Berapa persentase jumlah Pramuka yang berhasil mencapai tingkat Eagle Scout pada program Boy Scout of America (BSA)? Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mencapainya?

Dilihat 658 • Ditanyakan lebih dari 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Beberapa tahun telah berlalu sejak saya menjadi seorang pemimpin (regu) pramuka, namun jika saya tidak keliru hanya sekitar 2% dari jumlah pramuka secara keseluruhan yang telah berhasil mencapai jenjang pramuka Eagle. 

Jenjang dimulai dari penggalang putra, penggalang ramu, penggalang rakit, penggalang terap, star, life, eagle, 4 jenjang pertama tidak memiliki lencana ataupun waktu yang disyaratkan untuk menyelesaikannya, sehingga secara rata-rata dapat diselesaikan dalam jangka waktu yang relatif lebih cepat (setidaknya satu tahun). Ketika seorang pramuka penggalang telah mencapai jenjang Penggalang terap, maka untuk mencapai jenjang yang yang lebih tinggi  ada persyaratan yang wajib dipenuhi untuk mendapatkan lencana dan dibutuhkan waktu tertentu. Star ( 4 bulan di jenjang Penggalang terap), life ( 6 bulan pada jenjang star), dan eagle (6 bulan pada jenjang life), jadi total waktu yang diperlukan untuk mencapai jenjang eagle adalah (1 tahun untuk jenjang-jenjang awal ditambah 16 bulan untuk jenjang-jenjang yang lebih tinggi) = 28 bulan (waktu minimal tercepat seorang pramuka dapat mencapai jenjang tertinggi, eagle)


Dibutuhkan pula waktu untuk menduduki posisi sebagai seorang pemimpin untuk jenjang yang lebih tinggi, jadi gunakan waktu semaksimal mungkin untuk menyelesaikan seluruh persyaratan, agar tidak banyak waktu terbuang. Berdasarkan pengalaman pribadi sebagai pemimpin pramuka selama kurang lebih 20 tahun, saya tidak akan merekomendasikan pencapaian dalam eagle rank secara terburu-buru. Seorang anak dapat bergabung dalam gerakan kepramukaan pada umur 11 tahun, ketika umur 18 tahun adalah waktu yang direkomendasikan untuk bisa mencapai jenjang eagle. Jika ia terburu-buru dan menyelesaikannya dalam batas waktu yang minimal, yaitu sekitar umur 13,5 tahun, maka masih ada waktu sekitar 4 tahun untuk memenuhi persyaratan secara lengkap dan melakukan banyak hal lainnya, tetapi kemungkinan besar mereka akan tidak tertarik untuk melanjutkannya lagi. Saya rasa gambaran secara umum adalah bahwa anak berumur 13 tahun belum cukup dewasa untuk mendapatkan jenjang kecakapan tertinggi dalam kepramukaan. 

Saya telah melihat contoh yang begitu ekstrim yaitu pencapaian jenjang tertinggi di Pramuka pada usia 14 dan pada usia 17 tahun 364 hari. Saya telah banyak menyaksikan seorang anak yang menyelesaikannya di kisaran usia 16-17 tahun. Dalam kisaran usia ini mereka telah cukup dewasa untuk diberi tanggung jawab menyelesaikan berbagai proyek dalam kepramukaan dan mereka tidak lagi banyak bergantung kepada orang tua atau pemimpin mereka, dan mereka masih sangat muda untuk tidak terlalu fokus pada perempuan, mobil ataupun olah raga.



Terjawab lebih dari 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang