Bisakah laki-laki terkena kanker payudara?

Dilihat 239 • Ditanyakan 9 bulan lalu
1 Jawaban 1

Ya, bisa karena mereka memiliki jaringan payudara. Saluran sel di dalam payudara kurang berkembang, sehingga resiko tumor lebih kecil daripada perempuan, tapi reiko masih ada. Disini kamu bisa membaca tentang faktor resiko, tipe dari kanker payudara yang didapat laki-laki dan gejala dari setiap tipe.


Faktor resiko

Beberapa faktor resiko sama untuk laki-laki dan perempuan, seperti umur, gen, atau riwayat keluarga, pola diet, obesitas, kurangnya aktivitas fisik, terkena toxin dan merokok. Ada juga beberapa faktor resiko yang hanya ada pada laki-laki. Berikut:

Sindrom Klinefelter – Kondisi kongenital yang mengakibatkan berkurangnya produksi hormone laki-laki dan bertambahnya produksi hormone perempuan estrogen, biasanya berujung ke bertumbuhnya jaringan payudara.

Terkena radiasi – biasa sebagai hasil dari pengobatan radiasi untuk kanker lain.

Peminum yang berat – mungkin karena alcohol merusak hati

Penyakit hati – berujung pada rendahnya hormone laki-laki dan tingginya estrogen, berujung pada bertumbuhnya jaringan payudara dan resiko lebih tinggi untuk terkena kanker payudara.


Pengobatan estrogen – dipakai untuk transgender

Kondisi testicular berujung pada produksi hormone laki-laki


TIPE

Ada ima tipe dari kanker payudara yang dialami laki-laki: Ductal carcinoma in situ (DCIS), infiltrating or invasive ductal carcinoma (IDC), infiltrating or invasive lobular carcinoma (ILC), paget disease of the nipple and inflammatory breast cancer. Kamu akan mendapat deskripsi tentang masing-masing tipe, dengan gejalanya dibawah.


DCIS

DCIS biasanya disebut “pra kanker” karena sel kanker terbatas di dalam saluran payudara dan belum menyerang jaringan. Beberapa kasus bisa menyerang dan tidak ad acara untuk mengetahui yang mana yang bisa atau yang tidak. Untuk alasan itu, pembedahan umumnya direkomendasikan. Bengkak yang tidak sakit bisa terjadi di tipe ini, meskipan terkadang tidak ada gejaa. Kulit di atas tumor bisa terlihat kurang, tergantung pada ukuran.

IDC

Ini adalah kanker yang paling umum yang dialami laki-laki. Tumor tumbuh dimulai di saluran dan bertumbuh melalui jaringan berlemak dari payudara, biasanya melibatkan putting. Laki-laki dengan IDC akan biasanya menyadari benjolan dan rasa sakit saat ditekan di daerah dada.

ILC

Invasive lobular carcinoma sangatlah jarang di laki-laki, sebagaimana laki-laki tidak ada lobula di payudara mereka. Tetapi, beberapa kasus telah ada, dan ada beberapa studi yang mengetahui bagaimana kanker ini berkembang.


Paget disease of nipple

Tipe ini lebih umum di perempuan daripada laki-laki, karena payudaranya lebih kecil. Gejala muncul di kulit putting dan terkadang mengumpulkan kulit gelap dari areola. Mengeras, bertambah besar, memerah, gatal, berlendir, terbakar, dan berdarah adalah gejala yang mungkin. Benjolan mungkin atau tidak muncul.

Inflammatory breast cancer

Ini yang paling jarang dan paling agresif. Sangatlah jarang di laki-laki. Daripada merasa benjolan, seluruh payudara terasa bengkak dan halus. Daerah mungkin merah dan hangat untuk dipegang.


Terjawab 9 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang