Berapakah harga BMX biasa?

Dilihat 454 • Ditanyakan sekitar 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Sepeda BMX cukup popular bukan saja dipakai oleh anak-anak tetapi juga para remaja dan orang dewasa. Dengan bersepeda BMX orang bisa berekspresi lebih gesit dan bebas mengingat ukurannya yang cukup mini sekaligus kuat. Bahkan ajang lomba yang menggunakan sepeda BMX cukup banyak. Itulah sebabnya banyak toko yang memberikan penawaran dengan harga bervarasi mulai dari yang terjangkau sampai yang sangat mahal. Ada banyak merek sepeda bmx yang bisa Anda pilih, seperti S&M, MacNeil, Odyssey, United dan lain sebagainya. Selain itu, di pasaran juga ada banyak merek lokal yang cukup berkualitas dengan harga yang relatif lebih murah dari merek impor, seperti merek WimCycle atau Polygon dan lain-lain. 


bmx 1


Harga sepeda BMX asli cukup merogoh kocek karena memang kualitasnya yang tidak diragukan lagi. Namun demikian harga sepeda bmx bekas kisarannya juga masih mahal meskipun lebih murah jika dibandingkan dengan harga bmx baru. Untuk bmx custom bekas yang biasa, tergantung bagian-bagiannya, harga minimum yang ditawarkan dapat mencapai 4 juta Rupiah. Sedangkan untuk merek baru dengan kualitas yang sama, harganya sekitar 40-60% lebih tinggi dari harga bmx bekas, bisa mencapai sekitar Rp. 6 juta lebih. Harga ini berlaku untuk merek impor, sedangkan untuk merek lokal, harganya berkisar Rp. 2 jutaan untuk sepeda baru. 

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi harga sebuah sepeda BMX antara lain model, ukuran dan juga bahan yang dpakai. Ketiga faktor inilah yang menunjukkan kualitas total dari sepeda bmx. Lalu kira-kira bagaimana cara memilih sepeda BMX yang cocok? Cocok di sini tidak selalu berarti mahal tetapi juga harus sesuai dengan kebutuhan. Hal terpenting yang harus diperhatikan adalah keamanan. Untuk itu pemilihan kualitas bahan selalu diutamakan. Mari kita cek bersama merek BMX apa yang bisa kita pertimbangkan.  


bmx 2



Merek Sepeda BMX yang Terbaik


Kira-kira apa saja merek sepeda BMX yang bagus? Ini merupakan pertanyaan yang sangat sering diajukan oleh para penggemar BMX terutama para pemula dan sangat wajar pertanyaan ini muncul. Ada baiknya sebelum sampai pada merek, kita bahas dulu apa saja sih kriteria sepeda BMX yang bagus untuk untuk dipakai? Pertama-tama pasti kita perhatikan bahannya. Karena sepeda BMX sering dipakai untuk aktivitas-aktivitas free style yang ekspresif, tentu kekuatan rangka menjadi pertimbangan utama. Pastikan BMX yang Anda beli memiliki rangka dengan kekuatan di atas rata-rata karena kecelakaan fatal bisa menyebabkan pengendaranya mengalami cacat atau bahkan kehilangan nyawa.

Dalam seni bersepeda Free style dikenal beberapa trik dan teknik antara lain trik bmx flatland roll maupun street. Kekuatan sepeda menjadi pertaruhan utama di sini karena sebagus apapun body protector yang dikenakan, jika sepedanya ringkih maka kecelakaan akan sangat sulit dihindari. Rangka yang kuat dituntut mampu menahan kekuatan beban pengendara terutama di saat melakukan atraksi-atraksi yang memukau sekaligus berbahaya.  


bmx 3


Selanjutnya kita perlu memperhatikan rem. Rem harus berfungsi sempurna baik pada roda depan maupun roda belakang. Seperti diketahui, atraksi menggunakan sepeda BMX sangat sering menampilkan adegan-adegan mengerem mendadak. Kekuatan ban dan velg juga menjadi bahan pertimbangan penting lainnya di samping sifat anti selip. Tanpa ban yang bagus, sebuah sepeda BMX hanya mampu berfungsi seperti sepeda-sepeda biasa lainnya. Sehingga kita tidak dapat beratraksi, bahkan untuk sekadar latihan trik dasar bmx freestyle untuk pemula. Harga sepeda bmx bekas sebenarnya cukup menarik karena kita bisa mencari onderdil baru yang perlu diganti kemudian.


Merek sepeda BMX yang terkenal di Indonesia antara lain Wym Cycle, MacNeill, Odyssey dan United. Tapi tentu saja ada merek-merek lain yang harga dan kualitasnya sepadan. Sepeda BMX custom biasanya dibanderol dengan harga sesuai dengan kualitas per bagian yang dipasang. Namun pertimbangan terpenting yang perlu Anda pegang saat memilih sepeda BMX adalah kekuatan rangka badan. Untuk bagian-bagian lain seperti ban, stang atau velg bisa didapatkan di toko suku cadang sepeda.


Peralatan pendukung seperti helm, pelindung kaki dan tangan adalah alat wajib yang harus dimiliki oleh pengguna BMX sejati. Untuk menjadi seorang pengendara BMX handal Anda pasti akan butuh banyak latihan dan selama itu resiko cidera selalu besar. Coba cek harga sepeda bmx asli di toko maupun toko online dan bandingkan dengan harga sepeda bmx bekas.


bmx 4



Perbedaan sepeda BMX dengan sepeda gunung


Pertanyaan lain yang sering diajukan oleh para pemula adalah apakah perbedaan antara sepeda BMX dengan sepeda gunung? Sepeda gunung atau mountain bike merupakan kelas sepeda tersendiri yang diperuntukkan pada medan terjal dan berat seperti di pegunungan, perbukitan atau kondisi alam lainnya. Landscape pegunungan ini juga memerlukan kualitas bahan rangka dan juga ban yang berkualitas prima. Ada beragam tipe sepeda gunung yang diproduksi untuk mengatasi tantangan medan tertentu.


Sebut saja cross country mountain bike atau yang dikenal sebagai XC bike. Jenis ini sangat cocok untuk akivitas lintas alam baik yang sifatnya rekreatif atau lomba. Jika Anda pergi ke toko sepeda dan mencari kategori sepeda gunung maka jenis inilah yang paling sering Anda temukan. Sepeda ini berkarakter ringan dan gesit dengan berat sekitar 10 hingga 15 kg. Karakter lainnya adalah tidak adanya sistem suspensi (rigid), system suspensi bagian depan (hard tail) dan yang terakhir adalah full suspensi. Sepeda gunung jenis ini didesain untuk memiliki perputaran roda yang sangat cepat.


Untuk memilih sepeda gunung beberapa hal harus diperhatikan. Di antaranya adalah suspensi, rem, sadel, Seatpost, dan ukuran Stem. Pastikan Anda mendapatkan sepeda gunung berkualitas bagus dengan memilih bahan-bahan berkualitas. Biasanya untuk lebih memudahkan, mintalah saran dari penjual tentang merek apa yang paling bagus untuk dibeli.


bmx 5


Beli sepeda BMX apa Sepeda Gunung?


Nah ini juga pertanyaan yang tidak boleh diabaikan. Kalau misalnya Anda punya duit cukup, kira-kira pilih yang mana? Tentu saja Anda harus menentukan di mana Anda akan sering mengekspresikan keahlian bersepeda Anda.Sejatinya baik sepeda gunung maupun sepeda BMX bisa dipakai pada semua medan. Untuk medan pegunungan, sepeda BMX pun punya keuntungan dengan kekuatan rangka dan juga relatif ringan sehingga bisa diangkat dengan mudah. Cuma saja jika ingin menggunakan BMX pada medan outdoor pertimbangkan pemilihan ban dan velg yang sesuai.

Sementara itu jika Anda tinggal di perkotaan dan kira-kira banyak menggunakan sepeda pada kondisi jalan beraspal atau beton, sepertinya sepeda BMX lebih cocok. Periksa budget Anda. Jika tak cukup untuk membeli sepeda BMX baru sepeda BMX bekas pun oke. Harga sepeda bmx asli memang relatif mahal tetapi juga kalau dibandingkan dengan sepeda gunung, harganya masih relatif terjangkau. Selain itu, pastikan juga jenis pilihan bmx Anda, yang “full build” atau yang bekas dan “custom”, karena kedua hal ini juga mempengaruhi harga dari sepeda bmx. Carilah sepeda yang sesuai dengan minat dan keuangan Anda. Semoga ulasan singkat ini bermanfaat.

Terjawab sekitar 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang