Bisakah lupus sembuh total?

Dilihat 375 • Ditanyakan 9 bulan lalu
1 Jawaban 1

penyebab penyakit lupus

Penyakit lupus adalah penyakit baru yang mematikan setara dengan kanker. Penyakit auotimun ini memang tidak banyak diangkat oleh media. Meskipun penyakit lupus menular tidak pernah ditemukan, tidak sedikit pengidap penyakit ini tidak dapat tertolong lagi. Menurut data dari Yayasan Lupus Indonesia (YLI), jumlah penderita lupus di Indonesia pada tahun 2012 mencapai 12.700 jiwa. Jumlah ini kemudian meningkat menjadi 13.300 jiwa pada tahun 2013. Di Dunia, terdeteksi penyandang penyakit Lupus mencapai 5 juta orang, lebih dari 100 ribu kasus baru terjadi setiap tahunnya.


Penyakit lupus atau Sistemik Lupus Eritematosus (SLE) adalah penyakit autoimun di mana sistem kekebalan tubuh keliru menyerang jaringan sehat. Hal ini mengakibatkan peradangan kronis jangka panjang yang menyebabkan kerusakan berbagai bagian tubuh, antara lain sendi, kulit, ginjal, jantung, paru-paru, pembuluh darah dan otak.


Penyebab orang dapat terkena lupus masih misterius di kalangan medis kecuali penyakit lupus yang diakibatkan oleh obat. Para pakar menduga bahwa ada beberapa faktor genetika yang dapat mempertinggi risiko seseorang terkena lupus. Namun Faktor-faktor lingkungan juga punya andil dalam memicu penyebab penyakit ini.


cara menyembuhkan lupus


Tanda dan gejalanya beragam, antara lain demam, lesu, penurunan berat badan, rambut rontok, fotosensitifitas, adanya ruam kupu-kupu (butterfly rash), discoid rush, luka di mulut, radang sendi yang berpindah-pindah, radang paru, gangguan ginjal, gangguan saraf, kelainan darah, dan lainnya. Perjalanan lupus, amat bervariasi, dari ringan sampai amat progresif hingga yang menyebabkan kematian. Biasanya yang menjadi penyebab pasien sakit lupus meninggal adalah kebanyakan karena infeksi dan kegagalan ginjal.


Apakah Lupus Dapat Disembuhkan?


Titik berat perawatan lupus adalah mengurangi peradangan. Mayoritas pasien sakit lupus dirawat dengan menggunakan obat-obatan. Karena reaksi tiap orang terhadap suatu obat berbeda-beda, biasanya perlu beberapa waktu untuk mengetes kecocokan atau ketidakcocokan seseorang pada obat-obatan tertentu. Seringkali para ahli mencoba secara satu persatu, melihat hasilnya sebelum mengganti dosis atau ke obat lain.


Sama seperti penyakit diabetes, kejadian penyakit lupus menular belum pernah ada, namun lupus tidak dapat disembuhkan. Penyakit ini sifatnya naik turun, gejalanya datang dan pergi tak menentu, terutama jika ada faktor pemicu yang memunculkan kembali gejalanya. Hingga saat ini, belum ada terapi yang dapat menyembuhkan sakit lupus 100%. Terapi yang ada saat ini hanya ditujukan untuk mengatasi gejala dan mencegah kekambuhan. Dokter lebih berfokus pada pengobatan lupus yang sifatnya sementara, yakni mencegah semakin meluasnya penyakit ini dan tidak menyerang organ vital. Kesembuhan total dari penyakit ini, tampaknya sulit.

Terjawab 9 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang