Bisakah Indonesia menjadi negara berkekuatan hebat di Asia Tenggara?

Dilihat 318 • Ditanyakan 9 bulan lalu
1 Jawaban 1



Melihat begitu melimpahnya sumber daya di Indonesia, baik sumber daya alam maupun sumber daya manusia rasanya optimis jika dikatakan Indonesia merupakan salah satu kekuatan yang harus dipertimbangkan di antara negara-negara ASEAN. Pernahkah kita semua berfikir sejenak mengenai tentang apa yang dimiiki oleh bangsa ini? Ya, bangsa ini adalah bangsa yang besar yang memiiki kekayaan yang sangat luar biasa. Keanekaragaman sumber daya alam hayati yang dimiliki Indonesia amat berlimpah, begitu juga dengan berbagai jenis tambang yang terkandung di perut bumi Indonesia, sangatlah mengagumkan. Namun kita terkadang tidak menyadarinya, kita cenderung melihat dan menganggap bangsa lain jauh lebih kaya dan lebih berada dibandingkan bangsa kita sendiri. Perhatian kita luput untuk menyadari bahwa negara yang kita tinggali ini merupakan negara yang kaya.


Indonesia memiliki pertambangan emas terbesar, cadangan gas alam, hutan tropis dengan keanekaragaman hayati, lautan terluas, tanah yang sangat subur, hasil tambang yang berlimpah, dan tak lupa pula penduduk yang besar jumlahnya. Dengan modal tersebut diatas, kiranya bukan hal yang mustahil jika di masa mendatang posisi Indonesia dianggap sebagai salah satu negara yang patut diperhitungkan. Apalagi pertumbuhan ekonomi Indonesia saat ini mengalami peningkatan pesat, banyaknya proyek infrastruktur yang digarap serta sektor pariwisata yang sedang menggeliat menjadi penggerak utama ekonomi kita. Seperti berpacu dengan waktu, pembangunan di Indonesia saat ini melesat tajam, sejumlah proyek infrastruktur banyak yang sedang dikerjakan. Upaya pemerintah mengejar dan mengerjakan proyek-proyek infrastruktur menjadi nilai tambah di mata internasional. Dengan dilakukannya hal tersebut, banyak pengamat yang mengatakan bahwa peringkat Indonesia dapat naik dan bahkan memimpin laju ekonomi Asia. Benarkah demikian? Lalu, apakah hubungan antara Sumber daya alam dan ekonomi Indonesia? Nah, untuk lebih jelasnya simak yuk uraian dibawah ini…



Sumber Daya Alam dan Pertumbuhan Ekonomi Indonesia




Tingkat perekonomian suatu negara dan sumber daya yang dimiliki memiliki kaitan yang sangat erat, kekayaan sumber daya akan menunjang pertumbuhan ekonomi yang pesat. Teori tersebut pastilah berlaku juga di negara kita, pertumbuhan ekonomi Indonesia sangat diperngaruhi oleh kekayaan sumber daya yang kita miliki. Sumber daya alam harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Pertanyaannya sekarang “sudahkah kita melakukan hal tersebut, menjaga dan memanfaatkan sumber daya yang kita miliki?”


Berdasarkan Pasal 33 UUD 1945 ayat 3 menyataan bahwa : “ Bumi, air, dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dikuasai oleh Negara dan dipergunakan untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat”. Sedangkan Pasal 33 UUD 1945 ayat 4 berbunyi : “ Perekonomian Nasional diselenggarakan berdasar atas demokrasi ekonomi dengan prinsip kebersamaan, efisiensi berkeadilan, berkelanjutan, berwawasan lingkungan, kemandirian, serta dengan menjaga keseimbangan kemajuan dan kesatuan ekonomi Nasional”. Pasal 33 UUD 1945 merupakan salah satu Undang-undang yang mengatur tentang Pengertian Perekonomian, Pemanfaatan Sumber Daya Alam, dan Prinsip Perekonomian Nasional”.




Dari pasal tersebut dapat disimpulkan bahwa Negara mempunyai wewenang untuk mengatur, mengawasi dan melakukan kontrol terhadap penggunaan berbagai sumber daya . Sumber daya alam yang dimiliki haruslah digunakan dan dimanfaatkan untuk kepentingan mayoritas masyarakat. Dapat terlihat jelas dari UU tersebut, bahwa kekayaan alam yang dimiliki oleh negara kita dikuasai oleh negara dan harus digunakan sebaik-baiknya untuk kepentingan rakyat, namun faktanya saat ini tidak dapat dipungkiri bahwa pengelolaan sumber daya alam kita banyak dikuasai oleh pihak asing.


Demokrasi ekonomi juga jelas ditekankan dalam pasal ini, bahwa kemakmuran masyarakatlah yang diutamakan, bukan kemakmuran perorangan. Perekonomian Indonesia ditopang oleh 3 pelaku utama, yaitu Koperasi, BUMN/D (Badan Usaha Milik Negara/Daerah) dan swasta. Ketiganya berkolaborasi untuk mewujudkan demokrasi ekonomi bersama. Sumber daya yang ada harus digunakan secara efisien untuk mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia yang sehat dan berkeadilan. Kemajuan ekonomi di seluruh wilayah tanah air harus merata. Seluruh sumber daya ekonomi harus digunakan sebaik-baiknya sesuai dengan aturan demokrasi ekonomi sehingga mendatangkan manfaat maksimal bagi seluruh warga negara Indonesia. Namun, apa yang terjadi? Kenyataannya memang pada saat ini pertumbuhan ekonomi dan tingkat kemakmuran belumlah merata. Sumber daya yang kita miliki belum bisa sepenuhnya dimanfaatkan secara optimal untuk kesejahteraan rakyat.


Semakin cepat pertumbuhan ekonomi akan semakin banyak sumber daya yang diperlukan dalam proses produksi sehingga akan mengurangi tersedianya sumber daya alam yang ada. Jadi dengan semakin menggebunya pembangunan ekonomi di Indonesia, berarti semakin banyak sumber daya yang diambil yang berakibat semakin berkurangnya jumlah persediaan sumber daya alam yang ada, oleh karenanya dalam pengelolaan sumber daya diperlukan kebijakan dan pengelolaan yang bertanggung jawab, dibutuhkan kontrol dan pengawasan dari Pemerintah. Namun, bukan hanya pengawasan yang dibutuhkan, pemerintah juga harus menyediakan sarana dan prasarana yang memadai agar sumber daya yang kita miliki dapat dikelola secara optimal dan merata. Pengelolaan sumber daya yang efektif ditujukan terutama untuk masyarakat kita, bukan untuk menyenangkan pihak asing. Bekerja sama dengan pihak luar dalam pengelolaan sumber daya memang satu hal yang tidak bisa dihindari, namun tentunya pengelolaan kerja sama sumber daya ini harus memperhatikan kepentingan rakyat terlebih dahulu, mengutamakan kepentingan bersama dan tidak mengorbankan jati diri sebagai bangsa. Jika itu semua telah terpenuhi tidak mustahil bangsa ini bisa berdiri sebagai kekuatan baru yang patut diperhitungkan.




Pertumbuhan Ekonomi dan Pembangunan di Indonesia




Seperti yang telah disinggung diatas upaya pemerintah menggenjot proyek-proyek infrastruktur mendapat nilai plus di mata internasional. Pembangunan di Indonesia, terutama pembangunan infrastrukutur yang sedang berjalan sangat diharapkan dapat mendongkrak pertumbuhan ekonomi ke depannya. Banyak pihak -salah satunya Bank Pembangunan Asia /ADB- memperkirakan dengan dilakukannya program pembangunan tersebut, ekonomi Indonesia bisa tumbuh melesat dan tidak menutup kemungkinan dapat memimpin laju ekonomi Asia. Indikasinya, di antaranya dapat dilihat dari masuknya dana asing yang cukup besar ke Indonesia. Prospek bisnis di Indonesia yang mulai meningkat, telah menumbuhkan kepercayaan investor dan dunia usaha.


Tentu saja harapan semua warga negara Indonesia adalah terwujudnya Indonesia yang maju di masa mendatang. Terkait dengan hal tersebut, Pemerintah Indonesia menargetkan pembangunan berbagai sektor infrastruktur pada tahun 2019 di seluruh Indonesia. Ada empat sektor yang akan terus berkontribusi dalam pembangunan ekonomi yakni sektor jasa, pertanian dan kehutanan, pertambangan dan infrastruktur. Harus diakui, pembangunan infrastruktur merupakan daya tarik tersendiri . Apalagi infrastruktur yang berkaitan langsung dengan masyarakat, seperti jalan tol, bandara, sarana transportasi, bendungan untuk aliran irigasi dan pelabuhan, semua ini diharapkan menjadi jalan pembuka untuk menuju pembangunan yang merata di seluruh wilayah Indonesia sehingga dampaknya dapat dirasakan langsung oleh masyarakat.


Pembangunan yang merata di seluruh wilayah Indonesia diharapkan mampu mempercepat proses pertumbuhan ekonomi, sehingga akan tercipta dan bermunculan lapangan pekerjaan baru yang tentunya akan berpengaruh pada peningkatan pendapatan Nasional. Dengan demikian, akan terjadi perubahan struktur ekonomi ke arah yang lebih baik, sehingga kesejahteraan masyarakat akan turut meningkat secara merata.




Lalu, dapatkah bangsa Indonesia menjadi kekuatan baru di Asia Tenggara? Dari uraian diatas dapat disimpulkan jika pemerataan pembangunan telah berjalan dengan baik di seluruh wilayah di Indonesia, maka dapat mendorong pertumbuhan ekonomi secara cepat dan merata. Namun, untuk mewujudkan pertumbuhan ekonomi yang memadai dibutuhkan banyak sumber daya, baik sumber daya alam maupun sumber daya manusia. Jangan khawatir, Indonesia adalah negara yang sangat kaya, baik kaya akan sumber daya alam maupun sumber daya manusia. Mungkin yang masih menjadi pekerjaan rumah saat ini adalah kita belum menemukan cara untuk mengelola sumber daya yang telah tersedia secara efisien dan efektif. Tapi yakinlah, kita pasti bisa! Jika sumber daya yang ada telah dimanfaatkkan secara optimal, tidak mustahil Indonesia dapat menjadi kekuatan besar tidak hanya di Asia Tenggara namun juga di Asia. Kita harus memupuk rasa kepercayaan diri yang tinggi bahwa kita mampu berdiri sejajar dengan negara-negara maju lainnya di Asia. Namun untuk mewujudkan semua itu, dibutuhkan proses panjang yang mungkin tidak mudah, oleh karenanya jangan pernah berhenti belajar, berusaha dan menggali ilmu dari manapun. Dibutuhkan pengorbanan, pengetahuan dan kerja keras demi mewujudkan Indonesia yang hebat!

Demikianlah uraian saya kali ini, semoga bermanfaat!


Terjawab 9 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang