Bisakah aku tahu jika katarak terjadi tanpa menemui dokter mata?

Dilihat 5,77 rb • Ditanyakan sekitar 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Ya. Tapi jika kamu mengalami tanda-tanda berikut, temuilah dokter:

1. Kamu sering melihat pelangi disekitar cahaya terang dalam kegelapan?

2. Kamu melihat bayangan dalam cahaya terang atau titik cahaya? Ini disebut diplopia, disebabkan oleh distorsi katarak lensa.

3. Kamu melihat kabut saat malam, dapat terlihat di daerah gelap, terutama jika menghadap ke cahaya terang?

4. Ada tes yang menggunakan sinar UV pada matamu, lensa berkatarak akan berwarna hijau.

Katarak pada dasarnya terjadi ketika sistem fisiologis mata membiarkan protein kristalin bergabung menjadi satu. Protein kristalin biasanya berada pada koloid. Jika kondisi mata tidak normal protein tersebut akan menyatu. Inilah mengapa penting untuk memakan sayuran hijau.

Katarak butuh waktu bertahun, mereka tidak tumbuh dengan cepat. Kini, operasi katarak sudah umum. Durasinya singkat (20 menit) dan tidak ada rasa sakit; dokter membuat belahan kecil pada sudut kornea, memasukkan wadah pada lensa, dan mengambil lensa yang tersedot pada wadah. Setelah wadahnya diambil, lensa baru akan dimasukkan. Lalu kamu mendapat tetesan mata antiseptik supaya kering belahannya.

Itulah seni kedokteran modern. Aku bukan dokter, tapi aku punya latar belakang medis dan biologi dan mempelajari katarak selama beberapa tahun, karena pernah bekerja selama 16 jam perhari menatap layar terpaku membuatku terjangkit katarak.

Terjawab sekitar 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang