Berapa umur terbaik untuk memulai olahraga Binaraga ?

Dilihat 13 rb • Ditanyakan sekitar 2 tahun lalu
1 Jawaban 1


Memiliki tubuh sehat dan ideal adalah impian sebagian besar orang. Bagi yang merasa terlalu kurus tentu ingin menambah berat badan & massa otot agar terlihat lebih berisi. Sedangkan mereka yang memiliki berat badan lebih, biasanya ingin mengurangi kadar lemak dalam tubuh,sehingga otot bisa terlihat lebih jelas dan tidak lagi tertutupi.

Bodybuilding atau binaraga adalah program pembentukan tubuh untuk membangun massa otot dan berat badan.Dengan cara mengatur pola makan, latihan, istirahat hingga suplementasi yang tepat.

Binaraga adalah jenis olahraga yang banyak digemari oleh para pemuda, dalam usahanya membentuk tubuh yang indah hingga nampak kokoh, kuat dan perkasa. Sesuai dengan penampilan Binaraga, maka olahraga ini tidak mempertandingkan suatu permainan keterampilan dari pesertanya, tetapi kemampuan memeragakan bentuk tubuh yang indah dan berotot melalui gaya gerakan (yang disebut pose), dalam usahanya memperlihatkan bagian-bagian tubuh yang berotot, sehingga menimbulkan kesan yang menarik dan bentuk keperkasaan tubuh si peserta. 

Tujuan utama dari bodybuilding atau binaraga adalah membangun masa otot dimana otot harus berukuran besar dan kering sehingga terlihat 'stand out' saat berkompetisi. Dimana untuk memperoleh ukuran otot tertentu dilakukan dengan pola latihan repetisi rendah dengan beban maksimum. Sehingga boleh dibilang mereka akan jarang melakukan latihan dengan repetisi yang banyak dengan berat beban yang rendah-menengah atau melakukan latihan kardiovaskuler. Binaragawan cenderung mendorong otot mereka untuk menambah beban sampai titik maksimal. Sehingga saat recovery, otot yang 'rusak' pada waktu latihan akan berkembang.

Nah, sekarang berapa umur terbaik bagi seseorang untuk memulai olahraga binaraga ini? Mari kita simak terus artikel ini sampai akhir, anda akan mendapatkan informasi yang jelas tentunya !


Tahapan Binaraga Dalam Berbagai Kelompok Usia

Banyak orang dari segala usia melakukan olahraga binaraga untuk meningkatkan kekuatan, kesehatan dan penampilan fisik yang bugar. Sebenarnya olahraga daya tahan yang berat ini menaruh jumlah stress yang besar pada tubuh, yang bereaksi dengan cara yang berbeda-beda pada usia yang berbeda-beda pula. Bagaimana tubuh anda bereaksi terhadap olahraga binaraga ini terjadi setelah usia 20 tahun dan setelah 50 tahun, dimana akan terlihat perubahan dan pengaruhnya pada tubuh anda.

Pada masa anak-anak dan remaja otot dan tulang tidak sepenuhnya tumbuh, sehingga untuk memulai olah raga binaraga akan paling baik di mulai setelah usia 20 tahun. Berlatih binaraga akan sangat aman dan paling efektif ketika anda mengikuti bentuk dan pedoman latihan yang tepat untuk kelompok yang sesuai dengan usia anda.

  • Anak-anak dan Remaja 

Latihan-kekuatan dengan beban ringan sangat dianjurkan untuk anak-anak dan remaja. Banyak remaja dan bahkan pra-remaja yang mengangkat beban dengan tujuan menambah otot dan meningkatan performa olahraga. Pedoman pelatihan yang diberikan untuk binaragawan dewasa harus dimodifikasi untuk pra-dewasa karena mereka belum mencapai pertumbuhan muskuloskeletal penuh. Akademi Pediatrik Amerika menganjurkan evaluasi medis sebelum anak-anak dan remaja memulai program latihan-kekuatan. Mereka juga menganjurkan untuk memulai dengan beban yang lebih ringan untuk menghasilkan bentuk yang tepat, berlatih kardio secara teratur dan menghindari mengangkat beban berat sampai pertumbuhan penuh dicapai. Cedera paling umum yang dialami oleh binaragawan yang lebih muda adalah ketegangan otot, kebanyakan di bagian punggung bawah.


  • 20 sampai 29: Usia yang Sempurna untuk membentuk tubuh

Awal masa dewasa adalah waktu yang sempurna untuk mengisi tubuh. Antara usia 20 dan 30, kebanyakan orang sudah mencapai pertumbuhan yang utuh, dan di usia 20, anda  dengan aman bisa mulai membentuk tubuh dengan mengangkat beban yang lebih berat. Ini adalah waktu dimana anda diperbolehkan untuk mengangkat beban yang paling berat (maksimum) dengan waktu pemulihan yang paling singkat. Manfaatkan keuntungan pada rentang usia ini untuk membentuk tubuh anda, sehingga hilangnya otot secara bertahap yang terjadi secara alami bersamaan dengan bertambahnya usia tidak akan terlalu berpengaruh secara signifikan pada tubuh anda. Periode pemulihan otot yang "rusak" untuk usia 20 tahun setelah berlatih dengan mengangkat beban maksimum adalah sekitar dua hari. Dan pada usia 30 tahun, dibutuhkan empat hari untuk memulihkan tubuh. Periode pemulihan ini, untuk tiap individu bervariasi. Untuk pemula mengangkat beban ringan hanya perlu pemulihan sekitar dua hari, sementara mereka yang mengangkat beban yang sangat berat mungkin memerlukan waktu pemulihan sebanyak tujuh hari, berapapun umurnya.


             

  • 30 sampai 49: Usia yang Sempurna untuk Tetap Kuat dan Sehat

Di usia 30 tahun, kekuatan otot dan kemampuan pemulihan telah menurun karena pengaruh usia yaitu sekitar 10 persen dari usia 20 tahun dan menurun sekitar 1 persen per tahun. Setelah itu, pengurangan beban sebanyak 5 persen setiap 10 tahun juga dianjurkan. Waktu pemulihan otot setelah mengangkat beban berat akan meningkat yaitu sekitar empat hari pada usia 30 tahun dan dibutuhkan waktu sampai sekitar tujuh hari pada usia 50 tahun. Mencoba memaksakan tubuh anda melakukan hal yang sama seperti ketika usia anda 20 an akan kurang menghasilkan keuntungan untuk otot anda dan malah menyebabkan cedera. Untuk mencapai massa dan kekuatan pertumbuhan otot maksimal pada usia ini, sesuaikan porsi latihan anda lalu perhatikan perubahan pada tubuh anda, sehingga mencapai hasil yang diinginkan.


  • Diatas 50 tahun: Usia yang Sempurna untuk Mendapatkan Keuntungan dari Olahraga Binaraga

Semakin anda berumur, otot, tulang dan massa jaringan yang saling berhubungan secara alami akan berkurang bersamaan dengan produksi hormon. Penelitian menunjukkan bahwa olahraga binaraga melawan efek ini, bahkan pada orang-orang yang usianya lebih dari 90 tahun. Setelah usia 50 tahun, pengurangan beban dan peningkatan waktu istirahat harus dibuat berdasarkan kebutuhan setiap individu. Binaragawan profesional ada yang masih berkompetisi dalam usia mereka yang 60 an, 70 an dan 80 an -- beberapa binaragawan ada juga yang mulai berkompetisi di usia 50an, 60an atau lebih tua – mereka tetap kuat dan terlihat jauh lebih muda dari usia asli mereka.

  

Itulah tahapan binaraga dalam berbagai kelompok usia. Dapat disimpulkan bahwa dengan melakukan latihan secara rutin dan intensif, pasti seseorang dapat meningkatkan massa otot, sehingga memperoleh hasil yang memuaskan. Membentuk otot ala binaraga berarti memaksimalkan perkembangan otot anda hingga mencapai hasil yang diinginkan lewat latihan beban. Tidak mudah memang memilih gerakan terbaik pembentuk otot untuk binaraga, tetapi yakinlah setiap gerakan pasti mempunyai manfaat dan keunggulannya masing-masing.

Terjawab sekitar 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang