Bisakah anda memanggang kue basah di dalam microwave?

Dilihat 4,38 rb • Ditanyakan 10 bulan lalu
1 Jawaban 1

Sekarang ini, orang-orang lebih memilih untuk melakukan aktivitas mereka secara instan, termasuk memasak. Salah satu perangkat masak instan adalah microwave dan oven. 

Microwave oven adalah salah satu perangkat memasak modern yang membutuhkan teknik atau cara masak khusus dengan memanfaatkan radiasi gelombang mikro untuk memasak atau memanaskan makanan. Sedangkan, Oven adalah sebuh peralatan berupa ruang termal terisolasi yang digunakan untuk memanaskan, memanggang atau mengeringkan suatu bahan yang umumnya digunakan untuk memasak. 

Dua benda tersebut sebenarnya merupakan perangkat yang dapat menghangatkan masakan bahkan memanggangnya. Tapi, kenapa terkadang masakan yang dipanaskan atau dipanggang berbeda hasilnya satu sama lain?

Nah, karena itu, saya akan membahas apakah memanggang dengan microwave sama halnya dengan memanggang dengan oven? Mau tahu, kan? Baca sampai akhir, ya! :D

memanggang kue dengan microwave


Microwave Bukanlah Pengganti Sebuah Oven

Jika anda adalah seorang pemula dalam memasak, dan anda pasti akan frustasi jika tetap mencoba melakukannya. Microwave bisa jadi mempercepat cara-cara memasak tertentu, tapi sebenarnya belum tentu lebih mudah. 

Jika begini, metode yang lebih mudah adalah untuk menggunakan oven. Memanggang sebenarnya adalah cara yang lebih rumit untuk memasak -aspek kimiawi serta mengubah sumber panas dari oven ke microwave (atau kompor, atau api unggun dll.) artinya anda harus meninggalkan metode serta resep yang sudah teruji dan memasuki wilayah yang belum pernah dijelajahi. 

Yah, sebenarnya bukan sepenuhnya belum dijelajahi. Saya yakin resep kue basah dan teknik-teknik spesifik pada pengaturan panas yang anda gunakan bisa dilihat di internet. Tetapi, anda tidak akan bisa menggunakan resep yang memanfaatkan oven dan mengganti alatnya begitu saja dengan microwave.

memanggang kue

Cara Memanggang dengan Microwave

Jika kita mengamati beragam resep yang ada di internet, trik untuk memasak adonan kue dengan microwave adalah untuk membuat adonan sekecil mungkin. Resep untuk satu porsi dapat dimasak dengan microwave, tapi bukan kue utuh. 

(Kalau misalkan gagal, anda bisa kunjungi artikel Mengapa kue tetap tidak matang di tengahnya sedangkan di bagian pinggirnya matang?)


Resep-resep Kue Basah dengan Microwave

Resep yang paling sederhana:

  • Ambil cake mix merk Angel Food dan cake mix biasa, kemudian campur dalam plastik ziplock. 
  • Ambil tiga sendok makan cake mix yang sudah dicampur, dua sendok makan air, lalu campur dalam gelas kopi. 
  • Masukkan ke dalam microwave dengan pengaturan suhu tinggi selama satu menit, kemudian diamkan selama 15 menit. (Lebih lama jika tenaga listrik microwave-nya rendah, jadi mungkin anda harus bereksperimen)

cara memanggang kue

-- Resep Duncan Hines®

Dari awal:

  • 3 sendok makan tepung serbaguna tanpa pemutih
  • 2 ½ sendok makan gula putih
  • 2 sendok bubuk kakao tanpa pemanis
  • ¼ sendok teh baking soda
  • ¼ sendok teh garam meja
  • 3 sendok makan minyak sayur/ minyak Canola (bisa digantikan dengan 3 sendok makan mentega cair)
  • 3 sendok makan susu
  • ½ sendok teh ekstrak vanili

Cara:

  1. Gabungkan semua bahan kering dalam gelas kopi dan aduk rata.
  2. Tambahkan bahan basah dan aduk sampai tidak ada gumpalan (namun jangan terlalu diaduk atau adonan akan mengeras). 
  3. Masukkan ke dalam microwave dengan pengaturan suhu tinggi selama dua menit, lalu segera sajikan. 

Resep-resep kue basah lainnya bisa anda lihat di Situs Terbaik Resep Kue Lezat - Galena

Microwave dan oven merupakan dua hal yang benar-benar berbeda, karena itulah microwave tidak dapat menjadi pengganti oven. Namun, anda masih bisa memanggang kue basah dengan microwave. 

Tips-tips memasak dengan microwave lainnya bisa anda kunjungi di: 

Ingat, terlalu banyak mengonsumsi makanan yang diolah dengan menggunakan microwave memiliki kemungkinan resiko kanker seperti yang tertulis pada Radiasi, Microwave dan Kanker | Cancer Research UK, jadi jangan sering-sering melakukannya, ya! :)

Terjawab sekitar 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang