Berapa persen yang didapatkan sales mobil setelah selesai menawarkan harga, entah bekas atau baru?

Dilihat 425 • Ditanyakan 12 bulan lalu
1 Jawaban 1



Sales dan marketing merupakan ujung tombak dari sebuah perusahaan otomotif. Alasannya, laku tidaknya sebuah produk otomotif amat bergantung dari gencarnya bagian sales dan marketing melakukan pendekatan kepada calon konsumen. Terlebih pasar otomotif di Indonesia sedang tidak terlalu bagus kondisinya.


Jika bicara cita-cita, tentu setiap individu terbayang akan profesi yang menarik, sebut saja dokter, ahli IT, pegawai bank, dan profesi beken lainnya. Jarang yang melirik profesi sales mobil alias tenaga penjual. Hal itu lantaran stigma yang melekat di masyarakat, di mana profesi sales masih dipandang sebelah mata. Pendapatan atau gaji sales mobil dianggap tidak stabil, kerja tidak kenal waktu, dan sering berada di jalanan. Singkat kata, menjadi seorang sales mobil merupakan profesi yang tidak menjanjikan.


Menjadi seorang sales mobil adalah suatu profesi yang butuh perjuangan ekstra keras, dimana untuk memenuhi target perusahaan, mereka mencari konsumen dengan cara menjemput bola atau turun langsung ke lapangan, meskipun pada kenyataanya sungguhlah sulit untuk menjual mobil tersebut, sehingga dibutuhkan suatu jaringan penjualan agar dapat menjualnya. Dan bagi mereka yang masih baru diperlukan suatu perjuangan ekstra keras untuk menggebrak pasar.


Banyak orang yang berpikir bahwa tujuan seorang sales mobil hanyalah menjual suatu kendaraan agar yang bersangkutan mendapatkan komisi sales mobil sebanyak-banyaknya. Padahal nyatanya hal itu salah. Perlu dicatat bahwa, fungsi utama dari seorang sales mobil adalah membuat dealer memiliki keuntungan yang paling memungkinkan tetapi juga memuaskan pelanggan.


Lalu, sebenarnya seberapa besar gaji sales mobil tersebut? Yuk kita lihat uraiannya di bawah ini, namun sebelumnya untuk lebih jelasnya kita lihat dulu bagaimana sih penetapan harga sebuah mobil untuk dijual? Kalau begitu simak terus sampai habis ya.. 



Penetapan Harga Mobil


Dalam kerangka pemasaran, harga berinteraksi langsung dengan seluruh elemen lain dalam bauran pemasaran. Walau tidak berdiri sendiri, harga menjadi satu-satunya unsur marketing mix yang memberikan pemasukan atau pendapatan bagi perusahaan. Harga juga merupakan komponen yang berpengaruh langsung terhadap laba perusahaan. Sementara bagi konsumen, harga sering digunakan sebagai indikator nilai yang dihubungkan dengan manfaat yang dirasakan atas suatu barang atau jasa.

Karena itu, penetapan harga terhadap suatu produk atau jasa tidak mungkin dilakukan sekenanya. Sebab, penentuan harga punya kaitan yang sangat erat dengan laba, volume, citra dan stabilitas harga. Dan harga berimplikasi langsung terhadap strategi bersaing perusahaan.


Mobil baru mempunyai MSRP yaitu singkatan dari Manufacturer's Suggested Retail Price (Harga Eceran yang Disarankan Produsen). Jumlah ini ditentukan oleh produsen – bukan olah dealer. Harga ini harus diikuti oleh delaer jika ingin menjual produknya kepada konsumen lainnya. Harga ini berfungsi sebagai harga awal untuk negosiasi. Jika produsen mengharuskan dealer untuk menjual produk sesuai dengan harga MSRP, maka produk tersebut akan cukup terkenal. Kadang-kadang dealer akan posting "Faktur" harga untuk kendaraan di bawah MSRP dan menggunakan ini sebagai titik penjualan, yaitu harga satu-satunya yang diiklankan oleh produsen.

Namun, itu hanyalah satu sisi saja, karena sebagai produsen mobil, mereka juga mengiklankan mobil mereka untuk dijual. Jadi tergantung produsennya , mungkin saja tidak berkewajiban untuk mengikuti harga MSRP pada iklan-iklan tersebut serta menawarkan berbagai diskon, namun terkadang hanya perlu menunjukkan berapa banyak jumlah mobil yang akan dijual, sehingga di waktu lain syarat yang diberikan produsen ke delaer “diluar harga MSRP”, karena paket peralatan berbeda untuk setiap mobil.


Untuk mobil bekas, tidak banyak peraturan dalam mengiklankan atau penetapan harga mobil bekas dan kebanyakan produsen mobil tersebut tidak ikut mengiklankan mobil untuk mobil bekas yang di jual, kecuali untuk program CPO (Certified Pre-Owned) mereka sendiri. Mobil bekas jarang sekali dijual dengan harga yang diiklankan, karena setiap orang mengharapkan diskon dan sering mendapatkannya. Namun hal yang disebutkan diatas akan berbeda jika anda menemukan penjual yang tidak ada sistem tawar-menawar, yang selalu patuh pada peraturan mereka dan selalu menjual semuanya dengan harga yang diiklankan. 




Persentase Komisi Mobil Baru


Gaji dan tunjangan merupakan bentuk penghargaan dari perusahaan atas kontribusi karyawan, dan menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi kinerja dan tingkat kepuasan karyawan terhadap perusahaan. Meski begitu, setiap perusahaan memiliki standar pengupahan karyawan dan kebijakan mengenai bonus/tunjangan yang berbeda-beda, tergantung pada kemampuan perusahaan serta kualifikasi dan kompetensi yang dimiliki oleh SDM (sumber daya manusia).


Pernahkah terbayang berapa komisi sales mobil ketika berhasil menjual mobil. Para sales mobil ini ternyata mendapat beraneka ragam komisi. Jika berhasil menjual mobil mahal, komisinya bertambah besar. Jika tidak berhasil menjual mobil, tidak akan mendapat apa-apa. Yang berarti gaji sales mobil tersebut hanya sebatas gaji pokok saja.


Komisi yang diterima oleh marketing atau sales mobil biasanya menggunakan besaran persen. Jadi besarnya komisi tergantung dari jenis mobil yang dapat mereka jual. Dari komisi tersebut sales bisa bermain, misalnya memberi harga sedikit miring dari MSRP (Harga Eceran yang disarankan Produsen) namun resikonya komisi dia juga akan turun. Besarnya persen komisi tergantung dari masing-masing dealer (perusahaan) mobil tersebut.

Namun biasanya keberuntungan datang jika ada konsumen yang membeli mobil secara kredit. Sebab komisinya lebih besar dibandingkan pembelian mobil secara cash (tergantung tenor/jangka kredit & jenis mobil). Untuk saat ini komisi mobil baru dengan pembelian secara kredit ada di kisaran 12% s/d 30%. Karena mobil yang dibeli kredit biasanya menggunakan jasa perusahaan pembiayaan. Semakin banyak kredit yang diberikan oleh dealer ke maka perusahaan pembiayaan akan memberikan semakin besar potongan kepada dealer.  




Penjualan Mobil Bekas


Salah satu cara untuk menjual mobil bekas adalah dengan menitipkannya dengan showroom mobil. Praktek titip jual ini sudah lazim dan disukai. Pada skema titip jual di showroom, pembagian keuntungan umumnya ada 2 model, yaitu komisi dan persentase. Bagaimana cara kerjanya?


Pada model pertama, besarnya biaya untuk showroom yang dititipi untuk menjual mobil sudah ditetapkan. Contohnya seperti ini, berapa pun harga mobil terjual, showroom (sales mobil) mendapat komisi Rp 500 ribu atau Rp 1 juta.


Pada model kedua, bila mobil terjual, pemilik mobil mesti menyerahkan dana beberapa persen dari nilai transaksi yang telah disepakati di awal. Contohnya, bila mobil Anda laku, maka Anda wajib menyetor 4% dari nilai transaksi.


Selain model pembagian keuntungan, Anda juga mesti menyepakati mekanisme penitipan dan perawatan mobil selama dipajang di showroom. Misalnya, mobil dipajang maksimum 1 bulan, bila tidak juga laku dikembalikan ke pemilik.


Umumnya, showroom yang dititipkan akan mengajukan biaya perawatan. Soalnya, mobil pasti akan selalu dibersihkan setiap hari agar tampilannya selalu menarik. Begitu juga dengan mekanisme transaksi dan penyerahan surat-surat kendaraan mesti tercatat dengan jelas. 

(Baca: Bagaimana mendapatkan harga jual maksimal untuk menjual mobil bekas?)




Nah itulah penjelasan singkat mengenai penetapan harga mobil dan berapa persentase komisi yang di dapat sales mobil dari penjualan mobil tersebut, baik itu mobil baru maupun mobil bekas. Semoga informasi ini berguna terutama bagi mereka yang ingin memiliki karir sebagai seorang sales mobil. Yang harus diingat, apapun profesi kita, jika melakukannya dengan kesungguhan hati, pasti kita akan meraih sukses dibidangnya. Good Luck! (Baca:Seberapa banyak pengaruh goresan-goresan terhadap harga jual mobil bekas?)


Terjawab 11 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang