Apa kita bisa berotot hanya dengan olahraga push-up?

Dilihat 2,32 rb • Ditanyakan lebih dari 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Kesehatan adalah salah satu kebutuhan utama manusia sehingga bisa melakukan aktivitas sehari-hari dengan lancar. Namun sayangnya tidak semua orang menyadari bahwa menjaga kesehatan itu penting. Sebenarnya banyak hal yang bisa kita lakukan untuk menjaga dan memelihara kesehatan tubuh, salah satunya adalah dengan olahraga. 


Olahraga adalah suatu aktivitas yang bisa membuat tubuh kita bugar dan tetap sehat. Beberapa manfaat yang bisa diperoleh dari melakukan olahraga secara rutin diantaranya adalah membuat daya tahan tubuh meningkat, terbebas dari berbagai macam penyakit seperti jantung, stroke, hipertensi, obesitas, osteoporosis dan masih banyak lagi. 


Sebagai bonusnya, dengan melakukan olahraga secara rutin bisa membentuk otot tubuh kita. Selain bermanfaat bagi kesehatan berolahraga juga bisa memberikan dampak pada perubahan fisik seseorang yaitu dapat membentuk otot-otot tubuh manusia. 


Olahraga juga merupakan salah satu cara membuat badan berisi karena volume otot cenderung meningkat saat seseorang rajin melakukan olahraga. Salah satu caranya adalah dengan melatih otot dada yang bisa anda lakukan melalui olahraga push up. 


Otot kekar

Olahraga Push Up


Memiliki badan yang berotot dan berisi menjadi idaman setiap orang karena membuat penampilan seseorang menjadi menarik dan bisa menambah kepercayaan diri. Kesibukan karena pekerjaan dan tidak memiliki peralatan olahraga janganlah dijadikan alasan bagi anda untuk tidak melakukan olahraga. 


Ternyata ada olahraga yang bisa anda lakukan di mana saja, kapan saja, serta tidak membutuhkan peralatan yang mahal sebagai cara membuat badan berisi, yaitu olahraga push up. Olahraga push up merupakan olahraga yang cukup terkenal untuk membentuk otot karena olahraga push up lebih khusus dalam melatih kekuatan dan ketahanan tubuh khususnya pada bagian dada dan tangan. 


Jika anda melakukan push up sebenarnya anda juga telah melatih beberapa otot dalam tubuh anda, yaitu melatih otot dada, otot punggung, otot bahu, otot trisep, otot bisep serta melatih otot yang membentuk otot perut. 


Banyak orang yang memanfaatkan push up sebagai olahraga yang bisa melatih ketahanan tubuh, karena dengan gerakannya yang simpel ternyata push up memiliki banyak manfaatnya. 


Push up


Cara Melakukan Push-Up yang Tepat



Ada beberapa cara untuk melakukan olahraga push up yang benar, yaitu:


1. Push Up Berdiri di Dinding


Bagi anda yang baru mau mencoba gerakan push up, sebaiknya melakukan cara yang satu ini karena lengan anda belum kuat untuk menopang berat tubuh untuk melakukan push up sempurna. Caranya adalah berdiri dengan posisi menghadap ke dinding yang datar dan halus, letakkan kedua telapak tangan dan bengkokkan (tekuk) lengan anda sambil mencondongkan badan ke depan dinding dan gerakkan secara berulang-ulang. 


Apabila anda sudah bisa melakukannya, anda bisa tambahkan tekanan pada setiap gerakan dan setelah itu anda bisa mencoba gerakan push up hanya dengan menggunakan sebelah tangan saja.



2. Push Up Berlutut


Cara yang kedua ini bisa anda lakukan setelah anda bisa melakukan gerakan push up berdiri, posisikan tubuh anda seperti melakukan push up sempurna, tetapi pada push up cara ini lutut anda yang menjadi tumpuannya. Anda bisa meletakkan alas yang empuk di bawah lutut anda agar tidak sakit, kemudian letakkan tangan anda di lantai dengan posisi lurus pada pandangan anda ke depan dan silangkan kaki anda. 


Gerakkan dada anda ke bawah dengan perlahan, kemudian angakat dan lakukan gerakan tersebut secara berulang naik turun.  


3. Push Up Sempurna


Jenis push up ini adalah yang paling berat, karena tumpuan berada pada ujung jari sehingga membutuhkan tenaga yang lebih besar.


Caranya, letakkan kedua telapak tangan di lantai lurus dengan bahu sedangkan kaki bertumpu pada ujung jari kaki anda. 

Posisi tubuh harus lurus dan punggung jangan sampai menonjol ke atas. Kemudian turunkan bahu hingga membentuk siku 90 derajat, dorong bahu dan lengan anda hingga lurus ke depan. Lakukan gerakan push up tersebut secara berulang-ulang.


Manfaat melakukan push up secara rutin



Manfaat Push-up Secara Rutin


Lakukanlah olahraga push up secara benar dan rutin setiap hari, waktu yang tepat untuk melakukannya adalah di waktu pagi hari atau sore hari dan tidak lebih dari 30 menit, sedangkan hitungannya tergantung pada tingkat kemampuan anda. 


Agar anda mendapatkan hasil yang maksimal bagi tubuh anda, anda harus konsisten dalam melakukannya. Ada beberapa manfaat yang akan anda peroleh dengan melakukan push up secara rutin, seperti: 


  • Membantu membentuk postur tubuh.
  • Melakukan push up dengan benar dan rutin akan membuat tubuh menjadi kuat dan tubuh pun menjadi ideal.
  • Meningkatkan masa otot bisep dan trisep.
  • Pada saat push up terjadi gerakan naik turun pada badan anda akan menimbulkan tekanan pada lengan anda, bila dilakukan secara rutin akan meningkatkan perkembangan masa otot bisep dan trisep.
  • Membentuk otot dada
  • Push up sangat efektif dalam membentuk otot dada karena seluruh berat tubuh akan berpusat pada otot bagian dada, selain melatih otot dada push up juga melatih otot lengan dan bahu sehingga membuat tubuh bagian atas tetap proporsional.
  • Push up bisa membentuk massa otot, ketika seseorang rutin melakukan olahraga ini maka otot tubuh akan terbentuk, dan badan juga akan terlihat lebih besar, kekar dan berisi. Sehingga dengan melakukan push up secara rutin dan benar merupakan langkah cara membuat badan berisi disertai dengan mengonsumsi makanan bernutrisi secara rutin.
  • Membantu menguatkan tulang
  • Push up akan menguatkan tulang rawan pada bagian kaki, lengan, bahu dan pergelangan tangan sehingga membuat anda terhindar dari nyeri sendi, tulang rapuh dan tulang keropos.
  • Menguatkan otot perut
  • Gerakan inti saat melakukan push up adalah tidak ada lengkungan pada bagian tulang belakang dan juga stabil saat melakukan gerakan naik turun. Gerakan ini dapat membuat otot perut menjadi lebih kuat.
  • Daya tahan tubuh menjadi kuat.
  • Dengan melakukan push up secara teratur akan meningkatkan daya tahan tubuh dan membuat tubuh menjadi kuat dan bugar. Dengan tubuh yang kuat anda akan semakin sehat dan tidak mudah sakit.


Bisakah saya mendapatkan otot dengan hanya melakukan push up?

 


Tentu saja anda bisa mendapatkanya asalkan melakukan latihan dengan rutin dan melakukan peningkatan jumlah repetisi benar. Olahraga push up secara langsung akan mengaktifkan deltoid anda (bahu), trisep (otot belakang lengan atas) dan pectoralis major (dada), selain itu push up juga akan mempengaruhi otot perut, otot punggung atas, otot punggung bawah, gluteal, dan seluruh otot pada kaki anda. 


Bila otot sekunder anda digunakan untuk menjaga posisi plank yang anda tahan dengan gerakan push up hal ini dapat membangun massa otot pada punggung anda.


Cara membentuk otot dada


Cara membentuk dan membesarkan otot dengan push up:


  1. Di minggu pertama anda mulai melakukanlah push up semampu anda. 
  2. Setelah itu anda bisa melakukan push up setiap dua hari sekali sebanyak yang anda mampu.
  3. Lakukanlah push up dengan tepat dan benar, agar mendapatkan hasil yang sesuai.
  4. Setelah anda berhasil melakukan push up setiap dua hari sekali dengan jumlah yang sama, tambahkan jumlah gerakan untuk latihan selanjutnya.
  5. Bila anda telah mampu melakukan push up lebih dari 15 kali dengan cara yang benar, anda bisa mencoba menambah beban pada punggung anda misalnya dengan menggunakan rompi pemberat atau dengan bantuan orang lain agar memberikan tekanan pada punggung anda.
  6. Perbanyak minum air putih agar tidak dehidrasi 
  7. Lakukanlah latihan secara benar dan konsisten agar cara membuat badan berisi ini berhasil sepenuhnya.

Itulah beberapa cara mendapatkan otot hanya dengan melakukan push up setiap hari. Push up adalah salah satu olahraga yang efektif untuk memperbesar otot, terutama melatih otot dada agar terlihat lebih kekar. Push up juga dapat memperbaiki postur tubuh seseorang. 


Siapa sih pria yang tidak ingin memiliki tubuh yang kekar? 


Memiliki tubuh kekar sering diidetifikasikan sebagai pria macho yang banyak disegani oleh para wanita. Untuk mendapatkannya, tentu bukan hanya push up saja yang bisa dilakukan, anda bisa melakukan beberapa gerakan olahraga seperti angkat beban untuk melatih otot tangan menjadi lebih kuat. 

Terjawab sekitar 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang