Bisakah hati berlemak mentolerir vitamin C dosis tinggi? Apakah vitamin C diproses oleh hati?

Dilihat 1 rb • Ditanyakan sekitar 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Bisakah hati berlemak mentolerir vitamin C dosis tinggi? Apakah vitamin C diproses oleh hati? Aku dengar cerita seseorang jika 8000mg dosis harian vitamin C akan membantu hati. Secara medis, "hati  berlemak" disebut juga dengan steatohepatitis. Ada banyak sebabnya dan bisa jadi tanda awal penyakit hati lainnya, seperti sirosis alkoholik. Penting untuk kamu tahu bahwa tidak semua bentuk hati berlemak tidak sama cara perawatannya.

penyakit hati berlemak yang tidak disebabkan karena alkohol disebut NASH, non-alcoholic steatohepatitis. Vitamin C diserap dengan kadar yang berbeda-beda mulai dari usus selama proses pencernaan, diedarkan dalam darah, diserap oleh jaringan sel sesuai kebutuhan; sisa-sisa diserap oleh ginjal.

Jaringan yang memiliki vitamin C di atas plasma antara lain hati. Vitamin C disimpan dalam hati dan bisa mempengaruhi tingkat enzim hati namun akan diproses oleh ginjal. Lihat disini ada beberapa penelitian terhadap penggunaan vitamin C, dan penggunaan kombinasi dengan vitamin lainnya seperti vitamin E. Temuannya menarik. Tampak vitamin E lebih bersifat terapis daripada vitamin C, tapi vitamin C memiliki peran dalam mengurangi kerusakan akibat radang yang disebabkan oleh stres oksidatif. Jika kamu didiagnosa dengan penyakit hati berlemak, konsultasikan dengan dokter jika akan merubah dietmu.

 

Terjawab sekitar 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang