Secara teori dapatkah melihat semua profil lawan jenis di Tinder kapan saja?

Dilihat 12,6 rb • Ditanyakan hampir 3 tahun lalu
1 Jawaban 1

Dewasa ini aplikasi pertemanan dan media sosial mengalami perkembangan yang sangat pesat. Terlebih lagi sejak munculnya facebook yang mampu menghipnotis banyak orang untuk memakainya dan menemukan teman lama ataupun mendapatkan teman baru di dunia maya. Dan setelah ada teknologi komunikasi terbaru yang menggunakan media telepon seluler, menjadikan hampir seluruh penjuru dunia terhubungan dengan cepat dan tanpa batas. 


Teknologi ini salah satunya adalah operating system berbasis android untuk ponsel pintar. Banyak aplikasi pertemanan berbasis android yang ditawarkan dan digunakan di dunia maya, salah satunya adalah aplikasi Tinder.


Kita dapat memperoleh teman dengan mudah menggunakan aplikasi Tinder. Karena ide dasar pembuatan aplikasi ini adalah untuk mempermudah pengguna menemukan teman secara online. Cara pakai tinder atau cara menggunakan aplikasi tinder ini terbilang cukup mudah dan sangat interaktif. Sehingga membuat aplikasi Tinder ini dapat berkembang dengan cepat, menyebar luas, serta diminati banyak orang.


Dan biasanya para pengguna aplikasi tinder ini melihat-lihat profil lawan jenis kapanpun sebelum dia berkenalan dengan orang tersebut. Namun untuk melihat semua profil lawan jenis pada aplikasi tinder ini, akan menjadi sesuatu yang membutuhkan banyak waktu dan perjuangan, meskipun secara teori dapat dilakukan.



aplikasi tinder


Apa itu Tinder?


Sebelum kita lebih jauh membahas tentang kemungkinan kita melihat semua profil lawan jenis di tinder, ada baiknya kita kilas balik membahas sejenak tentang apa itu aplikasi Tinder. Juga tentang cara pakai tinder atau cara menggunakan aplikasi tinder. Tinder merupakan aplikasi mobile pencari sosial berbasis lokasi yang memungkinkan penggunanya untuk swipe (“menggeser”) ke kiri atau ke kanan, dan ketika ada dua pengguna yang sama-sama swipe ke kanan, maka keduanya dapat berbincang-bincang. Aplikasi ini seringkali digunakan sebagai aplikasi kencan atau mak-comblang, tergantung pilihan dari si penggunanya.


Tinder ini merupakan aplikasi layanan pencarian sosial yang berbasiskan lokasi serta menggunakan jaringan Facebook guna memberikan fasilitas komunikasi antar pengguna yang memiliki ketertarikan satu sama lain. Biasanya pengguna aplikasi ini ingin mengetahui profil dari lawan jenis sebelum dia berinteraksi dengan si pemilik profil. Meskipun pada awalnya aplikasi ini hanya digunakan untuk layanan kencan, namun seiring berkembangnya kebutuhan dan permintaan, aplikasi ini pun memberikan layanan lebih banyak, sehingga dapat digunakan secara umum pada aplikasi media sosial.


Aplikasi ini pada awalnya dibuat di Palka Labs dan sejak saat pertama kali diluncurkan pada tahun 2012 hingga tahun 2014, telah tercatat terdapat sebanyak satu miliar “swipe” per hari. Aplikasi Tinder ini dapat dikatakan merupakan “aplikasi menggesek” yang pertama kali di dunia, yang mana para penggunanya melakukan gerakan “menggeser/swipe” untuk memilih beragam foto dari para pengguna lainnya. Menggesek ke kanan pada foto ditujukan untuk “potensi kecocokan” dan menggesek ke kiri pada untuk berganti ke foto pengguna lainnya lagi.


tinder profile


Melihat Profil di Tinder


Secara teori, pengguna aplikasi ini dapat melihat semua profil lawan jenis yang diinginkannya, kapan saja. 


Namun hal ini hanya bisa secara teori saja, secara kenyataan akan sangat sulit sekali. Karena banyaknya profil yang diberikan oleh aplikasi ini secara bertumpuk yang akan menyita cukup banyak waktu, dan ini merupakan fakta yang berlaku pada Tinder. Selain itu, masalah lainnya adalah ketika ada pengguna lain yang melakukan “swipe” ke kiri, yang berlawanan dengan Anda yang “swipe” ke kanan, maka Anda tidak akan dapat melihat profilnya. 


Juga masih ada masalah lain, yaitu para pengguna yang secara berkala membuat dan menghapus akunnya, alias para pengguna yang datang dan pergi seperti angin lalu yang tujuannya hanya untuk iseng. Anda bisa melihat semua profil sebelum akun baru dibuat dan/atau akun yang sudah ada dibuang atau dihapus oleh sistem karena melanggar peraturan yang ada. 


Oleh karena itu, meskipun cara pakai tinder cukup user-friendly, tetapi untuk dapat melihat semua profil dari lawan jenis akan sangat sulit sekali.


Saat Anda memiliki akun premium di Tinder alias akun berbayar, Anda memang dapat memasukkan lokasi baru dan mulai melakukan “swipe” untuk melihat semua profil dari lawan jenis yang menarik perhatian Anda. Namun hal ini tidak menutup kemungkinan bahwa Anda akan melewatkan seseorang, terlebih lagi apabila orang tersebut dalam kondisi “mobile” alias bergerak. 


Secara lebih jelasnya, Anda bisa bayangkan seperti ini, Anda tengah melakukan “swipe” di lokasi A dan setelah selesai Anda ingin pindah ke lokasi B untuk melakukan “swipe” pada lokasi C. Nah, ketika Anda melakukan “swipe” di lokasi A tadi, ada pengguna di lokasi C yang sudah berpindah tempat dan proses layanan lokasi mereka sudah dinonaktifkan. 


Ketika Anda pindah ke lokasi B dan melakukan “swipe” lokasi C, pengguna tersebut sudah ada di lokasi A lalu menyalakan kembali layanan lokasinya serta memperbarui lokasi Tindernya sehingga terpampang di lokasi A. Padahal Anda sudah pindah dari lokasi A tadi dan tengah berada di lokasi B yang hendak pindah menuju ke lokasi C. Sehingga Anda tidak akan pernah bertemu dengan pengguna tersebut karena hal ini. Dan hal ini juga yang meskipun secara teori Anda dapat melihat semua profil dari lawan jenis, tetapi secara kenyataannya Anda tidak memiliki kesempatan yang mencukupi untuk melakukan “swipe” pada akun mereka.


tinder gratis


Manfaat Menggunakan Tinder


Jadi, meskipun kita akan kesulitan untuk melihat semua profil lawan jenis setiap saat, tapi kita akan sangat diuntungkan karena kita bisa bertemua dengan banyak orang, bahkan juga akan mendapatkan jodoh karena Tinder. Kita akan bisa mengenal banyak orang dengan latar belakang dan dunia yang berbeda dengan kita. 


Selain itu, akan lebih aman bagi kita berkenalan dengan orang asing di Tinder daripada secara langsung. Karena kita bisa memeriksa dulu profil orang tersebut di internet, juga dapat memeriksa latar belakangnya dari teman kita yang juga mengenal orang tersebut. Satu hal yang harus tetap Anda perhatikan adalah kehati-hatian dalam mengambil tindakan. 


Tidak mudah percaya dan terpesona dengan profil seseorang serta memeriksa secara teliti siapa sebenarnya orang tersebut. Selain itu, ada beberapa hal yang seharusnya tidak dilakukan di Tinder, terutama apabila hal tersebut terkait dengan perbuatan melanggar hukum.


tinder 4


Oleh karena itu, Anda tidak perlu khawatir tidak mendapatkan kenalan baru saat menggunakan Tinder, meskipun tidak dapat melihat semua profil para pemakai aplikasi ini. Namun Tinder tetap akan bermanfaat bagi Anda, terutama jika Anda ingin memperoleh banyak kenalan, mencari orang tertentu di Tinder, bahkan menemukan jodoh Anda. Asal Anda selalu berhati-hati dalam melangkah, tidak gegabah, dan mengambil tindakan sembrono. Semoga artikel singkat ini dapat memuaskan dan menjawab pertanyaan Anda.

Terjawab lebih dari 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang