Bisakah Indonesia menjadi adikuasa?

Dilihat 256 • Ditanyakan 9 bulan lalu
1 Jawaban 1

Ini pertanyaan yang menarik dan samar-samar.

Untuk menjawab ini, pertama kita harus menjawab apa itu adikuasa? (saya rasa adikuasa ga ada hubungannya sama kekuatan spesial, seperti topiknya).

Negara adikuasa, berdasarkan pengertianku artinya negara yang bisa mempengaruhi dan menggoyangkan ekonomi negara dan kebijakan ke sebagian besar (contoh : embargo AS akan bermasalah dengan negara) tanpa berefek pada hidup penduduknya (penduduk negaranya masih bisa hidup enak).


Sedangkan kalau kita lihat di wikipedia :

Adikuasa adalah negara dengaan posisi dominan di relasi internasional dan dikarakterkan dengan kemampuan tak tertandingi untuk menggunakan pengaruh atau kekuatan proyek di skala global. Ini dilakukan melalui sarana kekuatan militer maupun ekonomi, dan juga diplomasi dan pengaruh soft power.


Saya rasa ya, Indonesia punya kemungkinan menjadi adikuasa.

Sebagaimana bisa kita lihat, sekarang China dan India adalah negara berpotensi menjadi adikuasa yang kita miliki. Apa kemiripan dua negara tersebut?

Populasi besar

Daerah yang besar

GDP yang besar


Saya yakin 3 hal ini akan menjadi variabel yang berefek pada apakah negara menjadi adikuasa atau tidak, dan Indonesia memiliki daerah yang lumayan besar dan populasi yang besar.

Jadi kalau kamu tanya apakah Indonesia bisa?

Ya, Indonesia memiliki kemungkinan.


Masalahnya adalah menaikkan GDP kita dari USD88 juta ke USD9 miliar (10x lebih produktif).

Ini butuh banyak teknologi dan jumlah produk yang ditambahkan.

Tugas yang susah dan menarik untuk dilakukan.

Terjawab 8 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang