Bisakah kita bagus dalam yoga kalau memulai setelah umur 30 tahun?

Dilihat 246 • Ditanyakan 8 bulan lalu
1 Jawaban 1

Yoga itu bukan sesuatu yang kebanyakan orang "baik lakukan". Yoga itu tentang menenangkan pikiranmu. Ada kompetisi yoga dan bahkan gerakan untuk membuat yoga menjadi sebuah olahraga Olimpiade, dimana seseorang harus dapat melakukan dan menahan postur yang menantang yang menguji batasan fleksibelitas, kekuatan, dan fokus. Banyak orang yang melakukan yoga sebagai alternatif olahraga kardio-intensif, orientasi-kecepatan, knee-busting, back-breaking. Orang-orang yang menjadi yogis bisa menjadi bugar, kuat, fleksibel, tetang, damai - berapapun umur mereka. Banyak yogis yang aku tahu yang telah berlatih selama bertahun-tahun yang memulai yoga dari muda dan sangat-fleksibel, dengan latihan yang sangat aktif, atletik vinyasa. Seiring dengan berjalannya waktu dan hal-hal yang terjadi pada tubuh (bayi, kecelakaan, triathlon, dll.), hal itu berubah dan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk melakukan beberapa postur (atau "asanas").

Banyak orang yang juga kehilangan rasa tertariknya dalam mendorong mmereka sekeras yang mereka biasa lakukan ketika mereka lebih muda. Banyak yogis yang kutemukan yang datang berlatih saat dewasa tanpa fleksibilitas yang banyak, tapi mereka ingin mncoba. Dan dengan kesabaran, kegigihan, dan waktu, mereka bisa mencapai tujuan mereka dan menjadi ahli. Tentu saja, mereka yang memiliki latihan rutin selama hidup mereka itu memang menakjubkan. 

Coba cek buku bergambar, Asanas: 608 Yoga Poses oleh Dhrma Mittra, perhatikan: dia brumur 45 tahun ketika kebanyakan gambar dalam buku ini diambil, dan mengambil sisanya di umurnya yang 60an tahun. Itulah latihan asana; meningkatkan fokus dalam meditasi dan bernafas, untuk tambahan posisi dan gerakan ifsik, merupakan bagian latihan yang lebih ahli. Yogis yang berumur menjadi lebih beradaptasi dan percaya diri dalam mendorong diri mereka ke sebuat tempat dalm pikiran mereka, lebih cepat menemukan kedamaian, perlindugan dan energi di tempat yang tenang dengan asanas yang paling sederhana seperti pose mayat. 

Yoga itu tentang integrasi pikiran-tubuh, kesadaran-diri, kedamaian dalam hatimu, penerimaan. Yoga itu tidak memiliki batas umur. Walaupun begitu, aku tahu seseorang yang memulai bikram yoga di umurnya yang ke-65 tahun. Sekarang dia berumur 68 tahun, dan masih melakukannya, empat kali seminggu, dan semakin lebih baik semakin hari.

Terjawab 7 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang