Bisakah kamu mengidap bipolar tanpa memiliki kegilaan?

Dilihat 559 • Ditanyakan sekitar 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Bipolar berarti 'dua ujung'. Salah satu ujung itu adalah depresi, ujung yang lain adalah kegilaan. Jadi bukan, kamu tidak dapat memiliki gangguan bipolar dengan hanya satu ujung. Itu akan menjadi 'depresi unipolar.' Di sisi lain, ada berbagai bipolarism. Bipolar I adalah bipolar klasik: depresi adalah waaaay waaaay menuju ke bawah dan kegilaan adalah waaaay, waaaay menuju ke atas. Jadi pada satu titik seseorang mungkin melakukan bunuh diri dan tidak mampu keluar dari tempat tidur, dan pada titik lain mereka percaya diri untuk menjadi Raja Selandia Baru, berhubungan seks (atau mencoba melakukannya) dengan semua orang yang bekerja dengan mereka, dipecat, menghabiskan uang mereka untuk membeli tiket maskapai ke Las Vegas untuk teman-teman mereka dan ditangkap karena menulis cek kosong. 


Bipolar II adalah waaaay waaaay depresi menuju ke bawah yang sama sebagaimana Bipolar I tetapi fase kegilaannya hypomania (kurang dari kegilaan). Orang yang terlau optimis, mudah goyah, sulit untuk mengikuti, mungkin memiliki banyak pengalaman yang begitu cepat sehingga mereka tidak bisa berpikir, tapi pada dasarnya terhubung dengan realitas. Dan kemudian gangguan Bipolar cenderung berevolusi dari waktu ke waktu. Mungkin ketika kamu berada di usia dua puluhan fase kegilaan dapat berguna, cahaya terang kreatifmu yang membutuhkan untuk tidak tidur dan bisa menjual ide kepada siapapun. Di usia tiga puluhan meskipun dua fase cenderung mencoreng bersama-sama lagi. Kamu menyedihkan ketika kamu mengalami depresi tapi kamu sengsara ketika kamu gila juga. Kamu tidak reatif, kamu tidak bersenang-senang, kamu rewel dan mudah marah dan kamu tidak bisa berpikir. Kamu masih pada alternatif kegilaan (aktif) dan depresi (tidak aktif) tapi fase kegilaan tidak terlihat seperti stereotip yang terlalu senang. 


Akhirnya, seseorang bisa menjadi Bipolar tetapi dalam pengobatan yang mengontrol kegilaan mereka dengan lebih baik dari depresi mereka. Kamu mungkin melihat mereka kadang-kadang tertekan tapi tidak melihat kegilaan apapun karena mereka mengobatinya. (Di atas mengandung banya ketidakakuratan karena aku hanya orang awam yang tertarik akan hal ini tetapi beberapa ide umum adalah beberapa macam yang terdapat disana).


 

Terjawab lebih dari 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang