Bagaimana cara membuat masker wajah alami yang bagus?

Dilihat 4,41 rb • Ditanyakan sekitar 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Wajah yang mulus, cerah, dan bersinar merupakan impian bagi semua wanita. Berbagai produk perawatan wajah pun dijual di pasaran mulai dari krim pemutih, pelindung tabir surya yang juga dikenal sebagai sunblock atau sunscreen, dan yang cukup populer adalah masker wajah.


Masker wajah yang bagus biasanya terbuat dari bahan alami sehingga tidak menimbulkan reaksi alergi pada kulit wajah yang memang lebih sensitif dibanding bagian kulit lainnya. Tapi tentunya Anda harus memperhatikan jenis kulit wajah Anda sebelum memilih masker wajah, karena tentunya masker untuk wajah berminyak akan memiliki bahan dan racikan yang berbeda jika dibandingkan dengan masker untuk mengencangkan wajah.


Alternatif untuk masker wajah yang murah dan seratus persen alami adalah dengan membuat masker wajah alami menggunakan buah-buahan atau bahan-bahan alami lainnya yang bisa Anda beli di supermarket atau bahkan biasanya selalu tersedia di rumah.

 

masker wajah yang bagus


Harga masker wajah bermacam-macam, Anda bisa mendapatkan satu dengan harga 15 ribu rupiah bahkan ada yang mencapai puluhan atau ratusan ribu rupiah. Masker wajah yang bagus biasanya mengandung vitamin C karena memang vitamin C dipercaya memiliki manfaat untuk mencerahkan kulit, sehingga kulit Anda terlihat lebih cerah dan mempesona.


Tapi satu hal yang pasti, karena masker yang dijual di pasaran adalah buatan pabrik yang mungkin mengandung bahan lain yang berunsur kimia, bisa saja Anda mengalami reaksi alergi jika Anda memiliki kulit yang sensitif.


Jikalau alergi terjadi, Anda harus segera menghentikan penggunaan masker tersebut. Atau Anda bisa membuat kombinasi masker wajah alami dengan bahan-bahan yang ada menyesuaikan dengan jenis kulit Anda. Karena Anda membuatnya sendiri dengan bahan-bahan alami, penggunaan masker alami dapat meminimalisir kemungkinan terjadinya reaksi alergi.


Di bawah ini saya akan memberikan beberapa resep masker wajah alami untuk Anda.



Cara Membuat Masker Wajah Alami



Banyak sekali produk kecantikan yang dijual di pasaran secara bebas dan tentunya masker wajah merupakan produk yang cukup populer. Namun, untuk menemukan masker wajah yang bagus dan cocok untuk kulit Anda tidaklah semudah itu.


Belum lagi dengan harga yang bervariasi, untuk menemukan masker dengan kualitas baik dan harga yang terjangkau bagaikan mencari jarum di antara tumpukan jerami. Jika Anda lelah mencari produk yang cocok untuk Anda karena Anda memiliki kulit yang cenderung sensitif, saya memiliki solusi untuk Anda.


Dengan sedikit usaha, Anda bisa membuat sendiri masker wajah yang cocok untuk Anda dan karena benar-benar terbuat dari bahan alami, tentunya Anda tidak usah khawatir dengan efek samping. Selain itu, dengan membuatnya sendiri, Anda tidak perlu lagi khawatir mengenai kondisi dompet Anda.


Di bawah ini beberapa bahan alami yang bagus untuk dijadikan masker wajah berikut dengan cara membuatnya.



masker wajah yang bagus


1. Madu dan minyak zaitun


Madu adalah salah satu bahan alami yang bermanfaat bagi untuk kulit dan kesehatan tubuh, begitu juga minyak zaitun. Karena itulah tidak heran kedua bahan ini termasuk dalam kombinasi bahan untuk membuat masker alami.


Anda cukup mengoleskan racikan Anda pada kulit, diamkan selama beberapa menit, lalu bilas sampai benar-benar bersih agar tidak ada semut yang datang. Untuk minyak zaitun, akan lebih baik jika Anda menggunakan extra virgin olive oil yang memiliki kualitas paling baik di antara jenis minyak zaitun lainnya.


Cara membuat:

  • Campurkan satu sendok teh madu dan satu sendok teh minyak zaitun (lebih bagus kalau menggunakan extra virgin olive oil). Anda juga bisa menambahkan dua sendok teh cuka apel jika ada. 
  • Oleskan campuran tersebut ke wajah Anda secara merata dan diamkan selama sepuluh hingga lima belas menit agar vitamin yang dikandung bahan-bahan alami tersebut bisa meresap ke kulit Anda. 
  • Bilas dengan air hangat hingga bersih. 


masker wajah yang bagus



2. Oatmeal


Masker oatmeal ini bisa dibilang cocok untuk semua jenis kulit, mulai dari kulit kering, berminyak, hingga kulit sensitif atau mudah berjerawat. Oatmeal mengandung banyak serat yang dipercaya dapat membantu mengangkat sel kulit mati dari wajah Anda, sehingga kulit wajah menjadi lebih cerah dan halus. 


Selain sebagai masker, Anda bisa memasukkan satu cangkir oatmeal ke dalam bak mandi Anda untuk melembabkan kulit tubuh Anda.


Cara membuat :

  • Campur oatmeal dengan air hangat, namun jangan memasukkan terlalu banyak air. Campur hingga konsistensi campurannya seperti adonan. 
  • Pastikan wajah Anda bersih, lalu oleskan campuran masker ke wajah hingga leher secara merata dan diamkan selama lima belas hingga dua puluh menit. 
  • Bilas hingga bersih dengan air dingin. 


masker wajah yang bagus


3. Kunyit


Masker wajah yang bagus selanjutnya adalah kunyit. Jika ingin kulit wajah Anda cerah berseri, Anda bisa memanfaatkan kunyit. Kunyit dari dulu dipercaya mengandung senyawa aktif bernama kurkumin yang berguna sebagai anti-oksidan.


Sejak berabad-abad yang lalu, kunyit dipercaya sebagai bahan alami untuk mendapatkan kulit yang putih, cerah, dan bersinar. Kunyit dipercaya mampu menghambat pembentukan melanin dalam tubuh. Melanin adalah pigmen di dalam kulit yang menyebabkan kulit menjadi gelap. Walaupun belum diuji secara ilmiah, banyak orang yang menyukai metode ini karena memang memiliki hasil yang memuaskan.


Cara membuat :

  • Anda bisa menggunakan bubuk kunyit atau menghaluskan sejumlah kunyit, lalu mencampurnya dengan dua sendok teh racikan masker oatmeal yang sudah saya jelaskan sebelumnya. Tak lupa masukkan beberapa tetes perasan lemon, lalu campur hingga menjadi krim kental. Atau Anda juga bisa mencampur bubuk kunyit atau kunyit yang sudah dihaluskan tadi dengan minyak zaitun hingga konsistensinya menjadi seperti pasta kental. 
  • Oleskan secara merata ke seluruh wajah Anda dan diamkan hingga masker mengering. 
  • Sesudah kering, bilas wajah dengan air sembari menggosok masker dengan menggunakan ujung jari. 

masker wajah yang bagus



4. Alpukat


Buah berwarna hijau ini tak hanya enak, namun memang mengandung berbagai macam nutrisi yang baik untuk tubuh, kulit, dan juga rambut. Tak hanya diracik untuk menjadi masker wajah alami, alpukat juga banyak digunakan untuk membuat masker rambut.


Alpukat yang mengandung vitamin E, mineral alami, folat, dan berbagai nutrisi lainnya ini cocok sekali untuk membuat masker wajah bagi orang yang berkulit kering, kusam, dan atau bahkan bersisik. Penggunaan masker alpukat secara teratur dapat memberikan kelembaban alami pada kulit Anda.


Cara membuat :

  • Potong buah alpukat menjadi dua dan ambil bijinya, lalu pisahkan isi dagingnya dengan kulitnya. Haluskan daging buah alpukat dengan blender.
  • Untuk memaksimalkan masker alami ini, Anda bisa menambahan satu sendok teh madu dan minyak zaitun. Campur hingga merata. 
  • Oleskan pada wajah dan diamkan selama dua puluh lima hingga tiga puluh menit. 
  • Bilas dengan menggunakan air hangat hingga bersih. 

 

-


Sebenarnya masih banyak lagi bahan-bahan lain yang bisa Anda manfaatkan untuk membuat masker alami, seperti strawberry, pepaya, yoghurt, bengkoang, dan lain-lain. Lemon juga amat sering dijadikan campuran untuk membuat masker karena kandungan vitamin C di dalmanya yang bagus untuk mencerahkan kulit.


Di pasaran banyak sekali dijual berbagai vitamin C untuk dikonsumsi, lantas apakah Anda bisa menggunakan vitamin C berbentuk tablet, pil, bubuk, dan sejenisnya untuk membuat masker? 


Meski vitamin C memang baik untuk kulit, ketika obat diproduksi dalam pabrik dan menjadi suplemen vitamin C, di sini vitamin C ini seharusnya dikonsumsi, bukan untuk dihancurkan dan dioleskan ke kulit.


Apalagi vitamin C juga memiliki sifat asam yang mana jika Anda menggunakan terlalu banyak, bisa saja malah membuat kulit Anda iritasi. Ditambah lagi, selama dalam proses di pabrik, suplemen-suplemen tersebut pasti juga dicampuri dengan bahan-bahan lain yang belum tentu aman untuk kulit Anda. Daripada mengambil resiko, lebih baik Anda menggunakan perasan air jeruk nipis atau lemon, karena sudah pasti alami. Semoga bermanfaat!!


Terjawab sekitar 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang