Bisa tidak melarutkan batu ginjal?

Dilihat 252 • Ditanyakan 9 bulan lalu
1 Jawaban 1

Semua situs medis dan ramuan rumahan menganjurkan lemon dan minum banyak air, apapun tipe batu ginjalnya. "Ketika mengobati pasien di pusat batu ginjal kami, kami membawa semua orang ke terapi Limun," kata Steven Y. Nakada, pemimpin dan profesor urologi di Universitas Wisconsin, Madison.

Limun Membantu Batu Ginjal

Pada dasarnya, pasien dengan batu asam urat atau kalsium harus minum paling tidak 10 gelas air apapun tiap harinya (paling tidak setengahnya itu harus air mineral). Mereka harus minum satu gelas setiap makan dan minum air pada malam hari, bahkan kalau mereka harus bangun tengah malam untuk ke kamar mandi. Asupan cairan harus memproduksi paling tidak dua setengah liter urin tiap harinya. Untuk mencegah batu sistin, bahkan pasien harus minum lebih banyak air -- lebih dari satu galon, atau 16 8-ons gelas, setiap hari. Pasin harus minum sebanyak ini secara rutin, siang dan malam.

Jus Lemon
Minum satu setengah gelas jus lemon murni (cukup untuk membuat 8 gelas limun) setiap hari dapat meningkatkan tingkat sitrat dalam urin, yang dapat melindungi melawan batu kalsium. (Selagi jus jeruk juga meningkatkan tingkat sitrat, jus ini tidak dapat menurunkan kalsum dan jus ini meningkatkan tingkat oksalat. Karena itu, jus jeruk tidak dianjurkan.)

Batu Ginjal

Karena efek penting sitrat ini, terapi limun dapat menjadi alternatif untuk pasien dengan Hipositraturia yang tidak dapat mentoleransi terapi garis pertama. Studi kedepannya dalam bentuk prospektif, percobaan acak akan dibutuhkan untuk memastikan penemuan ini.


http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/17382731
http://www.naturalhealthresearch.org/32315/

Juga, larangan diet berdasarkan tipe batu tertentu (lihat link kedua, yang memberikan tinjauan luas yang sangat bagus). Catat kalau tidak perlu mengecilkan ukurannya, tapi menurut artikel diatas, mungkin dapat mencegah pembentukan batu yang baru dan mencegah batu yang ada supaya tidak bertambah lagi ukurannya.

Terjawab 8 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang