Bisakah kapsul Minyak Hati Ikan Cod dikonsumsi tanpa resep dokter? Apa manfaat kesehatan yang dimilikinya?

Dilihat 276 • Ditanyakan 7 bulan lalu
1 Jawaban 1

Tidak.... Tolong Diskusikan dengan dokter anda sebelum mengkonsumsi Kapsulnya..

Sumber : Minyak Hati Ikan Cod Laut


Manfaat kesehatan dan efek samping

Minyak Hati Ikan Cod: Manfaat kesehatan dan efek samping

Kita semua ingin meningkatkan daya ingat dan kekuatan kognitif kita untuk menjadi sukses di dunia yang kompetitif ini. Tapi apakah "Pendorong Daya Ingat" ini baik bagi kita atau berisiko besar terhadap kesehatan kita untuk jangka panjang? Dalam sumber artikel ini, saya akan menjelaskan pada anda tentang semua keuntungan dan kerugian dari Minyak Hati Ikan Cod, sebuah pendorong daya ingat yang populer dan pendukung sistem imun. Baca artikel ini untuk mengetahui semua tentangnya.


Pengenalan:

Minyak hati ikan cod adalah sebuah suplemen nutrisi yang kaya asam lemak omega-3, vitamin A, vitamin d, DHA, dan EPA. Merupakan minyak yang diekstrak dari hati ikan berlemak, ikan cod dan dipasarkan dalam bentuk kapsul untuk digunakan sebagai suplemen makanan untuk meningkatkan daya ingat, membuat tulang kuat dan memperkuat sistem imun. 'Seven Seas' adalah salah satu brand yang paling terkenal untuk minyak hati ikan cod dan suplemen terbaik untuk anak-anak yang bersekolah. Komponen utama dalam minyak hati ikan cod dan manfaatnya bagi kesehatan kita:

Vitamin A: Minyak hati ikan cod mengandung dosis besar vitamin A di dalamnya. Vitamin A, juga dikenal sebagai Retinol, penting untuk memperkuat sel-sel otak kita, daya ingat, penglihatan mata dan rambut sehat. Sebagai seorang anak kecil saya terbiasa mengkonsumsi minyak hati ikan cod untuk sakit kepala yang sering terjadi, dengan resep dokter dan saya dulu sangat merasakan manfaatnya.

Vitamin D: Kita semua tahu vitamin D adalah yang paling penting untuk tulang dan gigi yang kuat. Vitamin D ada dalam minyak hati ikan cod dan oleh karena itu biasanya diresepkan bagi anak-anak yang menunjukkan gejala Rakitis dan bagi orang dewasa untuk mengobati Osteomalacia. Itu dibutuhkan untuk sistem kerangka yang sehat dan jaringan-jaringan lembut di dalam tubuh kita.

Asam lemak Omega 3: Minyak hati ikan cod adalah sumber yang kaya akan asam lemak omega 3 khususnya EHA dan DHA yang dianggap sebagai 'asam lemak yang baik'. Sangat bermanfaat bagi orang-orang yang menderita penyakit kardiovaskuler.

Nutrisi lain yang ada dalam minyak hati ikan cod: Minyak hati ikan cod diyakini mengandung sejumlah nutrisi makanan lain seperti biotin, vitamin B-kompleks, lipoic acid, vitamin lainnya dan karnitin (membantu tubuh mengolah lemak tubuh yang tersimpan). Semua nutrisi ini ada dalam kategori nutrisi mikro dan sangat banyak dibutuhkan oleh tubuh agar berfungsi normal. Juga diyakini memiliki dosis vitamin C yang signifikan serta vitamin A dan D.


Keuntungan minyak hati ikan cod: Minyak hati ikan cod bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita secara keseluruhan. Ia memiliki pengaruh yang bermanfaat pada sistem imun kita dan daya ingat. Ia membuat tulang dan gigi kita kuat serta mendukung penglihatan yang sehat. Ia efektif melawan sejumlah penyakit ringan serta berat, seperti : Rakitis, tulang lemah dan jaringan lembut. Penyakit radang usus. Arthritis. Gigi rusak. Rambut rontok dan rambut tak sehat. Mencegah memburuknya penglihatan. Penyakit kardiovaskuler. Baik untuk kesehatan keseluruhan janin ketika dikonsumsi oleh seorang wanita hamil dibawah pengawasan dokter (overdosis bisa berpengaruh sebaliknya bagi bayinya sehingga konsultasi dokter itu penting). Mendukung perkembangan otak dan mendorong daya ingat. Dosis rutin minyak hati ikan cod melindungi terhadap batuk dan flu yang sering dialami anak-anak.


Efek-efek merugikan dari Minyak Hati Ikan Cod bagi kesehatan kita: Bersamaan dengan banyaknya pengaruh menguntungkan dari minyak hati ikan cod bagi kesehatan kita, ada beberapa kerugian yang terkait dengannya, yang ditulis berikut ini:


Hipervitaminosis A: Sekitar 13,5 gram minyak hati ikan cod mengandung 135% dari 'Batas Atas Asupan yang bisa ditolerir' harian yang secara umum dikenal sebagai UL, untuk vitamin A. Vitamin A atau Retinol adalah vitamin yang larut lemak dan ketika dikonsumsi berlebihan, terakumulasi di dalam tubuh sebagai lemak. Ketika mencapai nilai atas tertentu, itu menjadi sangat berbahaya bagi organ tubuh kita dan menyebabkan kondisi yang dikenal sebagai 'Hipervitaminosis A'. Menurut medis umum, bagi seseorang dengan rata-rata berat 50 kg, dosis beracun dari Vitamin A atau Retinol adalah sekitar 1,25 kilogram minyak hati ikan cod. (Catatan: Kadar Retinol yang disarankan adalah 900 mikro-gram/hari untuk seorang pria dewasa dan 700 mikro-gram/hari untuk seorang wanita dewasa). Penting: Sangat penting bagi wanita hamil untuk berkonsultasi dengan dokternya sebelum mengkonsumsi minyak hati ikan cod karena overdosis Retinol sintetis bisa mengakibatkan hipertensi gestasional dan kelahiran cacat pada anaknya.


Racun Lingkungan: Minyak hati ikan cod adalah suplemen makanan berbasis ikan dan oleh karenanya bisa mengandung racun lingkungan dengan kadar tinggi, yang bisa termasuk merkuri, PCB atau poly-chlorinated biphenyl, dioksin dan logam berat lainna serta polutan yang ada di dalam air yang telah masuk rantai makanan. Meskipun proses pemurnian dilakukan di tempat penyulingan, masih ada sisa-sisa dalam beberapa persen dari polutan lingkungan ini dalam minyak ikan dan oleh karenanya perlu waspada saat mengkonsumsinya. Menurut suatu artikel yang dipublikasikan pada bulan Maret 2006 di Mail online, sejumlah kapsul minyak hati ikan cod ditarik dari pasar karena mereka dilaporkan telah terkontaminasi dengan bahan-bahan kimia yang bisa menyebabkan kanker. Sejumlah kapsul ini mengandung kadar dioksin diatas batas yang telah diatur. Bahan kimia ini secara langsung terhubung dengan kanker dan memiliki dampak berbahaya bagi janin dan sistem kekebalan tubuh manusia dengan konsumsi jangka panjang.


Kesimpulan: Minyak hati ikan cod memiliki sejumlah manfaat kesehatan dan bisa direkomendasikan sebagai sebuah suplemen makanan untuk daya ingat yang baik, gigi dan tulang yang kuat, mendorong sistem kekebalan tubuh dan penglihatan yang sehat. Tapi bagaimanapun juga overdosis harus dihindari dan untuk racun-racun lingkungan yang ada di dalamnya, cobalah membeli tablet/kapsul minyak hati ikan cod dari perusahaan yang bereputasi, disetujui medis dan merk terdaftar. Supaya aman, jangan pernah mengkonsumsinya untuk waktu berkelanjutan dan cobalah untuk berhenti beberapa bulan sebelum membuka botol yang baru. Baca lebih banyak di: Sea Cod Liver Oil : Health benefits and side-effects


SeMoga sELaLu sEhaT...!!!

Terjawab 6 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang