlalu luas karena akan terkesan kosong.


Harga sewa gedung sehari di Jogja untuk tamu sekitar 300 orang adalah sekitar 2 juta dan 5 juta untuk gedung berkapasitas 1000 tamu. Berarti, harga untuk di Jakarta dan kota besar lainnya bisa mencapai dua kali lipat, kita harus mengantisipasi hal ini dengan banyak survey dan mencari informasi.


Jangan pernah malas membandingkan harga dan mencari gedung dengan dengan harga terbaik. Ingat, gedung harus di-booking setidaknya 5 bulan sebelum acara karena terkadang persaingan antrean gedung lebih ketat daripada antre sembako :D



  • Makanan dan Katering

Bukan rahasia lagi bahwa masyarakat selalu menilai sukses atau tidaknya sebuah pernikahan dari rasa dan jumlah makanan yang disediakan. Selalu pesan atau masak dalam jumlah berlebih agar tidak ada yang kehabisan makanan. Misal, jika tamu undangan 500 orang, kita setidaknya harus menyediakan makanan untuk 800-1000 orang.


Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, selalu sewa jasa profesional untuk katering pernikahan anda agar tidak ada penyesalan. Untuk katering makanan sederhana, siapkan dana sekitar 30-35 juta untuk 1000 porsi. Ini belum termasuk biaya camilan seperti siomay, es krim, atau puding. Untuk camilan tidak masalah jika tidak berlebih, karena bukan sesuatu yang wajib ada.


Jika ingin menghemat, kita bisa menyewa jasa 'tukang masak kawinan'. Mereka adalah sekumpulan wanita yang biasa diminta untuk memasak di acara-acara pernikahan sederhana, dijamin profesional, dan harganya pun lebih murah dibanding perusahaan katering besar.



  • Riasan dan Baju Pengantin

Terlepas dari sisi emosional. akan lebih murah untuk menyewa baju pengantin daripada membelinya. Jika ditambah dengan riasan, maka harga sepasang baju pengantin bisa mencapai 5 juta dan kemungkinan besar baju itu hanya akan memenuhi lemari kita.


Carilah referensi harga di media sosial, selalu bandingkan harga, dan manfaatkan jasa teman-teman yang ahli merias pengantin. Ingat, ahli rias pengantin berbeda dengan ahli rias cosplay atau jalan-jalan sore.



  • Undangan dan Souvenir

Harga undangan sangat beragam, tergantung dari jenis kertas dan desain yang kita pilih. Undangan biasa bisa berkisar Rp 2.500,- hingga Rp 5.000,- per lembarnya. Dari harga ini, biasanya banyak percetakan yang memberikan promo diskon untuk pembelian dalam jumlah tertentu. Maka sekali lagi, jangan lelah untuk mencari tempat yang menyediakan kualitas terbaik dengan harga terendah.


Untuk souvenir, akan menyenangkan jika pasangan sendiri yang pergi untuk membelinya dan memilih barang-barang yang mereka sukai. Banyak toko di pasar grosir yang menyediakan souvenir murah dalam bentuk lusinan hingga kodian, sudah dibungkus cantik dan ditempeli tulisan "Terima kasih atas kedatangannya". Harga selusin gunting kuku kecil di toko grosir hanya sekitar Rp 10.000,-.



  • Foto dan Dokumentasi

Untuk hal ini, akan mudah jika kita punya banyak teman. Photographer adalah profesi kebanyakan anak muda jaman sekarang dan kita bisa meminta bantuan mereka untuk menekan biaya.


Tapi jika tetap ingin menggunakan jasa profesional, kita bisa menyewa photographer dan cameramen profesional untuk sehari. Biayanya berkisar 5 juta hingga 10 juta, biasanya kita akan mendapatkan foto-foto yang sudah dicetak dan soft copy, album foto, serta CD yang berisi rekaman jalannya acara.



dekorasi pernikahan



Ada banyak cara untuk menekan biaya pernikahan tanpa mengurangi kebahagiaan semua pihak, kita hanya harus pandai mencari celah di mana, bagaimana, dan apa yang harus kita lakukan.

Misalnya, laksanakan akad nikah dan resepsi di hari yang sama. Dengan demikian, kita telah menghemat biaya rias pengantin, dekorasi, dan makanan para tamu undangan.


Untuk dekorasi pun demikian, jika kita bisa mendekorasi pernikahan sendiri dengan bantuan keluarga dan sahabat, tentu biaya yang dikeluarkan juga jadi lebih irit.


Bagaimanapun juga, yang terpenting adalah bagaimana kita menjalani kehidupan bersama pasangan setelah resmi menjadi suami istri. Jangan sampai kita menghabiskan seluruh tabungan hanya untuk acara pernikahan. Bicarakan dengan pasangan bagaimana rencana setelah menikah dan gunakan uang dengan sebaik-baiknya.


Semoga bermanfaat dan semoga berbahagia!

Terjawab lebih dari 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang