Apakah coklat panas bisa menyembuhkan radang tenggorokan (batuk)?

Dilihat 878 • Ditanyakan sekitar 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Radang tenggorokan memang sangat menyiksa apalagi jika disertai dengan demam tinggi rasa panas ditengorokan akan terasa terbakar. Makanan yang masuk susah ditelan akibatnya napsu makan akan menurun sehingga kondisi tubuh kamu akan benar-benar tidak sehat. Radang tenggorokan atau yang dikenal dengan faringitis bisa terjadi pada siapa saja baik tua, muda atau anak-anak semua bisa terserang. Cuaca yang panas sehingga volume debu akan semakin meningkat sehingga lingkungan di sekitar kita di penuhi oleh debu. Pernapasan yang kurang baik akibat banyaknya debu yang masuk bisa mengakibatkan radang pada tenggorokan. Rasa serak dan panas diarea tenggorokan kadang disertai dengan batuk akibat gatal pada tenggorokan.

Cara menyembuhkan radang tenggorokan untuk pertolongan pertama dengan memberikan sup tomat ayam yang panas dimakan secara berlahan agar tenggorokanmu terasa nyaman. Penyebab radang tenggorokan bisa dari infeksi bakteri, infeksi virus, atau reaksi alergi terhadap alergen dari lingkungan misalnya udara yang kering, sering merokok, debu, dan sebagainya.

Rasa tidak nyaman untuk menelan makanan dalam tenggorokan adalah gejala paling umum dari radang tenggorokan. Gejala lainnya tergantung penyebabnya, misalnya panas pada tenggorokan, sakit kepala, sakit telinga, demam, amandel besar, sakit leher, sakit saat berbicara atau menelan, tenggorokan memerah, pilek, mendengkur dan sulit bernapas, mengeluarkan air liur, tidak enak badan, dan kelenjar yang membengkak dan sakit pada leher. Bisakah meminum coklat panas bisa menyembuhkan radang tenggorokan? Untuk menyembuhkan radang tenggorokan bisa dilihat dari penyebabnnya terlebih dahulu. 


radang tenggorokan


Mengatasi Sakit Radang tenggorokan

Biasanya sakit tenggorokan dimulai pada saat kita bangun pagi tenggorokan terasa sakit dan suara akan menjadi parau atau serak tapi rasa sakit akan hilang dengan sendirinya setelah kita menggosok gigi atau berkumur. Tapi sering pula sakit tenggorokan tidak kunjung sembuh hal ini karena terjadi radang. Radang tenggorokan terjadi karena adanya infeksi di area tenggorokan atau faring yang disertai pembengkakan sehingga untuk menelan makanan akan terasa sakit. Rasa nyeri pada tenggorokan bisa berlangsung 3 hari atau lebih tergantung dari kondisi tubuh seseorang. Cara menyembuhkan radang tenggorokan bisa dilakukan dengan cara tradisional atau cara alami:

  • Banyak minum air putih karena air putih hangat sangat bagus untuk meredakan sakit tenggorokan sehingga tenggorokan tidak mengalami kekeringan yang akan mengakibatkan suara kamu akan menjadi serak.
  • Air garam, gunakan air garam untuk meredakan sakit tenggorokan karena air garam dapat melarutkan lendir yang ada pada tenggorokan dan ternyata garam juga mengandung antiseptik yang dapat membunuh kuman-kuman. Caranya dengan melarutkan air garam pada segelas air hangat 1 sampai 2 sendok makan, gunakan untuk berkumur lakukan pagi dan sore hari sampai sakit tenggorokan reda. 
  • Ternyata jahe banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan tubuh karena mempunyai rasa hangat. kamu bisa membuat wedang jahe sendiri dirumah untuk mengurangi radang pada tenggorokan. Caranya ambil jahe 2 jari lalu geprek jangan sampai hancur rebus dengan air 2 gelas tambahkan gula aren secukupnya sampai mendidih, minum wedang jahe selagi hangat.
radang tenggorokan


  • Bawang putih bisa digunakan untuk meredakan radang tenggorokanmu karena bawang putih mengandung alicin yang dapat membunuh bakteri. Gunakan bawang putih untuk berkumur dengan cara haluskan 2 siung bawang putih larustkan dengan segelas air hangat. lakukan pagi dan sore hari sampai tenggorokan reda untuk mengurangi rasa tidak enak dimulut kamu bisa meminum madu.
  • Jeruk lemon juga dapat meredakan tenggorokan karena kandungan vitamin C pada jeruk lemon yang dapat menguatkan daya tahan tubuh kamu dan mengurangi peradangan. Campurkan perasan jeruk lemon dengan madu dengan 1 gelas air panas minum selagi hangat.
  • Banyak menkonsumsi buah-buhan terutama buah yang lembut seperti psang.
  •  Yang terpenting adalah istirahat yang cukup untuk bisa memulihkan kesehatan kurangi aktivitas diluar rumah dan gunakan masker apabila berada di luar rumah.
radang tenggorokan


Dengan melakukan cara menyembuhkan radang tenggorokan  atau faringitis di atas dalam beberapa hari radang tenggorokan kamu akan hilang dengan sendirinya. Apabila sakit tenggorokan kamu tidak juga reda hal ini bisa jadi karena virus dari flu atau influenza atau bakteri yang disertai batuk dan juga mengalami demam tinggi sebaiknya hubungi dokter sehingga dokter akan memberikan obat yang tepat.


Penyebab Radang Tenggorokan

Penyebab radang tenggorokan bisa bermacam-macam antara lain:

  • Penyebab radang tenggorokan karena bakteri sehingga terjadi infeksi yang menimbulkan pembengkakan pada area tenggorokan. Hal ini bisa karena bakteri Streptococcus pyogenes, atau group A streptococcus, karena adanya batuk rejan yang menular, dan penyakit pernapasan yang serius atau difteri bisa terjadi pada negara-negara yang baru berkembang.
  • Radang tenggorokan karena virus biasanya disertai dengan flu atau  virus influenza, virus campak, virus cacar air, Mononucleosis ( mono), dan virus croup biasanya terjadi pada anak yang ditandai dengan batuk keras.
  • Radang tenggorokan karena alregi bisa terjadi karena cuaca yang mengalami panca roba, udara kering dan berdebu, alergi karena makanan, udara dingin, atau karena bulu hewan.
Dengan mengetahui penyebabnya maka kamu bisa menghindari hal-hal yang dapat mengakibatkan radang tenggorokan. Dan juga dapat mengatasinya sakit tenggorokan agar tidak mengganggu aktivitas kerja kamu.


radang tenggorokan


Tips-tips selama sakit tenggorokan

Sebaiknya kamu menghindari makanan yang dapat menambah parah sakit tenggorokanmu. Hal-hal yang perlu kamu hindari:

  • Hindari makanan yang pedas karena makan yang terlalu pedas akan mengakibatkan tenggorokan kamu akan menjadi panas dan cepat terluka.
  • Selama sakit tenggorokan hindari makan coklat baik minuman coklat ataupun mengkonsumsi coklat batangan. Coklat mengandung kafein yang dapat membuat tenggorokan kamu menjadi serak dan gatal.
  • Hindari minuman dingin atau minum air es hal ini akan menambah parah sakit tenggorokanmu.
Demikian penjelasan di atas agar kamu bisa mengetahui masalah sakit tenggorokan yang bisa terjadi pada siapa saja. Untuk itu kamu harus menjaga kesehatan dengan baik mengkonsumsi makanan yang mengandung nutris dan vitamin yang diperlukan tubuh agar daya tahan tubuh menjadi kuat dan tak mudah terkena penyakit.

Kesimpulan bisakah meminum coklat panas dapat menyembuhkan sakit tenggorokan?  Meminum coklat panas selama sakit tenggorokan tidak akan meredakan sakit tenggorokan tapi akan membuat tenggorokanmu menjadi semakin serak dan gatal karena coklat mengandung kafein. Sebaiknya banyak minum air putih hangat saja untuk meredakan sakit tenggorokan dan bila sakit tenggorokan tidak kunjung reda hubungi dokter terdekat.

Terjawab sekitar 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang