Bagaimana cara memperkuat sinyal Wifi?

Dilihat 700 • Ditanyakan sekitar 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Perkembangan teknologi yang dikembangkan manusia dari waktu ke waktu semakin berkembang dan semakin canggih. Salah satunya adalah dalam bidang telekomunikasi, kalau dulu untuk melakukan komunisasi juga sangat merepotkan dimana kita haru memakai alat yang menggunakan kabel. Namun sekarang kita merasakan betapa mudahnya melakukan komunikasi karena kini telah hadir berbagai alat komunikasi yang lebih praktis dan modern. Kini teknologi juga sudah mulai meninggalkan teknologi yang menggunakan kabel dan beralih pada teknologi nirkabel yakni menggunakan gelombang radio atau sinyal Wifi. Penggunaan teknologi Wifi ini dinilai lebih praktis dan efisien sehingga banyak pengguna teknologi yang kini mengandrungi penggunaan Wifi untuk sarana transfer data. Dalam artikel ini saya akan menjelaskan tentang salah satu cara penguat Wifi dan juga cara memperkuat sinyal Wifi. Yu kita simak!


Sinyal wifi


Teknologi Wifi


Dengan adanya teknologi ini membuat segala sesuatu yang berhubungan dengan komunikasi, transfer data serta lainnya lebih cepat dan lebih praktis. Tapi dalam penemuan suatu teknologi tidak akan langsung menghasilkan tahap yang sempurna, namun juga manusia akar terus berusaha untuk meningkatkan dan menyempurnakan penemuan teknologi tersebut. Termasuk teknologi jaringan nirkabel ini kelemahanya adalah tidak semua daerah atau tempat dapat menerima gelombang radio atau sinyal wifi, sehingga manusia perlu berpikir dan berusaha untuk membuat alat penguat gelombang radio atau penguat wifi tersebut, agar gelombang radio dapat tersebar dengan baik ke semua daerah. Salah satu alat penguat untuk memancarkan dan menerima gelombang radio atau sinyal penguat wifi adalah antena. Pada dasarnya fungsi antenna untuk mengubah sinyal listrik menjadi gelombang elektromagnetik kemudian memancarkan gelombang tersebut, atau untuk menerima gelombang radio (gelombang elektromagnetik) atau sinyal wifi kemudian mengubahnya kembali menjadi sinyal listrik. sehingga antenna merupakan hal yang sangat penting dalam alat komunikasi untuk memancarkan dan menerima sinyal atau gelombang radio, serta dapat menjangkau tempat yang jauh atau menerima kembali sinyal dengan baik. 


Antena WIfi


Berikut beberapa jenis antena dan fungsinya:


1. Antenna yagi, yaitu antenna yang berbentuk mirip ikan teri, antenna ini memiliki cakupan yang searah, walau antenna ini jarang dipakai. Antenna ini harus diarahkan ke antenna pemancar ke antenna pemancar agar mendapat sinyal yang kuat, bagian antenna ini terdiri dari driven, reflector serta director. Driven merupakan titik catu daya dari kabel antenna, reflector adalah bagian belakang antenna yang berfungsi untuk memantulkan sinyal dan director sebagai pengarah antenna yang ukuranya lebih pendek dari driven. Antenna ini berfungsi untuk menerima sinyal wifi atau gelombang radio 2,4 MHz.


2. Antenna Omni, antenna wifi ini berbentuk seperti tongkat namun bentuknya lebih kecil keunggulan antenna ini mempunyai cakupan yang lebih luas disbanding antenna yagi atau antenna grid. Cakupanya menyebar kesegala arah dengan bentuk seperti lingkaran. Antenna Omni banyak digunakan untuk jaringan WAN dengan tipe P2MP atau point to multi point dengan cakupan area yang luas namun jangkauan yang pendek. Fungsi Jenis antenna ini sangat pas buat system poin to multi point atau jaringan hotspot.


3. Antenna grid, bentuk antenna ini menyerupai jaring, dengan cakupan gelombang searah sehingga antenna ini harus dilengkap[I dengan antenna pasangan pemancar sinyal. Antenna grid harus diarahkan ke antenna pemancar agar sinyalnya lebih kuat.adapun fungsi antenna ini yaitu untuk menerima dan mengirim gelombang data dengan system gelombang radio 2,4NHz .


Pengguna wifi


4. Antenna Sectoral, antenna ini mirip dengan antenna omni,dengan kemampuan daya tampung hingga lima klien. Antenna sectoral dapat dipasang horizontal maupun vertical atau tegak lurus.


5. Antenna PVC, disebut antenna PVC karena memang antenna ini bahanya terbuat dari puipa PVC yang berlapis dengan alumunium foil, yang awal desainya dari antenna berbahan kaleng yang rawan berkarat bila digunakan diluar ruangan. Antenna ini sangat tahan terhadap cuaca serta sangat mudah dipasang, hanya antenna ini digunakan untuk jarak dengan jangkauan yang pendek sekitar dua ratus sampai tiga ratus meter.


6. Antenna WajanBolic, antenna ini mirip antenna parabola karena bahan untuk pengumpul sinyalnya menggunakan alat dapur berupa wajan atau kuali. Antenna ini berfungsi untuk memperkuat penerimaan sinyal wifi dari hotspot yag susah diterima karena terlalu jauh sehingga USB wireless lemah mendapat sinyalnya. Denghan antenna ini USB wireless akan mendapat sinyal lebih bagus.


7. Antenna 8Quad, termasuk antenna sektoral, karena pola gelombang antenna searah dengan sudut arah yang lebar, sehingga sangat pas sebagai antenna akses poin untuk penerima diarea tertentu yang jauh.


Jaringan nirkabel menjadi kebutuhan pokok di zaman sekarang


Itulah beberapa jenis antenna berikut dengan fungsinya namun pada dasarnya antenna berfungsi supaya dapat memancar jauh atau dapat menerima sinyal wifi dengan baik.Bisakah signal wifi di pasang pada antena kaca? Pada umumnya dan prakteknya orang-orang membuat antenna sebagai alat untuk mengubah sinyal listrik menjadi sinyal elektromagnetik dan sebaliknya kemudian memancarkan atau menerimanya, semua antenna tersebut terbuat dari bahan logam terutama alumunium, tembaga, besi baja dan lain-lain. Karena logam termasuk bahan konduktor sehingga bisa memancarkan atau menerima gelombang elektromagnetik. Sementara kaca termasuk bahan isolator (tidak dapat menghantarkan listrik), sehingga kurang baik digunakan untuk antenna, namun juga kaca bukan bahan yang dapat mengganggu gelombang elektromagnetik, karena gelombang elektromagnetik dalam merambatnya tanpa memerlukan medium


Penguat sinyal wifi


Selain menggunakan antenna untuk memancarkan dan menangkap sinyal wifi agar lebih baik, juga ada beberapa trik dan cara memperkuat sinyal wifi antara lain:


  • Menggunakan system keamanan, kuota internet masih sangat banyak sinyal juga kuat, namun tetap lola (loading lambat), salah satu kemungkinanya koneksi wifi kamu dipakai oleh orang lain tanpa kamu ketahui, maka kuncilah akses wifi kamu dengan menggunakan password dan juga enkripsi WPA2. Ini juga merupakan cara penguat sinyal terbaik pada telepon seluler.
  • Manfaatkan kaleng bekas, supaya sinyal wifi tidak menyebar dan dapat difokuskan, maka kamu bisa memanfaatkan kaleng alumunium bekas atau tutup panci bekas yang berfungsi sebagai parabola untuk mengumpulkan sinyal, bahan ini dapat digunakan sebagai cara memperkuat sinyal wifi kamu.
  • Pakailah aplikasi DD-WRT Firmware, memakai aplikasi ini sangat efektif digunakan untuk meng-hack router supaya kekuatan pemancar sinyal semakin tinggi. 
  • Restart-lah secara berkala,seperti halnya PC dan smartphone, Router pun akan bayak masalah jika sering digunakan, untuk mengatasinya kamu dapat me-restart router (Reboot) secara berkala agar kinerja router fresh kembali.
  • Memilih channel kosong, bila di daerahmu banyak yang menggunakan router wifi, mungkin saja kmu juga pada channel yang sama pada router tersebut yang berakibat sinyal menurun. Oleh karena itu gunakan router wifi yang tidak dipakai alias kosong atau yang jarang digunakan agar sinyalnya tetap kuat, caranya manfaatkan aplikasi inSSIDer dalam menggunakan cara ini. 
  • Kontrol Bandwidth, penggunaan wifi secara bersamaan pasti akan menyebabkan browsing kamu lemot, sebetulnya kamu bisa mengontrol dan mengatur penggunaan bandwidth supaya bandwidth rekan lain tidak terjadi kebocoran yang berakibat koneksi menjadi lambat. 
  • Hindari perangkat elektronik lain , bukan hanya router lain saja yang menyebabkan kualitas sinyal terganggu, bisa saja beberapa perangkat elektronik mengganggu kualitas sinyal menjadi lemah. Oleh karena itu jauhkan parangkat elektronik yang dapat mengganggu tersebut dari router kamu, seperti microwave. 
  • Pilih teknologi Wifi terbaru, ada empat macam teknologi wireless yang saat ini tersedia, terdiri dari A,B,G serta N. Jenis A, B dan G merupakan jenis yang pertama kali ditemukan yang mungkin teknologinya sudah ketinggalan dan kecepatanya lambat, sedangkan jenis N adalah teknologi terbaru yang mempunyai kecepatan lebih tinggi, maka gunakanlah teknologi yang terbaru dengan kecepatan yang maksimal. Hal merupakan cara efektif sebagai cara penguat sinyal wifi.
  • Cari posisi yang tepat, gelombang wifi (elektromagnetik) tidak kasat mata dan sinyal wifi bisa terhalang jika banyak benda-benda seperti banyaknya tembok disekitar router, maka carilah tempat yang jauh dari penghalang supaya sinyal tidak terganggu. 
  • Gunakan Wifi Repeater, perangkat ini berguna untuk menerima dan memancarkan kembali sinyal wifi yang lebih kuat, tentunya perangkat ini sangat cocok sebagai penguat sinyal wifi kamu agar tidak lemot lagi. 

Itulah trik dan tips cara memperkuat sinyal wifi yang bisa kamu coba terapkan di rumah agar sinyal wifi kamu semakin mulus dalam menunjang kerja menggunakan nirkabel. Cara tersebut ternyata cukup mudah diterapkan bukan? Salah satu penguat wifi adalah dengan menggunakan wifi repeater yang berguna untuk memancarkan sinyal wifi kembali menjadi lebih kuat sehingga jaringan tidak lagi lemot dan bisa memperlancar saat kamu sedang berseluncur di internet. Semoga artikel tentang penguat wifi ini bermanfaat bagi kamu!!

Terjawab sekitar 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang